Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kenapa HP Tidak Bisa di Screenshot?

Kenapa HP Tidak Bisa di Screenshot?

Kenapa HP Tidak Bisa di Screenshot?

Mengambil screenshot atau tangkapan layar merupakan salah satu fitur yang sangat penting dan sering digunakan pada perangkat ponsel pintar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan tampilan layar ke dalam bentuk gambar. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah membagikan informasi atau gambar yang terdapat pada layar ponselnya kepada orang lain.

Namun, terkadang beberapa pengguna mengalami masalah ketika ingin mengambil screenshot di perangkat ponsel pintar mereka. Mereka mendapati bahwa fitur screenshot tidak berfungsi atau tidak dapat digunakan. Hal ini tentu saja dapat membuat pengguna frustrasi, terutama jika mereka sedang membutuhkan fitur screenshot untuk menangkap informasi penting atau untuk menyimpan gambar tertentu.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas beberapa kemungkinan penyebab kenapa HP tidak bisa di screenshot dan bagaimana cara mengatasinya.

kenapa hp tidak bisa di screenshot

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab kenapa HP tidak bisa di screenshot:

  • Tombol screenshot rusak
  • Fitur screenshot dinonaktifkan
  • Aplikasi pihak ketiga mengganggu
  • Perangkat dalam mode aman
  • ROM atau sistem operasi bermasalah
  • Perangkat terlalu lama tidak direstart

Jika Anda mengalami masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa solusi yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Tombol screenshot rusak

Tombol screenshot merupakan salah satu komponen fisik pada perangkat ponsel pintar yang berfungsi untuk mengambil tangkapan layar. Tombol ini biasanya terletak di bagian samping perangkat, bersama dengan tombol volume dan tombol daya. Jika tombol screenshot rusak, maka fitur screenshot tidak akan dapat digunakan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tombol screenshot rusak, antara lain:

  • Terjatuh atau terkena benturan keras
  • Terkena air atau cairan lainnya
  • Penggunaan yang berlebihan atau tidak hati-hati

Jika tombol screenshot rusak, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasinya:

  • Restart perangkat. Terkadang, masalah pada tombol screenshot dapat diperbaiki dengan melakukan restart perangkat.
  • Gunakan tombol kombinasi. Beberapa perangkat memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot menggunakan kombinasi tombol, seperti tombol volume bawah dan tombol daya. Cari tahu apakah perangkat Anda mendukung fitur ini.
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot, seperti Screenshot Easy dan Screenshot Touch. Aplikasi ini biasanya tersedia di Google Play Store atau Apple App Store.
  • Perbaiki atau ganti tombol screenshot. Jika tombol screenshot rusak parah, Anda mungkin perlu memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Anda dapat membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi fitur screenshot masih tidak berfungsi, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat keras atau sistem operasi perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Fitur screenshot dinonaktifkan

Fitur screenshot mungkin dinonaktifkan pada perangkat Anda. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, antara lain:

  • Pengaturan perangkat

    Pada beberapa perangkat, fitur screenshot dapat dinonaktifkan melalui pengaturan perangkat. Untuk mengaktifkannya, buka pengaturan perangkat Anda dan cari opsi screenshot. Pastikan opsi tersebut diaktifkan.

  • Aplikasi pihak ketiga

    Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu fitur screenshot. Misalnya, aplikasi perekam layar atau aplikasi pengunci layar. Cobalah untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi pihak ketiga yang dicurigai mengganggu fitur screenshot.

  • Mode aman

    Ketika perangkat dalam mode aman, beberapa fitur, termasuk fitur screenshot, mungkin dinonaktifkan. Untuk keluar dari mode aman, restart perangkat Anda secara normal.

  • ROM atau sistem operasi bermasalah

    Jika ROM atau sistem operasi perangkat Anda bermasalah, fitur screenshot mungkin tidak berfungsi dengan baik. Cobalah untuk memperbarui ROM atau sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi fitur screenshot masih tidak berfungsi, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat keras perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Aplikasi pihak ketiga mengganggu

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu fitur screenshot pada perangkat Anda. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya bekerja dengan cara mengakses atau memodifikasi sistem operasi perangkat, sehingga dapat menyebabkan fitur screenshot tidak berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi pihak ketiga yang dapat mengganggu fitur screenshot:

  • Aplikasi perekam layar
  • Aplikasi pengunci layar
  • Aplikasi penghemat baterai
  • Aplikasi pembersih RAM
  • Aplikasi antivirus
  • Aplikasi VPN
  • Aplikasi modifikasi sistem

Jika Anda mengalami masalah dengan fitur screenshot pada perangkat Anda, cobalah untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi pihak ketiga yang dicurigai mengganggu fitur screenshot. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Buka pengaturan perangkat Anda.
  2. Cari opsi aplikasi atau manajemen aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan atau hapus.
  4. Ketuk tombol nonaktifkan atau hapus instalan.

Setelah Anda menonaktifkan atau menghapus aplikasi yang dicurigai mengganggu fitur screenshot, restart perangkat Anda dan coba gunakan fitur screenshot lagi. Jika fitur screenshot sudah berfungsi kembali, berarti aplikasi pihak ketiga tersebut memang penyebab masalahnya.

Perangkat dalam mode aman

Mode aman adalah mode khusus pada perangkat Android yang memungkinkan perangkat untuk berjalan hanya dengan aplikasi dan layanan sistem yang penting. Mode ini berguna untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada perangkat, termasuk masalah dengan fitur screenshot.

Ketika perangkat dalam mode aman, semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah masalah dengan fitur screenshot disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga atau tidak. Untuk masuk ke mode aman, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol daya hingga logo perangkat muncul.
  3. Saat logo perangkat muncul, lepaskan tombol daya dan segera tekan dan tahan tombol volume bawah.
  4. Terus tahan tombol volume bawah hingga perangkat selesai booting.

Setelah perangkat berhasil masuk ke mode aman, coba gunakan fitur screenshot. Jika fitur screenshot berfungsi dengan baik dalam mode aman, berarti masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Untuk mengetahui aplikasi pihak ketiga mana yang menyebabkan masalah, Anda dapat mengaktifkan aplikasi satu per satu hingga Anda menemukan aplikasi yang menyebabkan fitur screenshot tidak berfungsi.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah, Anda dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi tersebut. Untuk keluar dari mode aman, cukup restart perangkat Anda secara normal.

ROM atau sistem operasi bermasalah

ROM (Read-Only Memory) adalah media penyimpanan internal pada perangkat Android yang berisi sistem operasi dan aplikasi sistem. Jika ROM atau sistem operasi perangkat Anda bermasalah, fitur screenshot mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan ROM atau sistem operasi perangkat bermasalah:

  • Pembaruan sistem yang gagal
  • Aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel
  • Malware atau virus
  • Kerusakan fisik pada perangkat

Jika Anda menduga bahwa ROM atau sistem operasi perangkat Anda bermasalah, Anda dapat mencoba untuk memperbaikinya dengan cara berikut:

  1. Perbarui sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru. Untuk melakukannya, buka pengaturan perangkat Anda, cari opsi pembaruan perangkat lunak, dan ketuk tombol periksa pembaruan.
  2. Hapus aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel. Untuk melakukannya, buka pengaturan perangkat Anda, cari opsi aplikasi atau manajemen aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, dan ketuk tombol hapus instalan.
  3. Pindai perangkat Anda dengan aplikasi antivirus atau antimalware. Jika ditemukan malware atau virus, hapus malware atau virus tersebut.
  4. Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk mereset perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa mereset perangkat akan menghapus semua data dan pengaturan pada perangkat Anda.

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi fitur screenshot masih tidak berfungsi, kemungkinan besar perangkat Anda mengalami kerusakan fisik. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Perangkat terlalu lama tidak direstart

Jika perangkat Anda sudah terlalu lama tidak direstart, fitur screenshot mungkin tidak berfungsi dengan baik. Hal ini karena beberapa proses sistem yang berjalan di latar belakang dapat mengalami error atau crash setelah beberapa lama. Merestart perangkat akan menghentikan semua proses sistem dan memulainya kembali, sehingga dapat memperbaiki masalah dengan fitur screenshot.

Untuk merestart perangkat Anda, cukup tekan dan tahan tombol daya hingga muncul menu daya. Kemudian, ketuk opsi restart atau mulai ulang.

Setelah perangkat selesai restart, coba gunakan fitur screenshot lagi. Jika fitur screenshot sudah berfungsi kembali, berarti masalahnya disebabkan oleh perangkat yang terlalu lama tidak direstart.

Untuk mencegah masalah ini terjadi lagi, sebaiknya restart perangkat Anda secara berkala, misalnya setiap minggu atau setiap dua minggu. Anda juga dapat mengaktifkan fitur restart otomatis pada perangkat Anda, jika tersedia.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah fitur screenshot yang tidak berfungsi pada perangkat Android:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara mengambil screenshot pada perangkat Android?
Jawaban 1: Untuk mengambil screenshot pada perangkat Android, tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan. Tahan tombol tersebut hingga terdengar suara rana kamera atau hingga layar berkedip.

Pertanyaan 2: Mengapa fitur screenshot tidak berfungsi pada perangkat saya?
Jawaban 2: Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa fitur screenshot tidak berfungsi pada perangkat Anda. Beberapa di antaranya adalah tombol screenshot rusak, fitur screenshot dinonaktifkan, aplikasi pihak ketiga mengganggu, perangkat dalam mode aman, ROM atau sistem operasi bermasalah, dan perangkat terlalu lama tidak direstart.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengatasi masalah tombol screenshot rusak?
Jawaban 3: Jika tombol screenshot rusak, Anda dapat mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasinya: restart perangkat, gunakan tombol kombinasi, gunakan aplikasi pihak ketiga, atau perbaiki atau ganti tombol screenshot.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengaktifkan fitur screenshot yang dinonaktifkan?
Jawaban 4: Untuk mengaktifkan fitur screenshot yang dinonaktifkan, buka pengaturan perangkat Anda, cari opsi screenshot, dan pastikan opsi tersebut diaktifkan.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengatasi masalah aplikasi pihak ketiga yang mengganggu fitur screenshot?
Jawaban 5: Untuk mengatasi masalah aplikasi pihak ketiga yang mengganggu fitur screenshot, Anda dapat mencoba menonaktifkan atau menghapus aplikasi pihak ketiga yang dicurigai mengganggu fitur screenshot.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mengatasi masalah perangkat dalam mode aman?
Jawaban 6: Untuk mengatasi masalah perangkat dalam mode aman, keluar dari mode aman dengan merestart perangkat Anda secara normal.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara mengatasi masalah ROM atau sistem operasi bermasalah?
Jawaban 7: Untuk mengatasi masalah ROM atau sistem operasi bermasalah, perbarui sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru, hapus aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel, pindai perangkat Anda dengan aplikasi antivirus atau antimalware, atau reset perangkat Anda ke pengaturan pabrik.

Pertanyaan 8: Bagaimana cara mengatasi masalah perangkat terlalu lama tidak direstart?
Jawaban 8: Untuk mengatasi masalah perangkat terlalu lama tidak direstart, restart perangkat Anda secara berkala, misalnya setiap minggu atau setiap dua minggu.

Jika Anda sudah mencoba semua tips di atas tetapi fitur screenshot masih tidak berfungsi, kemungkinan besar perangkat Anda mengalami kerusakan fisik. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Selain tips di atas, berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk menjaga agar fitur screenshot pada perangkat Android Anda tetap berfungsi dengan baik:

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk menjaga agar fitur screenshot pada perangkat Android Anda tetap berfungsi dengan baik:

Tip 1: Perbarui sistem operasi perangkat secara berkala

Pembaruan sistem operasi biasanya berisi perbaikan bug dan peningkatan fitur, termasuk fitur screenshot. Pastikan untuk memperbarui sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru secara berkala.

Tip 2: Hindari menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak tepercaya

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu fitur screenshot atau bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda. Sebaiknya hindari menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak tepercaya.

Tip 3: Gunakan aplikasi screenshot pihak ketiga yang terpercaya

Jika Anda sering menggunakan fitur screenshot, Anda dapat menginstal aplikasi screenshot pihak ketiga yang terpercaya. Ada banyak aplikasi screenshot pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store, pilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dan banyak digunakan.

Tip 4: Bersihkan ruang penyimpanan perangkat secara berkala

Jika ruang penyimpanan perangkat Anda penuh, fitur screenshot mungkin tidak berfungsi dengan baik. Sebaiknya bersihkan ruang penyimpanan perangkat Anda secara berkala dengan menghapus file-file yang tidak diperlukan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga agar fitur screenshot pada perangkat Android Anda tetap berfungsi dengan baik.

Jika Anda sudah mencoba semua tips di atas tetapi fitur screenshot masih tidak berfungsi, kemungkinan besar perangkat Anda mengalami kerusakan fisik. Dalam hal ini, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat perbaikan resmi atau bengkel ponsel terpercaya untuk mendapatkan bantuan.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kita telah membahas beberapa penyebab kenapa HP tidak bisa di screenshot dan bagaimana cara mengatasinya. Kita juga telah membahas beberapa tips untuk menjaga agar fitur screenshot pada perangkat Android tetap berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah ringkasan dari poin-poin utama yang telah dibahas:

  • Beberapa penyebab kenapa HP tidak bisa di screenshot antara lain tombol screenshot rusak, fitur screenshot dinonaktifkan, aplikasi pihak ketiga mengganggu, perangkat dalam mode aman, ROM atau sistem operasi bermasalah, dan perangkat terlalu lama tidak direstart.
  • Untuk mengatasi masalah fitur screenshot yang tidak berfungsi, Anda dapat mencoba beberapa cara, seperti merestart perangkat, mengaktifkan fitur screenshot, menonaktifkan atau menghapus aplikasi pihak ketiga yang mengganggu, keluar dari mode aman, memperbarui sistem operasi perangkat, membersihkan ruang penyimpanan perangkat, atau membawa perangkat ke pusat perbaikan resmi.
  • Untuk menjaga agar fitur screenshot pada perangkat Android tetap berfungsi dengan baik, Anda dapat mengikuti beberapa tips, seperti memperbarui sistem operasi perangkat secara berkala, menghindari menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak tepercaya, menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga yang terpercaya, dan membersihkan ruang penyimpanan perangkat secara berkala.

Jika Anda mengalami masalah dengan fitur screenshot pada perangkat Android Anda, jangan khawatir. Coba ikuti tips dan trik yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga berhasil!


Images References :

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *