Yandeks

Polres

Yandeks – Lingkungan informasi Rusia secara bertahap menurun. Undang-undang yang melarang perang Rusia di Ukraina dicirikan sebagai apa pun selain “operasi militer khusus” hanyalah salah satu manifestasi dari penyensoran dan kesewenang-wenangan yang terjadi di lingkungan informasi Rusia yang didominasi media.

Untuk lebih memahami lanskap informasi Rusia, Alliance for the Safeguarding of Democracy telah mengembangkan dasbor yang menunjukkan apa yang akan dilihat oleh warga negara Rusia atau penutur bahasa Rusia di luar Rusia di Yandex.ru, mesin pencari dan agregator berita terkemuka Rusia. Dasbor Yandex ASD membuat katalog informasi dan sumber daya yang ditemui oleh penutur bahasa Rusia sebagai bagian dari konsumsi berita umum mereka, serta secara aktif mencari informasi tentang perang di Ukraina melalui mesin pencari ‘Yandex. Dasbor Yandex memiliki tiga komponen: (1) “Judul Berita di Rusia” memantau dan menganalisis berita terpenting dari agregator berita Yandex di Rusia; (2) “Regional Headlines” melacak dan menganalisis berita utama agregator berita Yandex berdasarkan lokasi, dengan penekanan pada Moskow, Donetsk (Ukraina), Amerika Serikat, Estonia, dan Polandia; dan (3) “Hasil Pencarian Teratas” memeriksa hasil pencarian Yandex untuk istilah pencarian terkait perang Rusia.

Polres

Yandeks

Yandeks

Dashboard mengumpulkan artikel harian dan hasil pencarian dua kali sehari, dan menyediakan database yang komprehensif bagi pengguna untuk memahami ruang pengetahuan bahasa Rusia melalui salah satu penyedia konten terkemuka di negara ini. Beberapa wawasan dari dua minggu pertama data yang diambil di dasbor.

Yandex Logo And Symbol, Meaning, History, Png

Jika Anda mencari berita dari Yandex, banyak artikel terbaik berasal dari publikasi Rusia yang disponsori negara seperti RIA Novosti, Lenta, Tass, Gazeta, RT, Izvestia, dan Interfax. Antara 16 Mei dan 2 Juni, sekitar 40 persen artikel yang muncul di agregator berita Yandex berasal dari sumber pemerintah. Banyak artikel lain dari oligarki yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, seperti RBK, yang pernah menjadi publikasi independen, dan media pro-Kremlin lainnya yang mendapat tekanan dari otoritas Rusia karena pemberitaan mereka tentang Putin. Area penting lainnya adalah Kommersant, sebuah surat kabar yang digembar-gemborkan karena kualitas pelaporannya tetapi menghadapi pengawasan yang semakin ketat dari Kremlin, di mana jurnalis telah dipaksa keluar dan liputan telah berkurang. Kecuali tiga artikel di Forbes versi Rusia, hampir tidak ada artikel dari sumber berita internasional.

Yandeks

Berikut adalah gambar hari dalam berita di Yandex mulai 25 Mei (tautan diberikan ke sumber asli dalam bahasa Rusia):

Jika Anda adalah pengguna Yandex yang berbasis di Moskow atau Donetsk, kota terbesar di wilayah separatis Ukraina timur, artikel yang Anda temukan tidak mengejutkan. Mereka juga berisi narasi pro-Rusia dan anti-Barat yang sama dari sumber berita Rusia yang sama yang akan Anda temukan di bagian Top Headlines Rusia.

Yandeks

Yandex Advertising Services Bali & Jakarta

Jika Anda menggunakan Yandex dari Amerika Serikat, Polandia atau Estonia, berita yang akan Anda temui tidak berbeda. Ada artikel sesekali yang melaporkan peristiwa secara tidak memihak (Misalnya, di Tallinn, Estonia, pihak berwenang akan memasang 91 toilet umum; presiden Polandia telah menyatakan bahwa dia tidak akan beristirahat sampai Ukraina menjadi anggota UE; adalah -Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut China satu-satunya negara yang dapat mengubah tatanan dunia), dan penggunaan kembali pertama dari sebuah cerita yang diterbitkan di outlet berita Barat (Misalnya, menurut artikel Axios, AS dan Arab Saudi sedang dalam pembicaraan rahasia tentang peningkatan produksi minyak; menurut sebuah artikel di Politico, AS mengendalikan seluruh dunia, Rusia, Ukraina tidak dapat memaksakan isolasi di atasnya).

Namun, sebagian besar berita sangat mirip dengan apa yang dapat Anda temukan di Moskow atau Donetsk jika Anda mendapatkan berita tentang Barat. Berikut adalah beberapa berita utama dari periode dua hari yang menunjukkan jenis gambar yang diberikan outlet berita Rusia kepada pengguna Yandex di negara-negara Barat utama:

Yandeks

Mesin pencari Yandex umumnya menghasilkan tautan ke informasi baik yang relatif netral (entri Wikipedia berbahasa Rusia) atau andal pro-Kremlin (media yang disponsori negara Rusia). Namun hasilnya terkadang bisa lebih bernuansa atau lebih membingungkan. Ambil contoh, hasil pencarian “Bucha”, kota Ukraina di mana pasukan Rusia melakukan kekejaman dalam skala mengerikan dan dianggap sebagai kejahatan perang. Pada beberapa hari, pengguna mungkin menemukan bahwa di antara tiga artikel tautan teratas dan posting blog yang menyangkal propaganda Kremlin di Rusia, pihak berwenang Ukraina sendiri yang melakukan kekejaman. Di hari lain, tautan ini muncul lebih rendah di hasil pencarian, sementara artikel dan blog yang mendukung posisi Kremlin menonjol. Namun di hari lain, hampir tidak ada apa pun di hasil pencarian, hanya akun Instagram, entri kamus, dan situs web resmi Bucha; seolah-olah perang di Ukraina dan kekejaman di Bucha tidak pernah terjadi.

Homepage Von Yandex Redaktionelles Foto. Bild Von Zensur

Jika pengguna mencari “Perang + Ukraina” di Yandex, hasilnya juga beragam. Setelah entri Wikipedia tentang perang Rusia-Ukraina, sebuah situs web yang menceritakan peristiwa perang, yang sering menempati hasil tempat kedua, adalah “pro-voinu.ru” (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “On the War”). Situs ini mungkin berbicara tentang “perang” dan bukan “operasi militer khusus”, tetapi sekilas judul situs memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang perspektifnya (penggunaan tagar #StopUkroNazism). Pengguna juga secara otomatis diperlihatkan pop-up yang meminta dukungan untuk situs web; Simbol militer Rusia “Z” dan slogannya “своих не осаем” (“kami tidak akan meninggalkan diri kami sendiri” atau “kami tidak meninggalkan siapa pun”) harus menghilangkan keraguan tentang niat situs tersebut.

Yandeks

Polres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *