Contoh Soal Xlookup

Contoh Soal Xlookup – Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel. Jika data dalam tabel disusun secara vertikal, gunakan fungsi VLOOKUP. Jika data dalam tabel disusun secara horizontal, maka gunakan fungsi HLOOKUP.

Pada gambar di atas, kolom pada tabel auxiliary seperti kolom kode, kolom tujuan trip, dan kolom harga trip berbentuk vertikal, jadi kita gunakan fungsi Vlookup.

Contoh Soal Xlookup

Contoh Soal Xlookup

Video tutorial penggunaan rumus Vlookup dapat anda lihat di atas pada channel youtube penulis. Klik pada video di bawah ini:

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Di Excel: Fungsi, Contoh, Dan Penggunaannya

Pada gambar di atas, kolom pada tabel auxiliary seperti kolom kode, kolom tujuan trip, dan kolom harga trip berbentuk horizontal, jadi kita gunakan fungsi Hlookup.

Setelah selesai, salin/tempel respons sehingga muncul gambar seperti di bawah ini:

Demikian penjelasan singkat tentang penggunaan fitur Vlookup dan Hlookup. Agar Anda lebih memahami apa yang telah saya sampaikan, saya akan memberikan beberapa pertanyaan sederhana di bawah ini

Kunci jawaban soal nomor 1 di atas bisa kamu lihat melalui channel YouTube. Klik tautan di bawah ini:

Rumus Vlookup Dan Hlookup: Penjelasan Dan Cara Menggunakannya

2. Isi kolom: Departemen, Gaji, dan Tunjangan menggunakan Vlookup dan Hlookup!

Sebelum mengerjakan soal-soal di atas, Anda harus memahami terlebih dahulu penggunaan fungsi LEFT, MIDDLE, dan RIGHT. Silahkan baca artikelnya di:

Masalah di atas tidak bisa anda selesaikan jika hanya menggunakan fungsi Hlookup atau Vlookup, kenapa…? Karena tabel harga (lihat gambar di atas!) memiliki 2 variabel yang saling berkaitan, yaitu kelas kamar dan tipe kamar.

Contoh Soal Xlookup

Jika kode D, maka pendidikannya adalah S1. Jika kodenya A atau P, maka pendidikannya D3. Jika kodenya G atau K, maka pendidikannya SMA. Jika dengan S, maka pendidikan. adalah SMP c. Kolom bonus Jika dokter mendapat bonus 2.000.000 Jika perawat atau administrasi mendapat bonus 1.300.000 Jika kasir atau pekerja gudang mendapat bonus 1.000.000 Jika satpam mendapat bonus 500.000 d. Kolom Gaji Kotor = Gaji Bersih + Tunjangan e. Pajak Jika gaji kotor >= 6.000.000 maka pajaknya 5% dari gaji kotor Jika gaji kotor >= 4.000.000 maka pajaknya 3% dari gaji kotor Kurang dari 4.000.000 maka pajaknya 1% dari gaji kotor f. Gaji bersih = gaji kotor – pajak You are here: Jurnal M » Rumus Excel » Excel Rumus VLOOKUP: 11+ Contoh Fungsi VLOOKUP Lengkap Rumus Excel VLOOKUP: 11+ Contoh Fungsi VLOOKUP Lengkap

Gambaran Umum Rumus Dalam Excel

Fungsi VLOOKUP Excel adalah rumus untuk mencari data secara vertikal berdasarkan kolom pertama pada tabel, lalu mengambil nilai pada kolom berikutnya pada baris yang sama pada tabel data yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari.

Dengan kata lain, Anda dapat mengambil data dalam tabel sumber atau rentang bernama atau rentang data berdasarkan kata kunci yang dapat Anda tentukan.

Misal saya ingin mencari gaji karyawan berdasarkan NIK. Daftar gaji karyawan didistribusikan dalam rentang data (B

Pada kolom pertama (kolom NIK) pada data cakupan. Kemudian ambil nilai pada kolom ke 4 yaitu (Kolom Gaji) yaitu satu baris dengan nilai NIK yang dipersyaratkan pada kolom pertama.

Menggunakan Rumus Absolut Dan Fungsi Vlookup Serta Hlookup Untuk Tunanetra

Catatan: Untuk mengambil nilai di kolom lain, Anda hanya perlu mengubah angka 4 (pada langkah keempat) ke kolom yang Anda inginkan.

Tentunya rumus VLOOKUP tidak bisa digunakan hanya untuk contoh di atas. Dalam tutorial ini, saya memberikan 11 contoh berbeda tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP.

Namun sebelum lanjut ke contoh berikutnya, ada baiknya pahami terlebih dahulu aturan penulisan rumus Excel VLOOKUP berikut ini :

Contoh Soal Xlookup

Jika Anda menggunakan TRUE atau tidak menggunakan TRUE atau FALSE, Excel akan mencari lookup_value di kolom pertama dalam table_array yang sama atau terdekat (asalkan kolom pertama diurutkan dari nilai terkecil ke terbesar).

Countif (fungsi Countif)

Jika Excel tidak menemukan nilai yang sama, nilai yang lebih kecil yang paling dekat dengan lookup_value akan digunakan.

Tapi perhatikan, jika lookup_value (nilai yang ingin Anda temukan) kurang dari nilai pertama di kolom pertama (table_array), maka Excel akan mengembalikan hasil #N/A.

Sedangkan jika menggunakan FALSE, Excel akan mencari lookup_value yang sama dengan data pada kolom pertama pada table_array.

Mendesak! Saya anggap Anda sudah mengetahui perbedaan pattern separator, yaitu koma (,) untuk format bahasa Inggris dan titik koma (;) untuk format bahasa Indonesia. Jika Anda belum mengetahuinya, kunjungi Panduan kami untuk Mengonversi Koma menjadi Titik

Berikut Cara Membuat Kuis Dengan Google Form

1. Klik ikon layar penuh di sudut kanan bawah file Excel Online berikut untuk menggunakan fitur Excel Online.

2. Klik ikon unduh (gambar kertas dengan panah ke bawah) di sudut kanan bawah file Excel Online berikut untuk mengunduh file.

3. Jika ada kesalahan pada link download atau Excel online, mohon beritahu saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Contoh Soal Xlookup

Seperti yang saya jelaskan di Aturan Penulisan Rumus VLOOKUP, [range_lookup] FALSE akan menginstruksikan Excel untuk mencari data yang sama dengan lookup_value. Sementara itu, jika tidak ada nilai yang cocok ditemukan di kolom pertama, Excel mengembalikan #N/A.

Rumus Penting Excel By Ignasius Ryan By Masterreyz

Contoh pertama memberikan hasil yang benar karena nilai yang dicari yaitu NIK 12500 ada di kolom pertama. Sedangkan contoh kedua memberikan hasil #N/A karena nilai yang dicari yaitu 12000 tidak ditemukan pada kolom pertama pada sumber data (table_array).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *