Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda – Saat Anda berenang atau menyelam di laut, Anda paham betapa sulitnya mencapai titik kedalaman tertentu. Tentunya tidak akan sama dengan berenang di permukaan, berenang di kedalaman yang lebih dalam membutuhkan banyak tenaga.

Hal ini dapat terjadi karena adanya tekanan hidrostatis di kedalaman yang lebih kuat dibandingkan dengan tekanan di permukaan air. Tekanan hidrostatik adalah jenis tekanan yang diberikan air pada tekanan di dalamnya. Dengan demikian, dengan bertambahnya kedalaman benda, tekanan hidrostatik benda akan meningkat.

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda

Jadi, saat berenang atau menyelam di tempat yang dangkal akan terasa lebih mudah dibandingkan menyelam hingga kedalaman tertentu. Karena semakin besar volume air diatas maka semakin besar pula tekanan air pada tubuh.

Soal Uts Ipa Kelas 8 Semester 1 Dan 2 (lengkap)

Tekanan hidrostatik pada setiap kedalaman tidak dipengaruhi oleh berat air, bentuk wadah air, atau permukaan air. Tekanan hidrostatik memberikan tekanan ke segala arah. Satuan tekanan adalah Newton per meter persegi (N/m2) atau Pascal (Pa). Rumus tekanan hidrostatik dirumuskan sebagai berikut:

Jika massa jenis zat cair lebih besar dari massa jenisnya, maka tekanan hidrostatisnya juga akan lebih besar. Misalnya, ada tiga jenis cairan, yaitu air, minyak, dan larutan garam, yang ditempatkan dalam tiga kotak terpisah. Saat kita menentukan titik dengan kedalaman yang sama di setiap cairan, efeknya akan berbeda. Tekanan hidrostatik dipertahankan oleh larutan garam akan lebih besar dari air biasa. Sementara itu, tekanan hidrostatik air biasa akan lebih tinggi dari pada minyak.

Kedalaman cairan juga mempengaruhi tekanan hidrostatik dalam cairan. Semakin besar jarak titik cair dari permukaannya, semakin kuat tekanan hidrostatiknya. Ini berarti bahwa tekanan hidrostatik akan meningkat seiring dengan bertambahnya kedalaman titik cair.

Misalnya, sebuah kotak memiliki tiga lubang dengan posisi ketinggian yang berbeda. Jarak jet air pada titik atau lubang terendah akan lebih besar dari titik di atasnya. Pasalnya, lubang di bagian bawah akan mengalami tekanan hidrostatis paling tinggi dibanding dua titik lainnya di atasnya.

Modul Ii Hidrostatika

Percepatan gravitasi juga dapat mempengaruhi tekanan hidrostatik suatu fluida. Percepatan gravitasi, bersama dengan densitas fluida, akan membentuk berat (S) fluida.

1. Saat Anda menyelam ke dalam kolam atau laut, Anda akan merasakan tekanan hidrostatis meningkat semakin dalam Anda menyelam.

2. Dasar bendungan akan lebih tebal di bagian dasar untuk menahan tekanan cairan yang membeku ke bawah.

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda

3. Saat memasang infus, semakin tinggi posisi botol infus, tekanannya akan semakin tinggi. Ini memungkinkan cairan infus memasuki aliran darah dengan lebih mudah.

Lengkap Contoh Soal Uts Pts Agama Islam Kelas 9 Smp Mts Semester 1 Berupa Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban

Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut adalah contoh soal, jawaban, dan pembahasan tekanan hidrostatis. Semua dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (19/10).

Seorang penyelam menyelam hingga kedalaman 3 m, massa jenis air 1000 kg/m, dan konstanta gravitasi di lokasi tersebut adalah 10 n/kg. Tekanan hidrostatik adalah … n/m

Penyelam berada 10 m di bawah permukaan air. Jika massa jenis air 1000 kg/m3, maka gaya beratnya 10 m/s2. Jadi tekanan hidrostatis yang dialami ikan tersebut adalah…

Seekor kura-kura berenang di akuarium. Kura-kura berjarak 50 cm dari permukaan akuarium. Jadi tekanan hidrostatis seperti apa yang dialami kura-kura? Jika massa jenis air = 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2)

Contoh Soal Tekanan Pilihan Ganda Dan Jawaban [+pembahasan]

Di dalam botol, setelah diisi air sampai ketinggian 50 cm di dasar botol. Jika kaca dilubangi 10 cm dari dasar, tentukan tekanan hidrostatik di dalam lubang jika percepatan gravitasi 10 m/s2 dan massa jenis air 1000 kg/m3!

Kapal penghubung diisi dengan air dan minyak. Massa jenis air 1 g/cm3 dan massa minyak 0,8 g/cm3. Jika tinggi permukaan air pada batas minyak adalah 10 cm, maka hitunglah tinggi permukaan minyak…

Pada sebuah bola kecil yang dicelupkan ke dalam cairan dengan massa jenis 100 kg/m3 dengan tekanan hidrostatis 100 N/m3. Percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2. Jadi seberapa dalam bola jatuh?

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis Pilihan Ganda

Air yang dideteksi dari dasar kolam dengan manometer hidrostatis menunjukkan angka 50.000 pascal. Jadi seberapa dalam badan airnya?

Modul Fluida Statis

Sebuah kamar mandi berbentuk persegi panjang dengan panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 0,5 m. Tangki air berisi 50 liter air. Jika g = 10 msĀ², tentukan tekanan hidrostatis di dasar bak.

Setelah mengisi botol dengan air hingga ketinggian 50 cm di bagian bawah botol. Jika botol dilubangi 10 cm dari dasar, tentukan tekanan hidrostatis di dalam lubang jika percepatan gravitasi 10 m/s2 dan massa jenis air 1000 kg/m3!

Pada sebuah kelereng yang dicelupkan ke dalam cairan dengan massa jenis 100 kg/m3 dengan tekanan hidrostatis 100 N/m3. Percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s2. Jadi seberapa dalam kelereng jatuh?

Hitunglah tekanan hidrostatis yang dialami seorang penyelam pada kedalaman 100 m dan massa jenis air laut 1025 kg/m3. Contoh Soal dan Jawaban Tekanan Pilihan Ganda – Tekanan didefinisikan sebagai ukuran gaya yang bekerja pada suatu benda per satuan luas tekanan. Tekanan dapat ditunjukkan dengan simbol p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *