Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing – Masing Capeng

0

Triknesia.com – Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing – Masing Capeng, Menikah adalah sebuah tujuan atau cita – cita yang di inginkan oleh setiap insan pasangan di dunia, ya 90% lah menurut saya. Karena di dunia ada juga pasangan yang gak ingin terikat dengan hubungan seperti ini.

Namun kita bicara di Indonesia ketika menikah adalah hal wajib kepada setiap individu, karena masyarkat akan memberikan sentimen buruk ketika kita telat menikah di usia tertentu. Jadi omongan orang hahaha. Well Thats true, di lingkungan sosial kita khususnya di daerah – daerah di Indonesia.

Pada artikel ini saya akan sedikit membahas tentang Syarat Nikah di Kua atau mungkin syarat nikah dirumah.

Banyak orang takut atau kadang berpikir dua kali untuk melangsungkan pernikahan, selain karena pengeluaran yang mungkin bakalan sangat banyak.

Namun ternyata sesungguhnya nih, hajatan ketika pernikahan berlangsung hanyalah hal sekunder, bukan hal wajib, yang wajib ketika melakukan pernikahan adalah sah secara hukum agama dan sah secara hukum negara.

Namun dengan budaya di negara kita ini, tidak melakukan hajatan ketika melakukan pernikahan bakalan jadi omongan orang, udahlah jangan didengarkan omongan seperti ini. Menikah dengan budget pas – pas an masih bisa dilakukan kok dengan syukuran kecil – kecilan dan menikah di KUA saya rasa sudah cukup.

Menuerut peraturan pemerintah (PP) no 48 tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2004 mengenai tarif atas penerimaan negara bukan dari pajak yang berlaku pada departemen Agama, Menikah Di KUA tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Jadi kalau ada oknum KUA Yang menarik biaya kepada kalian yang mau menikah bisa dilaporin kok guys. Karena pemerintah sudah memberikan keringanan untuk kalian yang tetap ingin menikah meskipun budget pas – pas an.

Baca juga :

Mengenai pernyataan diatas bukan berarti kalian tidak mengeluarkan budget sama sekali, Persyaratan menikah di KUA tetap harus membayarkan tarif sebesar RP 600RB, dan sekarang kalau gak salah RP 700ribu. Ya hanya sebesar itu duit yang kamu keluarin kalau nikah di KUA.

Persyaratan Menikah di KUA

Persyaratan Menikah di KUA

Sebelum pergi ke KUA Untuk mendapatkan surat nikah di KUA, pastikan terlebih dahulu masing – masing individu baik itu calon mempelai pria dan wanita harus mendapatkan surat keterangan dari keluarahan sesuai yang ada di KTP masing – masing.

Untuk mendapatkan surat dari kelurahan tersebut, kami bisa minta surat pengantar terlebih dahulu dari Pihak RT dan RW dengan membawa dokumen pendukung yang dibutuhkan. Seperti Fotokopi KTP, Fotokopi KK, Copy KTP Orang tua.

Kalau data sudah lengkap, kamu nanti bakal mendapatkan dokumen yang berguna untuk mengurus Persyaratan Menikah di KUA, apa saja itu, simak disini :

  • Surat Keterangan Untuk Menikah

Surat keterangan untuk NIkah atau N1 merupakan sebuah surat pengantar yang akan diterima masing – masing calong pasangan pengantin dari kantor kelurahan. Isinya tentang Identitas diri kalian. Mulai dari jenis kelamin, ttl, Agama, Warga, negara pekerjaan, sampai status perkawaninan.

  • Surat keterangan asal – usul

Kalau sudah mendapatkan Surat N1, selanjutnya adalah memenuhi syarat nikah di KUA adalah dengan mengurus surat keterangan asal – usul (N2). isi surat ini gak jauh beda dengan apa yang ada di surat N1.

  • Surat KEterangan tentang Orang tua

Dalam mengurus syarat nikah di KUA, orang tua masing – masing calon mempelai diwajibkan untuk membaut surat keterangan tentang orang tua (N4), yang mana isinya hampir sama dengan surat keternagan asal – usul.

  • Surat persetujuan Mempelai

Syarat Menikah di KUA selanjtunya adalah surat persetujuan mempelai. Menunjukkan persetujuan kedua belah pihak menikah tanpa paksaan. Jadi ketika mengurus surat satu ini kalau bisa barengan biar enak nanti bisa langsung beres karena membutuhkan tanda tangan dari masing – masing pihak.

  • Surat Pemberitahuan Kehendak Nikah

Setelah semuah dokumen diatas sudah selesai diurus selanjutnya sebagai syarat nikah di KUA adalah mengajukan surat pemberitahuan kedendak nikah kepada pegawai Pencatatan di Kantor KUA kecamatan KTP kamu. Ada biaya administrasi awal sekitar Rp 30- Rp 50ribu.

  • Bukti Imunasi TT1 Dan TT2 Dari Puskesmas

Sekarang ini Bukti Imunisasi TT1 dan TT2 dari Puskesmas Menjadi Syarat nikah di KUA 2020 dan wajib dilakukan. Dan surat imunisasi yang diterima KUA hanya dari KUA atau Rumah Sakit Daerah terdekat.

Atau biasanya ada lembaga kesehatan khusus yang sudah ditunjuk oleh KUA.

Tujuan dari vaksin TT adalah mencegah kemungkinan adanya penyakit tetanus yang rentan menyerang kaum wanita di masa persalinan. So biasanya surat bukti vaksin imunisasi TT tersbeut hanya untuk wanita.

Untuk biaya masing – masing Puskesmas di daerah anda memiliki standar masing – masing, waktu itu saya di Bojonegoro dan Lamongan Tarifnya hanya Rp 30ribu saja.

  • Surat ijin Pengadilan

Ijin in sebenarnya hanya bagi mereka pasangan yang tidak mendapatkan restu dari salah satu orang tua atau bahkan keduanya. Dan Surat ini wajib Sebagai salah satu Syarat nikah di KUA.

Atau jika Wali Dari Pihak perempuan tidak diketahui, biasanya untuk anak yang lahir diluar nikah. wajib mendapatkan surat ijin pengadilan, dan nanti perwaliaanya akan diberikan kepada pihak KUA atau wali hakim.

  • Pas foto Ukuran 3×2

Pihak KUA biasanya memintah calon mempelai untuk membawa pas foto ukuran 3×2 dengan background warna biru sebanyak 3 lembar. usahakan menggunakan pakaian yang rapi ketika mengambil foto ini. Karena nantinya akan ditempelkan di Buku nikah kamu loh hehehe.

  • Surat izin dari atasan untuk para abdi negara

Surat izin khusus untuk mereka yang menjadi Abdi negara seperti TNI dan POlri sebagai persyaratan Menikah di KUA dan wajib untuk diberikan atau diserahkan.

Nah itu tadi Syarat menikah di KUA, dan semua dokumen pernikahan harus kamu lengkapi dan isi. Selanjutnya bagaimana Cara Menikah di KUA.

Cara Menikah di KUA

Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing - Masing Capeng

Tata cara menikah Di KUA Dengan mudah tanpa takut ribet dll

Total Time: 20 minutes

Melengkapi Dokumen Untuk Masing – Masing Capeng

Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing - Masing Capeng

Melengkapi Dokumen – dokumen nikah seperti yang sudah disebutkan di atas.
Setelah semua dokumen lengkap anda bisa menyerahkan di KUA terdekat dengan rumah anda

Menentukan lokasi akad nikah Di KUA Terdekat

Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing - Masing Capeng

Menentukan lokasi akad nikah ini wajib dilakukan dan harus diikuti. Pasalnya nanti kamu akan menjadi penentu penyertaan dokumen tadi di lokasi si wanita atau si pria.

Dan jika sudah menentukan lokasi pernikahan di pihak lelaki atau perempuan. Salah satu dari kalian biasanya akan menikah di luar lokasi KTP domisili. Maka pihak KUA akan memintamu untuk menyertakan surat rekomendasi menikah di luar wilayah. (biasanya dilakukan jika dilakukan diluar kabupaten, untuk luar kecamatan tidak memerlukan hal ini).

Misal : Anda akan Menikah di KUA kota A si Wanita, maka si pria dan wanita wajib mengumpulan dokumen dan berkas tersebut di Kota A Si Wanita

Berdoa

Persyaratan Menikah di KUA, Cara Dan Dokumen Dibutuhkan Masing - Masing Capeng

berdoa Semoga acara lancar sampai hari H tanpa ada halangan

Proses Persyaratan Menikah di KUA tidak terlalu sulit kok selama berkas yang kita butuhkan tadi ada, semua bisa dijalani dengan lancar. Atau biasanya di lokasi saya ini, buat yang merasa sibuk, bisa minta bantuan pak Mudin Nikah / pembantu pegawai pencatat Perkawinan.

Sekian artikel tentang Cara menikah di KUA, persyaratan dll. Semoga artikel ini bisa membantu yang membutuhkan. Buat Yang Terbantu dengna artikel ini, Boleh kok di share. Terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More