News

Jadwal Update MIUI 13, Xiaomi Kamu Dapat Update Gak Nih

Triknesia.com – Pecinta Xiaomi pastinya sudah tidak sabar lagi menantikan perangkatnya mendapatkan update terbaru MIUI 13, MIUI 13 sendiri dirilis berbaarengan dengan XIaomi 12 series. Dan tentunya masih berbasis anDroid.

MIUI 13 mengemas banyak perubahan dan peningkatan menarik. Aplikasi-aplikasi di MIUI 13 juga berjalan lebih smooth, peningkatan kemampuan multitasking, peningkatan privasi seperti perlindungan dari fraud dan watermark untuk privasi, sistem font baru, dan lain-lain.

Fitur Terbaru MIUI 13

Tampilan Segar
Pengembangan MIUI dulu sangat terinspirasi dari iOS. Namun seiring berjalannya waktu, antarmuka sistem operasi Android ini berubah menjadi dirinya sendiri dengan menawarkan tampilan yang jauh lebih berbeda.

Pada MIUI 13, ciri khasnya semakin kentara. Xiaomi terlihat memberikan sentuhan khas mereka untuk mendesain ulangan antarmuka sistem Android ini dengan menggunakan ikon, latar belakang, maupun kumpulan tema yang baru.

Disusul kemudian, dukungan animasi di MIUI 13 juga tampak semakin bagus. Kita dapat menikmati tampilan secara lebih mulus dengan kesan semakin natural di seluruh antarmuka versi sistem anyar ini.

Beberapa animasi juga lahir lewat MIUI 13 di mana salah satunya termasuk untuk pengisian daya. Pada antarmuka muka baru ini, kita dapat melihat secara langsung berapa daya yang masuk ke handphone secara real-time.

Bawa Fitur Memory Fusion Technology
Selama beberapa waktu belakangan, banyak perusahaan handphone yang mulai menawarkan fitur untuk mengekspansi kapasitas RAM dengan memotong ruang kosong dari media penyimpanannya guna mendorong kemampuan perangkat.

Xiaomi pun termasuk salah satu di antara perusahaan tersebut. Setelah memperkenalkan fitur serupa lewat MIUI 12 untuk beberapa model, Xiaomi pun membawanya secara resmi dengan nama Memory Fusion Technology kepada semua perangkat yang mendukung MIUI 13.

Fitur itu tentu akan sangat berguna saat RAM memang sangat terbatas atau ketika kita membutuhkan banyak aplikasi dalam satu waktu pengoperasian untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan harian.

Tawarkan Mode Game Baru
Pengalaman bermain game di perangkat Xiaomi pun akan menjadi lebih menyenangkan dengan MIUI 13 karena kita kini bisa melakukan hal itu sembari mengoperasikan handphone atau aplikasi lain tanpa perlu menutupnya.

Salah satu mode anyar di MIUI 13 soalnya memungkinkan kita meluncurkan dan memainkan sebuah game dengan jendela melayang (floating windows) selayaknya aplikasi-aplikasi biasa pada antarmuka sistem sebelumnya.

Fitur MIUI 13

Font MiSans

OS ini menghadirkan font baru bernama MiSans. Xiaomi mengklaim bahwa ini adalah font sederhana yang dioptimalkan untuk bahasa Cina dan Inggris untuk menawarkan visibilitas yang jelas dan pembacaan huruf yang nyaman.

Font ini adalah bagian dari Dynamic Font System 2.0, karena mewarisi fitur OpenType di mana tinggi tanda dapat hubung secara otomatis menyesuaikan dengan huruf besar dan kecil.

Font minimalis ini sudah tersedia untuk diunduh di aplikasi MIUI Themes di China. Tersedia juga untuk perangkat yang menjalankan iterasi MIUI sebelumnya.

Asistan Virtual Xiao AI

Melalui fitur baru MIUI 13, pengguna dapat membuat avatar kustom mereka sendiri dari asisten virtual Xiao AI Xiaomi di China. Mereka dapat memilih dari lebih dari 50 set pakaian dan aksesoris.

Bukan itu saja, pengguna juga dapat memilih dari berbagai suara dan mengatur kosakata khusus yang sesuai preferensi masing-masing.

Privasi

MIUI terbaru memiliki lebih banyak sertifikasi terkait privasi dibanding MIUI 12. Fitur baru yang menarik di iterasi terakhir adalah ‘Virtual ID’. Sedangkan MIUI 13 membawa perubahan pada sistem otentikasi wajah.

Sebelumnya, hanya wajah yang dipindai oleh sistem. Namun kini, tubuh bagian atas disertakan dalam pemindaian untuk lebih banyak data. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan watermark saat memindai dokumen penting.

Sistem ini juga melindungi pengguna dari panggilan/teks spam, aplikasi berbahaya, dan transfer file berbahaya

Optimasi Sistem

MIUI berbasis Android 12 pun menghadirkan peningkatan untuk Focus Computation, Atomic Memory, dan Liquid Storage. Ketiga teknologi yang dikembangkan sendiri ini memulai debutnya pada MIUI 12.5 Enhanced Edition.

Xiaomi mengklaim bahwa kelancaran aplikasi sistem dan aplikasi pihak ketiga sekarang meningkat masing-masing 20-26% dan 15-52% jika dibandingkan dengan MIUI 12.5 Enhanced Edtion.

Perangkat seperti Xiaomi Mix 4 misalnya, sekarang dapat dengan mudah menjalankan rata-rata 14 aplikasi di latar belakang.

Fitur MIUI 13 terbaru lainnya adalah Mi Magic Center. Fitur ini adalah cara Xiaomi untuk memudahkan pengguna dapat mengelola produk ekosistem Xiaomi mereka dari satu perangkat.

MIUI 13 Mi Magic Center Mereka dapat mentransmisikan / mengalirkan konten video atau musik dari satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan melakukan slide.

Xiaomi juga memungkinkan pengguna menyesuaikan perangkat mereka dengan stiker untuk menambahkan sentuhan pribadi dan untuk pengenalan yang lebih mudah.

Jika kamu pengguna smartphone Redmi atau Mi dan tengah menanti-nanti kapan giliran perangkat kamu mendapatkan update MIUI 13, ikuti terus artikel ini.

Mengutip XDA Developer, Kamis (30/12/2021), dalam unggahan terbaru di Mi Community, Xiaomi menjelaskan tentang roadmap pengguliran MIUI 13. Berbagai informasi diungkap, termasuk smartphone atau tablet Redmi/ Mi mana saja yang bakal kedapatan update sistem operasi baru ini.

Menurut roadmap tersebut, MIUI 13 build pertama akan digulirkan dalam China Closed Beta pada 29 Desember 2021, sedangkan Public Beta akan digulirkan mulai bulan Januari 2022.

Sementara, versi yang ditunggu-tunggu yakni versi stabil MIUI 13 akan digulirkan mulai kuartal pertama 2020. Berikut adalah smartphone Xiaomi serta tablet yang bakal mendapatkan update terbaru MIUI 13 pada batch 1:

Daftar HP Xiaomi Yang Dapat Update MIUI 13

  1. Mi 11
  2. Mi 11 Ultra
  3. Mi 11i
  4. Mi 11X Pro
  5. Mi 11X
  6. Xiaomi 11T Pro
  7. Xiaomi 11T
  8. Mi 11 Lite
  9. Mi 11 Lite 5G
  10. Xiaomi 11 Lite 5G NE
  11. Xiaomi Pad 5
  12. Redmi 10
  13. Redmi 10 Prime
  14. Redmi Note 8 (2021)
  15. Redmi Note 10 Pro
  16. Redmi Note 10 Pro Max
  17. Redmi Note 10
  18. Redmi 10 JE

Back to top button