Kelebihan dan Kekurangan Linux yang Perlu Anda Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Linux yang Perlu Anda Ketahui


Linux memang belum sepopuler Home windows. Namun, sistem operasi ini sebenarnya cukup dikenal dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lain. 

Salah satu yang paling terlihat adalah kemudahan Linux untuk dikembangkan. Bukan hanya untuk kebutuhan desktop, tapi mumpuni untuk smartphone, server, hingga TV.

Sayangnya, Linux juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. 

Nah, di artikel ini, kami akan membahas lengkap tentang apa itu Linux, termasuk kelebihan dan kekurangan Linux. Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

Apa itu Linux?

Linux adalah sistem operasi yang free dan bersifat open supply. Sistem operasi ini tidak hanya free of charge untuk digunakan, tapi juga bebas untuk dikembangkan.

Hasil dari pengembangan linux biasanya dikenal dengan istilah distro. Dan, saat ini sudah ada ribuan distro Linux dengan karakteristik dan tujuan penggunaannya masing-masing. Baik untuk desktop, server dan cell.

Beberapa contoh distro populer di Linux adalah Ubuntu, Fedora dan OpenSuse. Sementara, dari tujuan penggunaan ada Ubuntu desktop, Ubuntu Server, CentOS dan Plasma Cell.

Penggunaan Linux pada desktop memang tidak sebanyak Home windows. Namun, 96,3% server top di seluruh dunia menggunakan Linux sebagai sistem operasinya. Kenapa demikian ya? Memangnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan Linux ini?

Kelebihan Linux

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux:

1. Free of charge

Seperti disebutkan, Anda bisa menggunakan sistem operasi Linux secara free of charge. Baik untuk pribadi atau kebutuhan bisnis. Untuk digunakan di desktop maupun untuk server. 

Bukan itu saja, aplikasi yang ada di dalam distro Linux juga bisa digunakan secara free of charge. Jika ada aplikasi yang dibutuhkan tapi belum disertakan, Anda pun bisa mendownloadnya tanpa biaya. 

2. Mudah Digunakan

“Linux itu sistem operasi yang sulit digunakan, apalagi bagi pemula..”

Itu dulu. Saat ini, banyak distro Linux yang sangat ramah pengguna. Contohnya adalah Ubuntu. 

Sistem Linux terus dikembangkan sehingga menjadi lebih sederhana dan user-friendly. Salah satunya dengan penggunaan proses yang berbasis tampilan atau Graphical Person Interface (GUI).

Dengan adanya GUI, Anda tak perlu lagi repot mengetikkan perintah menggunakan Terminal (seperti Command Immediate di Home windows). Bahkan GUI ini tidak hanya ditemukan pada penggunaan aplikasi, tapi juga saat proses instalasi Linux.

3. Aman

Linux terkenal sebagai sistem operasi yang aman, baik dari aksi peretasan maupun dari serangan virus. Kenapa bisa demikian?

cara melindungi website dari serangan hacker

Pertama, pengguna Linux belum terlalu banyak. Jadi, belum merupakan sasaran empuk bagi aksi peretasan dengan malware atau penyebaran virus.

Kedua, secara default, Linux tidak memberikan hak akses admin kepada pengguna. Ini tentu berbeda dengan Home windows, ya? Untuk memiliki hak akses sebagai admin di Linux, Anda harus mengetikkan perintah khusus diikuti dengan mengisikan password.

Dengan begitu, virus tidak dapat begitu saja masuk dan mengubah sistem Anda tanpa mendapatkan hak akses penuh. Bahkan, jika pun virus berhasil menerobos masuk, dampak kerusakannya minimal. 

4. Performa Cepat

Satu hal yang bisa dirasakan ketika menggunakan Linux adalah performa yang cepat. Hal ini bisa Anda rasakan mulai dari proses instalasi, booting, hingga di penggunaan aplikasi secara umum.  

kelebihan dan kekurangan linux dari performa

Jika, Anda termasuk pengguna yang sering membuka banyak aplikasi bersamaan, Linux bisa menjadi pilihan terbaik karena performanya cukup stabil. Sebab, masing-masing menjalankan prosesnya tanpa mengganggu sistem keseluruhan.

Nah, jika Anda merasakan performanya mulai menurun dibanding awal instalasi, tak perlu set up ulang. Hapus saja aplikasi yang tidak diperlukan yang bisa membebani sistem.

5. Privasi Terjaga

Beda halnya dengan Home windows, Linux tidak akan mengumpulkan information pengguna. Artinya, privasi Anda lebih terjaga. 

Menariknya, Anda mendapatkan keuntungan ini tanpa perlu melakukan pengaturan tambahan. Berbeda dengan Home windows yang secara default mengaktifkan telemetry untuk mengirim information penggunaan dan efficiency di komputer Anda.

 Awalnya, Ubuntu sempat memiliki aplikasi Amazon yang diduga mengumpulkan information pengguna. Namun, saat ini aplikasi tersebut pun sudah tidak dimasukkan dalam instalasi default.

6. Memiliki Banyak Distro

Membandingkan kelebihan dan kekurangan OS Linux tentu kurang lengkap tanpa membahas distronya. Banyaknya pilihan distro Linux memang merupakan kelebihan. Anda bisa memilih yang paling sesuai kebutuhan.

Apa saja pilihan distro Linux sesuai fungsinya? Ini dia beberapa contohnya:

  • Linux untuk Pengguna Umum: Ubuntu, Fedora, Arch Linux, Gentoo
  • Linux untuk Edukasi: Edubuntu, UberStudent, openSUSE-Edu, Skolelinux, fedoraEDU
  • Linux untuk Server: Ubuntu Server, Crimson Hat Enterprise Linux (RHEL), SUSE Linux Enterprise Server, CentOS (Group OS) Linux Server, Debian, Oracle Linux
  • Linux untuk Hacking: Kali Linux, BackBOX, Parrot Safety OS, BlackArch, Bugtraq, DEFT Linux

Perbedaan distro di atas umumnya ada pada tampilan (desktop surroundings), aplikasi yang disertakan, dan arsitektur perangkat yang didukung. 

7. Rutin Replace

Tak perlu khawatir bahwa sistem komputer atau server Anda menjadi jadul (old-fashioned). Linux selalu rutin melakukan replace. 

Sebuah replace akan memastikan sistem berjalan dengan baik dan lebih aman. Bahkan, bug kecil sekalipun akan menjadi bagian dari replace versi Linux yang dirilis.

Selain itu, replace Linux juga tak jarang membawa fitur baru. Misalnya, proses instalasi yang cepat, performa aplikasi yang meningkat, dan lainnya. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk menggunakannya.

8. Cocok untuk Developer

Anda seorang developer? Linux bisa jadi pilihan. Sistem operasi ini dikenal memiliki banyak library yang bisa membantu dalam pengembangan aplikasi.

Ingin Menjadi PHP Developer Andal? Simak 10 Tips Ini

Selain itu, terminal pada Linux jauh lebih highly effective dibanding command immediate pada Home windows. Hal ini pada akhirnya mendukung developer untuk bekerja dengan lebih optimum. Apalagi kemampuan scripting pada Linux menawarkan banyak fitur untuk membuat pekerjaan lebih cepat.

Baca Juga: 50+ Perintah Linux yang Wajib Anda Diketahui

9. Komunitas yang Luas

Linux memiliki komunitas yang tersebar luas di penjuru dunia. Komunitas tersebut berperan penting dalam membantu perkembangan Linux menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Tidak hanya itu, adanya komunitas juga dapat membantu Anda jika mengalami kendala penggunaan. Umumnya, setiap distro memiliki discussion board khusus untuk penggunanya. Contohnya, forum Ubuntu

Kekurangan Linux

Sudah banyak kelebihan Linux yang dibahas di atas. Lalu apa saja sih kekurangan Linux?

1. Aplikasi Masih Sedikit

Anda memang bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan aplikasi yang ada di Linux. Namun, Linux belum mendukung sebagian aplikasi populer yang mungkin Anda perlukan. Misalnya, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator atau Corel Draw

Hal ini terjadi karena developer belum banyak yang melirik Linux untuk mengembangkan aplikasi mereka. Salah satu alasannya tentu karena penjualan aplikasi di Home windows atau mac OS dianggap lebih menguntungkan. 

2. Kurangnya Help untuk {Hardware}

Dukungan {hardware} masih menjadi kendala saat menggunakan Linux. Seperti halnya dengan aplikasi, belum banyak vendor yang menyediakan driver untuk sistem operasi ini. Alhasil, banyak perangkat di laptop computer atau komputer tidak otomatis terdeteksi di Linux.

kelebihan dan kekurangan linux dari dukungan hardware

Apa akibatnya? Tanpa dukungan driver, {hardware} seperti mouse maupun earphone yang digunakan bisa saja tidak maksimal atau malah tidak bisa digunakan sama sekali.

Anda memang masih bisa melakukan instalasi driver secara guide. Namun, cara ini tentu merepotkan dan belum tentu berhasil dengan baik. 

3. Kurang Cocok untuk Gaming

Linux memang kurang mendukung kebutuhan gaming. Apa saja alasannya?

Pertama, recreation developer belum banyak yang membuat recreation untuk Linux. Artinya, jumlah recreation di Linux terbatas dan kualitasnya belum seperti recreation di Home windows. 

Kedua, dukungan driver pada graphic card untuk mendukung recreation juga terbatas. Hal ini akan mempengaruhi pengalaman recreation yang dijalankan. Jangankan seri graphic card terbaru, untuk versi lama pun mungkin Anda harus melakukan instalasi driver secara guide.

Linux Bisa Dimanfaatkan untuk Apa Saja?

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan Linux, mari pelajari apa saja kegunaan Linux.

1. Sistem Operasi Komputer

Fungsi utama Linux adalah untuk sebagai operasi komputer desktop. Sebagai alternatif Home windows, dengan Linux Anda bisa tetap melakukan aktifitas shopping, menggunakan aplikasi workplace, mendengarkan musik, menonton movie, dan lainnya.

kelebihan dan kekurangan linux untuk penggunaan di desktop

Perkembangan Linux dan aneka distronya juga terkait dengan kegunaannya sebagai sebuah sistem operasi yang andal.

2. Mengelola Server

Bukan hanya untuk kebutuhan desktop, Linux juga andal digunakan untuk server. Bahkan, nama besar seperti Amazon dan Microsoft mempercayakan Linux untuk server mereka.

Tingkat keamanan yang tinggi dari Linux tentu menjadi salah satu alasan penggunaannya. Selain enkripsi, ada fitur seperti Two Issue Authentication yang membuat akses menjadi lebih aman. 

Tidak hanya itu, Linux juga memiliki kemampuan replace secara otomatis ketika terhubung dengan jaringan web. 

Beberapa distro Linux, seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan Fedora dirancang untuk mengelola server.

3. Sistem Operasi Cell

Linux juga dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem operasi cell. Contohnya, Android, Tizen dan lainnya. Itu artinya Anda bisa memodifikasi sistem operasi Android dengan berbekal kemampuan teknis tentang Linux.

Sayangnya, pengembangan sistem operasi cell dengan Linux memang tidak segencar untuk desktop. 

4. Sistem Operasi Multifungsi

Perkembangan Linux tidak berhenti pada tiga fungsi di atas. Seiring perkembangan teknologi, Linux juga mendukung penggunaan berbagai perangkat seperti mengelola TV, CCTV, dan lainnya. 

Tabel Perbedaan Linux dengan Sistem Operasi Lain

IndikatorLinuxOS Lain
KemudahanMudah digunakan hanya pada distro yang menggunakan GUISecara umum mudah digunakan
Dukungan aplikasiBelum mendukung beberapa aplikasi populerTelah mendukung berbagai aplikasi populer seperti Photoshop
Dukungan {hardware}Dukungan {hardware} masih minimDriver {hardware} sudah lengkap dan terupdate
HargaSebagian besar distro Linux bersifat free of chargePerlu membeli lisensi dengan harga antara $60.000-160.000

Sudah Siap Menggunakan Linux?

Linux merupakan sistem operasi yang andal. Meskipun jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding sistem operasi lain, pengembangannya terus berjalan hingga saat ini. 

Sebagai sebuah sistem operasi, ada banyak kelebihan dan kekurangan Linux. Kami sudah membahasnya di atas. Mari evaluate sebentar.. 

Kelebihan Linux yang utama adalah free of charge dan mudah digunakan. Selain itu, Linux juga aman, performanya cepat dan privasi untuk pengguna terjaga. Tak heran, Linux menjadi pilihan untuk mengelola server besar.

triknesia pun tak ketinggalan dengan mempercayakan CloudLinux OS untuk melayani pelanggannya. Alasannya, sistem operasi tersebut stabil, aman dan performanya tinggi.

Sementara itu, Linux kurang direkomendasikan untuk kebutuhan gaming. Plus, dukungan untuk aplikasi populer dan {hardware} juga belum optimum. 

Nah, Anda tertarik untuk mulai menggunakan Linux? Jika iya, gunakanlah distro yang sesuai kebutuhan.

Dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *