Mengatasi Memory Penuh Di HP Android Dan iOS Gratis

Kalau di inget – inget nih jaman dulu awal adanya android kalian pasti suka bingung kan nyimpen data – data di hape kalian. Secara kapasitas memory internal dulu kecil banget, dan Androi jaman dulu cuman bisa di ekspan dengan memory card yah maksimal 4-8 gb doank.

Belum lagi masalah Ram yang miskin sekali cuman 100mb kalau gak salah nih ya hahaha.

Di tahun 2019 hampir 2020 nih, internal memory bahkan ada yang sampai 256Gb, gila kan macam hdd komputer aja, belum lagi ram yang mencapai 8GB njiiiir, laptop ane aja gak sampai 8gb gaes.

Namun ternyata nih masih ada yang suka bingung memory hp penuh, padahal kapasitas udah gede banget menurut saya.

Beberapa faktor yang menyebabkan memory cepat penuh adalah, suka foto, file cache dan thumbnail. Untuk cache dan thumbnail sendiri ini tanpa kita sadari bisa membengkak dengan sendirinya.

Untuk itulah disini saya akan memberikan sedikit tips buat kalian, biar kapasitas memory hp tidak penuh dan terpantau.

5 Cara Mengatasi Memory HP Penuh

Cara Mengatasi Memory HP Penuh

Hapus aplikasi tidak perlu

Tahu sendiri kan Hp sekarang ini biasanya sudah terinstal aplikasi bawaan. Dan aplikasi bawaan ini jarang sekali kita gunakan.
Namun sayangnya yah, aplikasi bawaan tidak bisa dihapus secara langsung. Nah mau gak mau gak mau kalian harus root hp android kalian gaes.

BUat yang gak mau root HP bisa membatasi penggunaan aplikasi yang penting – pentin saja.

Baca juga : Daftar HP Realme Update ColorOS 7 Android 10

Hapus Cache

Tanpa kamu sadari jika tidak rajin menghapus cache, atau sampah tembolok ini. Lama kelamaan akan terus bertambah. Bisa cache browser, cache aplikasi dan juga cache thumbnail.
Semua bisa bertambah tanpa kalian sadari. Bagaimana menghapus cache ?.

Gampang banget kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti Cleaner master, CCleaner mobile. Dll

Backup di Google Photos


Salah satu jenis berkas yang banyak memakan tempat di ponsel adalah foto dan video yang diambil oleh kamera.

Untungnya Google menyediakan fitur backupgratis dan tidak terbatas. Anda bisa mengatur agar Google Photos mengunggahnya secara otomatis ketika terhubung dengan WiFi, untuk menghemat kuota sambungan data.

Harus diingat bahwa fi tur backup dengan kuota tidak terbatas ini hanya berlaku bila Anda memilih untuk menyimpan berkas dengan kualitas yang sudah dikurangi dibandingkan aslinya.

Ini merupakan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan penyimpanan foto gratis. Setelah berkas foto dan video tersebut di-backup, Anda dapat menghapus berkas aslinya.

Ini bisa dilakukan dari menu FreeUp Space dari Google Photos. Kadangkadang Google Photos juga akan mengingatkan Anda untuk melakukan tindakan bersih-bersih ini.

Baca juga : Cara Instal Xposed Framework Di HP Android Lollipop, Marshmellow

Penyimpanan Data Cloud

Anda bisa menyimpan data penting yang jarang diperlukan tapi masih perlu diakses sewaktu-waktu di layanan penyimpanan data daring. Tentunya Anda bisa saja menggunakan Google Drive di sini, tetapi saran saya adalah menggunakan layanan lain seperti OneDrive atau Dropbox.

Kapasitas Google Drive memang cukup besar (15 GB), tetapi ini berbagi dengan data lain, seperti Gmail dan Google Photos (bila Anda memilih untuk menyimpan foto dengan kualitas asli).

Baik OneDrive dan Dropbox juga memiliki aplikasi untuk penyelarasan data dengan peranti lain (ponsel, tablet, komputer).

Memory Card Tambahan Yang lebih besar

Bila storage internal ponsel Anda tidak lagi mencukupi, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menggunakan medium penyimpanan tambahan.

Banyak ponsel Android menyediakan slot untuk kartu memori, yang bisa menampung data tambahan sampai ratusan gigabyte.

Jika ponsel Anda tidak punya slot ekspansi untuk data tambahan, Anda bisa menggunakan flash drive atau bahkan cakram keras eksternal berkat fitur USB-to-Go. Fitur ini, yang sudah tersedia di setiap ponsel Android terbaru, memungkinkan ponsel membaca data di medium penyimpanan eksternal tersebut.

Anda mungkin harus menyediakan adapter atau kabel konverteragar dapat menancapkan medium eksternal tersebut ke porta di ponsel.

Hapus Berkas yang tak Perlu Pengelola berkas Google Files memiliki kemampuan untuk membantu kita menghemat tempat di ponsel, antara lain menghapus berkas yang tidak diperlukan serta aplikasi yang jarang digunakan.

Dua jenis data ini biasanya bisa dihapus dengan aman. Google Files juga bisa menampilkan berkas-berkas berukuran besar, berkas yang tersimpan di folder unduhan (Download), serta berkas dari aplikasi percakapan (chat).

Anda bisa memeriksa berkas mana saja yang tidak diperlukan lagi atau perlu dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai (misalnya di kartu memori).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *