Wih Realme Bakal Tampilkan Iklan, Ikuti Jejak Xiaomi

Merk Ponsel pintar asal China realme sepertinya bakalan mengikuti jejak dari pendahulunya yakni Xiaomi. Untuk menambah pendapatan Realme rencananya bakalan menampilkan iklan di dalam ponsel.

Kamis (2/1/2020) Realme mengumumkan perubahan ini lewat forum komunitasnya. Pengguna ponsel Realme dengan antarmuka ColorOS 6 ke atas akan mulai melihat iklan di ponsel mereka.

“Untuk terus menawarkan lebih banyak kejutan untuk kalian dan untuk memelihara model bisnis yang sehat dan berkelanjutan, kami telah mengenalkan rekomendasi konten komersial di OS,” tulis Realme dalam pengumumannya.

Iklan ini akan muncul di dua tempat berbeda, yaitu di aplikasi Phone Manager dan di halaman Security Page setelah menginstal aplikasi baru.

Baca juga : Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi 10 Dan Mi 10 Pro

Sistem iklan ini akan aktif secara otomatis. Untungnya, iklan ini bisa dihilangkan dengan mudah, sedikit berbeda dengan iklan di ponsel Xiaomi.

Untuk mematikan iklan di ponsel Realme, masuk ke aplikasi Settings. Scroll ke bawah dan tap opsi Additional Settings. Scroll ke bawah lagi dan tap opsi Get recommendations dan tap toggle yang ada di layar untuk menonaktifkan iklan.

Tidak diketahui apakah iklan ini hanya akan ditampilkan di negara tertentu atau akan digulirkan secara global.

Ironisnya, dulu Realme pernah mengejek Xiaomi karena memperlihatkan iklan di MIUI. Bahkan tidak adanya iklan di OS menjadi salah satu nilai jual saat mempromosikan Realme 3 Pro beberapa tahun yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *