Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Cara Memilih Rumah Sewa Bandung Beserta Rekomendasi Lokasinya

3 min read

Rumah Sewa Bandung

Berbagai Cara – Cara Memilih Rumah Sewa Bandung Beserta Rekomendasi Lokasinya, Selayaknya kota-kota besar lain di Indonesia, tren hunian sementara di kota Bandung juga meningkat setiap tahunnya. Meski sebagai hunian sementara, namun tetap tidak boleh sembarangan lho, dalam memilih rumah sewa Bandung.

Sebagai salah satu kota favorit tujuan urbanisasi masyarakat Indonesia, Bandung mengalami lonjakan permintaan untuk hunian-hunian sementara, seperti rumah kontrakan atau rumah sewa.

Kegiatan menyewa rumah di Bandung banyak dilakukan oleh para karyawan dari luar kota, para mahasiswa, sampai masyarakat kota Bandung sendiri yang belum mampu untuk membeli rumah pribadi.

Harga rumah sewa di Bandung tentu jauh lebih ekonomis dibandingkan harga beli rumah di Bandung. Namun, jangan lantas menyewa suatu rumah karena faktor harga yang murah saja, ya.

Sebab, meski ditempati untuk beberapa waktu, namun faktor kenyamanan dan keamanan dari sebuah hunian harus bisa kamu dapatkan dong, agar kamu betah selama tinggal dan menetap di kota Bandung.

Baca juga :

Nah, buat kamu yang sedang mencari rumah sewa di Bandung, ada beberapa tips nih yang bisa kamu ikuti dalam memilih rumah sewa atau rumah kontrakan.

Simak baik-baik penjelasan Cara Memilih Rumah Sewa Area Bandung berikut ini.

1. Cari lokasi yang strategis

Rumah Sewa Bandung

(Photo: Freepik)

Bukan hanya urusan membeli rumah, lokasi juga penting untuk diperhitungkan dalam mencari rumah sewa di Bandung.

Carilah lokasi rumah kontrakan yang bisa mengakomodir kegiatan keseharianmu dengan mudah. Contohnya seperti dekat lokasimu bekerja, tidak jauh dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.

2. Jangan menyewa terlalu lama

Jangka waktu sewa rumah memang tergantung kebutuhan si penyewa rumah, namun tips dari saya sih, jangan pilih rumah sewa area Bandung dengan jangka sewa yang terlalu lama, ya.

Hal ini dimaksudkan, agar kamu dapat dengan mudah berpindah ke tempat lain apabila rumah kontrakan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Jangka waktu sewa per bulan, per enam bulanan, atau paling tidak setahun, menurut saya jauh lebih ideal daripada menyewa langsung selama bertahun-tahun.

3. Survei secara langsung

Survei secara langsung (Calgary Homes)

(Photo: Calgary Homes)

Luangkanlah waktu sebentar untuk melakukan survei secara langsung terhadap rumah sewa di Bandung yang telah kamu pilih.

Hal ini penting, agar kamu mengetahui kondisi fisik bangunan secara langsung. Serta, kamu juga dapat memastikan keamanan lingkungan rumah kontrakan tersebut, apabila kamu melakukan survei secara langsung.

4. Lakukan sharing atau sewa kolektif

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, orang-orang yang melakukan sewa rumah Bandung banyak  juga dari golongan mahasiswa yang berkuliah di kota ini.

Agar biaya sewa rumah menjadi lebih murah, kamu bisa mengajak teman kamu untuk menyewa rumah ini secara kolektif.

Banyak sekali kok, rumah sewa area Bandung yang berlokasi di dekat kampus yang bisa kamu pilih. Sesuaikan saja jumlah ruangannya dengan berapa banyak orang yang ingin menyewa rumah tersebut.

Dengan begitu, biaya sewa rumah dapat ditanggung secara bersama-sama, bukan?

5. Bandingkan harga sewa dan fasilitas

Bandingkan harga sewa dan fasilitas (OnTheMarket)

(Photo: OnTheMarket)

Agar mudah, bandingkan harga pasar dan fasilitas rumah kontrakan dengan situs jual beli rumah, seperti seperti 99.co Indonesia.

Misalnya, kamu sedang mencari rumah sewa di Bandung,  masukkan kata kunci “rumah sewa area Bandung” pada kolom pencarian, dan muncullah sejumlah listing rumah sewa Bandung yang dapat kamu bandingkan harganya, lokasi, fasilitas, dan lain-lain satu-persatu.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan fitur filter pada pencarian di website tersebut, lho. Dengan begitu, hasil pencarian yang keluar akan lebih spesifik, sesuai dengan apa yang kamu cari.

Itu tadi 5 tips yang dapat kamu ikuti dapat memilih rumah sewa di Bandung.

Berbicara soal situs jual beli rumah, sekarang saya akan memberikan beberapa rekomendasi lokasi rumah sewa di Bandung yang telah saya rangkum dari situs jual beli rumah, 99.co Indonesia.

Lokasi Rumah Sewa Bandung Yang Bagus

Rumah sewa di Bandung kawasan Buahbatu

Rumah sewa Bandung kawasan Buahbatu

(Photo: 99.co Indonesia)

Rekomendasi rumah sewa di Bandung pertama merupakan sebuah rumah yang terletak di sebuah komplek perumahan bernama Kiara Sari, Buahbatu, Bandung.

Jika kamu sering melintasi perempatan Kiaracondong atau bisa disebut perempatan Carrefour, rumah ini terletak tidak jauh dari lokasi tersebut.

Sehingga, secara akses dan fasilitas pendukung di sekitar rumah sewa di Bandung yang satu ini terbilang sangat lengkap dan mudah.

Ruangan yang terdapat pada rumah ini juga lengkap, seperti terdapat 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, carport, serta garasi.

Tidak heran memang, pasalnya rumah ini memilik bangunan yang cukup luas, yaitu berkisar 170 meter persegi. Cocok dihuni oleh pasangan dengan anggota keluarga besar.

Untuk biaya sewanya sendiri, pemilik rumah mematok harga sebesar Rp50 juta per tahunnya.

Rumah sewa di Bandung kawasan Parongpong

Rumah sewa Bandung kawasan Parongpong

(Photo: 99.co Indonesia)

Rumah sewa area Bandung dengan 2 lantai ini juga berlokasi di sebuah komplek perumahan, dengan nama perumahan Bumi Sariwangi I, Jalan Sariwangi, Parompong, Bandung.

Bangunan seluas 150 meter persegi ini dilengkapi dengan 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, carport, dan halaman yang luas.

Jika dilihat dari gambarnya, tampak luar rumah ini terbilang cukup mewah, ya.

Akses dari dan menuju lokasi ini juga gampang, lho. Pasalnya, rumah ini terletak cukup dekat dengan pintu Tol Pasteur.

Selain itu, lokasinya juga berdekatan dengan beberapa kampus ternama di Bandung, contohnya seperti POLBAN, Universitas Maranatha, dan UPI. Cocok untuk mahasiswa yang ingin melakukan sharing house.

Biaya sewanya sendiri tidak bisa dikatakan mahal. Dengan segala fasilitas yang didapatkan, serta kondisi rumah yang terlihat masih sangat baik ini, harga Rp47 per tahun tentu setimpal, bukan?

Rumah Sewa di Bandung kawasan Bojongsoang

Rumah Sewa Bandung kawasan Bojongsoang

(Photo: 99.co Indonesia)

Rekomendasi rumah sewa di Bandung yang terakhir merupakan sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Ciganitri, perumaham Ciganitri Indah Residence, Bojongsoang, Bandung.

Tentu kamu sudah enggak asing lagi dong dengan kawasan Bojongsoang. Selain, menjadi salah satu kawasan paling berkembang di Bandung Selatan, Bojongsoang juga terkenal sebagai lokasi kampus Telkom University.

Maka dari itu, rumah sewa di Bandung yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kontrakan kolektif mahasiswa-mahasiswi Telkom University.

Jumlah ruangannya juga cukup lengkap, terdapat 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu yang luas, dapur, dan carport.

Selain itu, harga sewa rumah ini juga bersahabat untuk kantong mahasiswa, yaitu sebesar Rp29 juta per tahunnya.

Tenang, bukan hanya mahasiswa kok yang bisa menyewa rumah tersebut. Buat kamu yang telah memiliki keluarga juga sangat pas!

Pasalnya, kawasan Bojongsoang sendiri memiliki akses dekat dengan pintu Tol Buahbatu, serta kawasan Buahbatu, Bandung.

Sehingga, untuk fasilitas umum dan akses dari dan menuju lokasi tersebut juga sangat mudah dijangkau.

Apakah kamu berminat untuk menyewa salah satu rumah yang saya sebutkan di atas?

Jika iya, kamu bisa mencari informasi lebih lengkap terkait rumah sewa di Bandung melalui 99.co Indonesia, ya.

Selamat berburu rumah sewa di Bandung! Sekian artikel dari kami kali ini. SEmoga artikel ini dapat membantu kamu mempermudah memnyewa rumah sehingga gak perlu bingung dengan harga atau pun lokasi yang jauh dari pusat kota dan perbelanjaan. Terima kasih telah membaca sampai jumpa lagi.

Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *