Peraturan Blokir IMEI Segera Di Uji Coba Februari Mendatang

By | January 30, 2020
Peraturan Blokir IMEI Segera Di Uji Coba Februari Mendatang 1

Pemerintah Kementrian dan Informatika, Kemenkominfo segera merealisasikan penerapan aturan IMEI pada ponsel di Indonesia. Sebenarnya peraturan ini bakal dijalankan pada April 2020 mendatang.

Namun pemerintah ingin melakukan uji coba pada Bulan februari 2020 besok.

Hal ini dikatakan oleh perwakilan dari Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika(SDPI) yaitu Ismail. Menurutnya, sebelum diresmikan, mereka(Kemenkominfo) akan melakukan ujicoba terlebih dahulu bersama operator telekomunikasi di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan sistem akan berjalan baik nantinya.

“Kami lakukan uji coba Februari. Di uji coba supaya berjalan baik sistemnya,” dikutip Gamebrott dari CNNIndonesia, Rabu(29/1/2020).

Dalam pernyataan lanjutanya, Ismail mengatakan Sistem Informasi Basis Database IMEI Nasional(SIBINA) nantinya akan disambungkan dengan jaringan milik operator telekomunikasi. Yang kemudian akan mendeteksi ponsel IMEI ilegal.

Baca juga : iPhone 11 Bawa Apple Raup Untung Sampai

Peraturan Blokir IMEI Segera Di Uji Coba Februari Mendatang 2

Seperti yang kalian tahu, sejak Juni 2019 pemerintah melalui Kemenkominfo telah menggembar-gemborkan perihal aturan terkait pemblokiran IMEI ilegal ini. Sejak Juni 2019, pemerintah terus menggodok aturan pemblokiran IMEI tersebut. Aturan ini dibuat dengan kerjasama dari ketiga kementrian, yaitu Kemenkominfo, Kemenperin, dan Kemendag.

Walaupun sempat molor dalam pengesahanya, dimana sebelumnya akan disahkan pada 17 Agustus 2019. Namun, akhirnya mundur hingga 17 Oktober 2019. Pemerintah berdalih, jika hal itu terjadi karena ketiga kementrian harus mempelajari dulu terkait aturan pemboliran IMEI ini.

Jika aturan IMEI ini benar dan sesuai jadwal, maka mulai April mendatang, semua ponsel ilegal yang masuk ke Indonesia tak lagi bisa mengakses jaringan. Ponsel-ponsel ini akan diblokir dari jaringan telekomunikasi di Indonesia setelah dideteksi IMEI ponsel tersebut oleh SIBINA dan kemudian diblokir.

Namun, tenang saja, pemerintah menjamin jika ponsel-ponsel yang telah masuk ke Indonesia sebelum April 2020 mendatang tak akan terblokir. Pemerintah akan membuat sebuah regulasi untuk pendaftaran IMEI dari ponsel-ponsel ilegal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *