Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Hobi Fotografi? Simak 5 Cara Merawat Lensa Kamera Berikut Ini

3 min read

Cara Merawat Lensa Kamera

Tips Photography – 5 Cara Merawat Lensa Kamera Berikut Ini, Saat ini kegiatan fotografi dapat dengan mudah dilakukan. Tidak sekedar hobi, banyak pula kalangan yang menjadikannya sebagai profesi. Ini wajar adanya karena selain menyenangkan, ada rasa puas tersendiri apabila mampu menghasilkan foto yang bagus. Meski begitu, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus ini kamu juga perlu memperhatikan kualitas lensa kamera.

Lensa menjadi bagian yang sangat berpengaruh dari sebuah kamera. Lensa ini akan membantu kamu mendapatkan hasil foto yang keren. Jenis lensa ini pun bermacam-macam, dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana sih cara merawat lensa yang baik dan benar itu, Biar lensa kagak gampang jamuran dan tetap kinclongs.

Baca juga : Daftar Kamera Untuk Pemula Ada DSLR Dan Mirorrless

Merawat Lensa Dengan Tepat

Mengingat lensa ini perannya sangat penting, perlu ada pertimbangan tersendiri ketika memilihnya. Tidak semua jenis lensa cocok dengan kamera yang kamu miliki. Selain itu faktor perawatan juga penting. Ya, harga kamera maupun lensanya tidak bisa dibilang murah sehingga kamu pun harus merawatnya dengan benar agar tetap awet dan kinerjanya normal.

 

Berikut adalah cara merawat lensa kamera yang tepat.

Cara Merawat Lensa Kamera

  1. Jaga kebersihan lensa

Kebersihan lensa harus selalu dijaga agar kinerjanya tetap maksimal. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari membuka atau mengganti lensa di tempat yang berdebu atau kotor. Bukan hanya itu saja, kamu juga tidak boleh menyentuh bagian optik lensa karena dikhawatirkan tangan sedang tidak steril.

Hal ini dikarenakan lensa cukup sensitif terhadap bekas sentuhan atau noda. Alhasil saat digunakan lensa akan kurang fokus karena terhalang noda maupun bekas sentuhan.

Selain itu jika lensa sering dibiarkan kotor maka dengan cepat akan mengeluarkan bibit jamur yang pada awalnya tak terlihat oleh kasat mata, namun lama kelamaan jamur ini akan segera terlihat. Dan voila jamur ini bakal merambat dan mengurangi kualitas dari lensa kerenmu itu. Maka Jangan lupa dibersihin ya gaees.

Baca juga : Belajar Fotografi Ala Darwis Triadi

  1. Hindari pergantian suhu ekstrim

Tidak jarang kamera ini nantinya akan kamu gunakan untuk mengambil gambar pada beberapa waktu. Misal di pagi hari kamu akan menggunakannya di dalam ruangan, lalu siangnya di luar ruangan. Ini berpotensi menurunkan kinerja lensa akibat adanya pergantian suhu yang drastis. Sebagai antisipasinya, simpanlah lensa di tas khusus yang terdapat dry cabinet agar kelembaban lensa terjaga.

Atau kamu wajib memiliki tempat khusus menyimpan lensa dimana ruangan tersebut kering, terang dan bersih. Kalau saya biasanya membuat kotak kecil dari kaca gitu kaya akuarium, saya tambahin pintu, lampu pijar, dan butiran penghilang kelembaban kalau gak punya butiran ini kamu bisa mengambil beras yang dimasukkan kedalam mangkuk kecil, beras ini berfungsi untuk menyerap air dan suhu lemmbab loh. Kotak Seperti ini biasanya disebut juga dengan Dry Box Kamera.

Baca juga : Belajar Teknik Fotografi Untuk Pemula Pahami Apa Itu Aperture Dan ISO

  1. Manfaatkan lap khusus untuk membersihkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lensa merupakan bagian dari kamera yang cukup sensitif terhadap noda maupun sentuhan. Oleh karena itu, pada saat membersihkannya pun kamu disarankan menggunakan lap khusus yang bahannya halus.

Hindari membersihkan lensa menggunakan tisu wajah karena teksturnya cenderung kasar sehingga berpotensi menimbulkan baret pada lensa.

Baca juga : Belajar Fotografi Dan Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula

  1. Manfaatkan filter pada lensa

Penggunaan filter ini harus dipertimbangkan dengan baik dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila sedang melakukan pemotretan di luar ruangan, kamu disarankan menggunakan filter UV karena sifatnya netral.

Perlu diketahui bahwa filter ini dapat membantu melindungi lensa dari benturan ringan maupun debu. Lebih dari itu, penggunaan filter juga akan menjadikan hasil jepretanmu lebih bagus. Kamu gak perlu menggunakan Filter Kamera Hape Android lagi kok wkwkwkw.

tehnik merawat lensa kamera DSLR

  1. Berhati-hati ketika membongkar-pasang kamera

Untuk melakukan pemotretan, umumnya kamu akan membutuhkan kamera, lensa, filter dan tripod. Diperlukan kehati-hatian saat membongkar-pasang kamera agar tidak membuat komponen kamera menjadi rusak.

Perhatikan pula titik kunci dan body kamera. Kamu juga tidak boleh lupa menekan tombol kunci agar lensa tidak rusak. Setelah lensa dilepas, jangan lupa untuk memasang penutup lensa.

Jangan lupa pula sebelum mencopot atau mengganti lensa pastikan tombol power ada di off. Karena kalau sampai lupa bisa terjadi kerusakan pada sensor lensanya loh, yang menyebabkan error 00xx1 lensa tak terdeteksi, biih ngeri banget kan. Hal Ini kadang terjadi pada mereka yang kerja di Wedding Photography loh soalnya butuh cepat untuk mengejar momen.

Baca juga :  7 Tips Foto Produk Online Biar Daganganmu Semakin Dilirik Kostumer

Demikianlah beberapa cara merawat lensa kamera yang perlu kamu perhatikan. Peran lensa ini sangatlah penting untuk bisa menghasilkan foto yang menarik, jadi upayakan untuk merawatnya dengan benar agar kinerjanya tetap maksimal.

Jangan sampai lensa yang udah kamu beli dengan harga selangit itu rusak karena hal sepele seperti jamur, atau hal bodoh seperti lupa mematikan power ketika mencopotnya, hihihi. terima kasih sudah membaca artikel kali ini. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin menambah lensa  maupun meregenerasi lensa yang lama dapat membelinya di Bukalapak. Bukalapak menyediakan berbagai pilihan lensa dari berbagai tipe dan kualitas. Tak hanya menyediakan pilihan lensa kamera, di sana juga tersedia peralatan kamera lain seperti tas kamera dan tripod. Harga tripod yang ada juga bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

 

5 Cara Merawat Lensa Kamera Berikut Ini

Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *