Cara Membuat Blog WordPress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri

0

Triknesia.com – Cara Membuat Blog WordPress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri, Website adalah sebuah media elektronik virtual yang digunakan sebagai media untuk berbagi, sebagai informasi perusahaan, toko online dan beberapa fungsi lainnya yang terus berkembang.

Di masa sekarang ini memiliki website sudah seperti beli kacang goreng semua orang bisa memiliki dan membuatnya dengan cukup mudah dengan bantuan beberapa CMS atau Content Management System yang mudah digunakan. Seperti WordPress dan Blogspot yang paling umum digunakan.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara membuat Blog WordPress saya akan menjelaskan di artikel ini, Sesuai dengan kemampuan saya. Untuk Cara membuat blogspot sepertinya sudah saya bagikan di artikel saya yang lain ya kan.

Sebelum masuk ke artikel utama saya akan sedikit menjelaskan tentang WordPress.

Apa Itu WordPress

Apa yang dimaksud Dengan WordPress ?. WordPress adalah platform pembuatan website yang dibuat oleh Matt Mullenwerg dan Mike Little pada 2003 silam. WordPress sendiri bersifat open source alias gratis dan bisa dikembangkan bersama.

Sampai dengan tahun 2020 ketika saya menulis artikel ini WOrdpress menjadi CMS yang paling banyak digunakan dan paling populer di dunia. mengusai 30% pasar loh. WordPress menjadi bukti membuat website dengan open source itu tidak akan menjadi hal murahan.

Hal ini karena semakin banyaknya dukungan plugin – plugin yang bisa membuat tampilan Blog WordPress semakin ciamik soro. Dan hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa buat pemula saya lebih menyarankan menggunakan wordpress dibanding platform CMS lainnya.

Kenapa Memakai WordPress Untuk Pemula ?

– Ramah untuk pemula

Yap salah satu kelebihan wordpress adalah ramah bagi pemula, cocok untuk mereka yang sudah ahli programming. Disini jika kamu tidak bisa coding jangan takut, karena banyak plugin yang akan membantu kerjamu.

– Support dan komunitas yang besar

Di Indonesia sendiri ada beberapa komunitas blog di beberapa jejaring sosial yang memang fokus untuk membahas tentang wordpress salah satunya adalah grup facebook resmi WordPress Indonesia.

Didalam grup tersebut ada beberapa yang menjadi kontributor langsung di WordPressnya. Jadi banyak juga permasalahan yang terselesaikan di grup tersebut.

– Tutorial WordPress ada dimana – mana

Selain artikel yang saya tulis di blog ini tentang belajar menggunakan wordpress. Ada buanyak tutorial lain di blog – blog lain yang mungkin artikelnya lebih lengkap dan lebih bagus. SO kamu gak usah khawatir, selama rajin dan ulet untuk browsing – browsing pasti deh nemu solusi di mbah gogel.

– Dukungan Plugin WordPress Bukan kaleng – kaleng

Selain tutorial yang memang sudah banyak banget diluaran sono, WordPress juga memiliki banyak kontributor untuk plugin – plugin yang bakal membantumu membuat website. Salah satu plugin yang paling banyak dicari tentu Plugin SEO WordPress seperti All in One SEO, Yoast SEo atau Rankmath. gak kalah pula Plugin caching yang sedang digemari untuk mempercepat loading website.

Nah itu tadi beberapa alasan kenapa kamu yang pemula gak perlu takut untuk membuat website menggunakan wordpress.

Namun pada artikel kali ini saya tidak membahas tentang membuat Website Gratisan, melainkan membuat website secara berbayar. But, santai biayanya tidak akan semahal 3-8 tahun lalu yang untuk beli hosting aja masih hampir jutaan hehe.

Biar gak penasaran saya bisa membuatkan estimasi pengeluaran untuk membuat blog dengan wordpress.

Estimasi Harga Pembuatan Website WordPress

Ada dua hal pokok yang wajib dibeli sebelum membuat blog, yaitu Domain dan hosting tentunya. berapa harganya :

– Harga domain : Berkisar 125K-140K untuk ekstensi .com, Untuk Domain ekstensi Indonesia seperti .co.id , .id, harganya bisa sedikit lebih mahal ada di kisaran 200-350K. Tergantung provider domainnya jual berapa, tapi kadang ada diskon juga untuk tahun pertama deh hehehe.

– Harga Hosting : Saya sarankan untuk hosting jangan tergiur dengan harga murah, cari provider yang memberikan layanan terbaik meskipun space ssd cuman dikit gak masalah yang penting hosting ga pernah down atau stabil dan tentu layanan CS nya bagus , harga ada dikisaran 350-600 ribu untuk hosting bagus.

Jadi total nya kamu paling tidak mengeluarkan modal 500ribu paling sedikit untuk membuat website pada tahun pertama.

Yuk lanjut ke pembahasan utama tentang membuat blog WordPressnya.

Cara Membuat Blog WordPress Untuk Pemula

1. Membeli Domain

Kamu bisa membeli domain dimanapun di provider hosting yang kamu percaya, provider hosting gak harus dari luar negeri karena di Indonesia sendiri udah banyak yang bagus dan terpercaya dengan harga yang relatif bersaing. Seperti Niagahoster, Ardetamedia, Domainesia dll.

2. Membeli Hosting

Untuk layanan hosting ini seperti yang saya sarankan diatas jangan mudah tergiur dengan iming – iming harga murah, karena kualitas lebih disarankan untuk kalian para pemula. Layanan Hosting seperti Niagahoster, Dewabiz, Cloudku atau warnahost bisa dijadikan pilihan karena sudah terbukti layanannya.

3. Menghubungkan Nameserver Hosting Dengan Domain

Ini hal wajib pertama dilakukan setelah membeli domain dan hosting supaya mereka bisa terhubung dan halaman bisa dibuka. Caranya :
– Masuk dashboard/panel domain
– Cari pilihan nameserver

Cara Membuat Blog Wordpress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri
– Masukkan nameserver dari hostingmu

Cara Membuat Blog Wordpress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri
(note : nameserver masing – masing hosting berbeda – beda biasanya nanti didapat setelah beli hosting dan datanya dikirim di email kamu)

4. Instal WordPress di Panel Hosting

Disini saya memilih memberikan petunjuk instal WordPress menggunakan panel Cpanel karena panel ini paling banyak dan umum digunakan. Sebenarnya ada beberapa panel juga sih seperti plesk, Directadmin, cyberpanel dll.

– Masuk ke hostingmu
– masuk ke cpanel lalu scroll agak kebawah, pilih SOFTACULOUS APPS INstaller, atau WordPress.

Membuat Blog WordPress
– Pilih Custom Instal, lalu akan masuk halaman baru yang kamu harus ini datanya.
(ini urut ya dari atas)

Tutorial Membuat Blog WordPress
– pilih versi terbaru saat ini sudah versi WordPress 5.5.1
– Pilih domain dan https ya, jangan salah
– Sitename dan site descriptin bisa di isi nanti kalau website udah selesai dibuat.
– Dibagian admin account ini data yang wajib kamu ingat untuk login masuk ke halaman dashboard wordpress milikmu. isi sesuai dengan keinginanmu.
– alamat email isikan sesuai yah
– itu dibawah yang beberapa dilewatin juga gpp atau mau kamu centang centang juga gpp kalau udah mudeng. setelah itu klik instal.

Cara Membuat Blog Wordpress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri

Dari sini sebenarnya udah kelar misi kita membuat blog wordpress. Tapi ane tambahin sedikit deh biar kalian nanti tinggal ngetik ngetik ajaaah hehe

Cara Masuk Dashboard WordPress Halaman Admin

Saya contohkan menggunakan domain saya ya, secara default wordpress menggunakan Url khusus untuk akses halaman admin.

– Ketikkan : Domainmu.com/wp-login.php atau domainmu.com/wp-admin
– Setelah itu akan terlihat halaman untuk mengisi usernam dan password yang sudah dibuat, masukin aja bosku. Dan kurang lebih nanti tampilannya seperti ini, kalau punya saya udah ada beberapa yang berubah hehehe.

Seting Dasar Pertama Kali Di WordPress

Saya akan menjelaskan sedikit soal seting dasar wordpress ini yang kadang bagi pemula sering dilupakan. Yuk deh langsung aja.

1. Masuk Ke setting, pilih tab general/umum

– isi site tittle sesuai dengan Keinginanmu
– tagline isi sesuai tagline website
– WordPress adress isi sesuai domain
– timezone : UTC +7
– Kalau udah save aja

2. Tab Writing/menulis

– Bisa pilih yourlatest post yang gak pakai custom homepage
lihat gambar aja deh wkwkwkwkw

Cara Membuat Blog Wordpress Berbayar Dengan Hosting Atau Server Sendiri
– blogpost show atmost bisa di atur sesuai keinginan.

3. Permalink tab

Untuk permalink sendiri buat yang website blog pilih post name ajah, itu pilihan lain kepanjangan buat web web berita aja atau web yang lain hehe.

permalink wordpress

Tab Setting yang lain ditinggal gpp kok. Sekian yah artikel untuk kamu pemula yang ingin membuat wordpress menggunakan hosting dan domain berbayar. SEmoga artikel ini bisa membantu kalian yang ingin belajar Ngeblog. Insha Allah saya update nanti secara berurutan disini. Semoga selalu diberikan kesehatan untuk menulis dan berbagi dengan kalian semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya gaes.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More