Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat

Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat – 2 Analisis KD Perhatikan teks KD 3.8 dan 4.8 Kelas VIII pada silabus berikut : 3.8 4.8 Penjelasan tentang tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari meliputi tekanan darah, osmosis dan jaringan pengangkut kapiler pada tumbuhan. Menyediakan data eksperimen untuk menyelidiki tekanan fluida pada kedalaman tertentu, daya apung dan kapilaritas, misalnya pada batang tanaman

KD 3.8 KD 4.8 Kemampuan materi Memahami, menerapkan, menjelaskan tekanan pada zat padat, cair dan gas Hukum Pascal Hukum Archimedes tentang pembuluh darah Tekanan darah berkaitan dengan osmosis kapilaritas pada tumbuhan Pengujian tekanan hidrostatik, penelitian Hukum Pascal Hukum Archimedes Kapilaritas Transportasi cairan pada tumbuhan

Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat

Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat

Tekanan adalah gaya yang dirasakan oleh suatu titik di permukaan zat cair per satuan luas dengan arah tegak lurus permukaan. P = tekanan (1 N/m2 = 1 Pa) F = gaya (N) A = luas penampang (m2)

Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tekanan yang diciptakan oleh cairan pada kedalaman tertentu disebut tekanan hidrostatik. Sehingga tekanan hidrostatis pada kedalaman h adalah : P = tekanan hidrostatis (Pa) ρ = massa jenis zat cair (kg/m3) g = percepatan gravitasi (m/s2) h = kedalaman permukaan zat cair (m)

Perhatikan gambar disamping! Wadah yang bersentuhan diisi dengan cairan dengan kepadatan berbeda. Tekanan hidrostatis di titik A sama dengan tekanan hidrostatik di titik B, sehingga persamaannya menjadi:

“Tekanan yang bekerja pada cairan yang terkurung ditransmisikan tanpa berkurang ke semua titik cairan dan ke dinding wadah” (Blaise Pascal). Tekanannya sama di setiap titik pada kedalaman yang sama.

1. Lift hidrolik, lift mobil hidrolik, pompa hidrolik, ban sepeda, rem cakram hidrolik, mesin press hidrolik, pasta gigi

Materi Kuliah Ipa 2 Topik: Tekanan Pada Zat.

Sebuah kapal mengapung karena cairan memberikan gaya apung ke atas. Gaya apung terjadi karena tekanan dalam zat cair meningkat sebanding dengan volume benda yang terendam atau sama dengan massa zat cair yang dipindahkan.

15 Fa = F2 – F1 = P2 A – P1 A = (P2 – P1)A = f ghA = (f g) (hbf A) = (f g) Vbf maka gaya ke atas dirumuskan: Fa = f . g .Vbf Prinsip Archimedes: “Gaya suatu benda dalam zat cair sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut”.

18 Kontainer terkunci Undang-undang Kontainer Terkunci mengatur zat cair serupa dalam wadah tertutup. Lalu apa yang terjadi jika bejana sambungan diisi dengan cairan lain?

Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat

Prinsip wadah terhubung tidak berlaku karena beberapa keadaan: wadah diisi dengan cairan dengan kepadatan berbeda. Wadah tertutup, satu wadah atau keduanya. Adanya elemen tabung kapiler di dalam wadah, yaitu sebuah tabung kecil yang memungkinkan air naik ke sisi wadah.

Tekanan Zat Dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari

20 Tekanan pada gas Besarnya tekanan udara dapat diukur dengan eksperimen Torricelli yang dilakukan oleh Evangelista Torricelli ( ). Selama percobaan, dimungkinkan untuk membuat barometer untuk mengukur tekanan udara, yang ditemukan bahwa: 1 atm = 76 cmHg “Untuk setiap ketinggian 100 m di atas permukaan laut, tekanan udara berkurang 1 cmHg”

Tekanan udara di ruang tertutup dapat diukur dengan manometer. Tinggi suatu tempat dapat dihitung dengan rumus: h= (76 cmHg- Pbar) x100 m Pgas = (Pbar ± h) cmHg Keterangan: Pgas = tekanan gas Pbar = tekanan barometer h = tinggi (m)

Pengaruh tekanan atmosfer dirasakan dalam beberapa kejadian, antara lain: Air mendidih di pegunungan lebih cepat mendidih daripada air mendidih di pantai. Ini karena tekanan udara di pegunungan lebih rendah daripada di pantai, sehingga kandungan oksigennya juga lebih rendah. Saat kita pergi ke daerah yang lebih tinggi (misalnya dari pantai ke perbukitan), pada ketinggian tertentu kita merasakan dengungan di telinga. Ini karena pembengkokan lapisan gendang telinga ke arah luar karena tekanan udara yang lebih rendah.

25 Tekanan Darah Tekanan darah adalah kekuatan yang dengannya darah melewati setiap unit atau area dinding pembuluh darah. Faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah: curah jantung, resistensi pembuluh darah perifer, aliran dan volume darah.

Diagram Fase Zat

26 Tekanan darah rendah Tekanan darah rendah adalah kondisi abnormal dimana tekanan darah seseorang jauh lebih tinggi dari normal. Hal itu menyebabkan gejala pusing atau ketidakmampuan untuk berpikir jernih atau bergerak dengan mantap (vertigo). Jika tekanan darah terlalu rendah, aliran darah ke jantung, otak, dan organ vital lainnya tidak mencukupi. Mengapa tekanan darah rendah terjadi?

27 Tekanan darah tinggi Pembuluh darah seperti tabung karet yang terus mengalirkan darah ke mana pun dibutuhkan. Arteri yang membawa darah dari jantung harus menahan tekanan tinggi saat memompa darah. Jika tekanan darah lebih tinggi dari normal selama beberapa tahun, pembuluh darah ini rusak. Mengapa tekanan darah tinggi terjadi?

28 DIFUSI Proses perpindahan molekul dari area dengan konsentrasi lebih tinggi ke area dengan konsentrasi lebih rendah yang terjadi secara spontan.

Contoh Soal Rumus Tekanan Zat Padat

29 OSMOSIS Pergerakan molekul pelarut/air dari daerah dengan konsentrasi tinggi ke daerah dengan konsentrasi rendah melalui membran semi permeabel hingga tercapai kondisi kesetimbangan.

Elastisitas Fisika Dan Hukum Hooke: Rumus Dan Contoh Soal

Apa yang terjadi jika sel tumbuhan atau hewan, seperti sel darah merah, ditempatkan dalam tabung reaksi dengan larutan dengan sifat berbeda? Dalam larutan isotonik, sel tumbuhan dan sel darah merah tetap dalam bentuk normalnya. Dalam larutan hipotonik, sel tumbuhan membengkak dari ukuran normalnya dan mengalami peningkatan tekanan turgor sehingga sel menjadi kaku. Ketika sel hewan/sel darah merah ditempatkan dalam larutan hipotonik, sel darah merah mengembang dan kemudian pecah/lisis karena sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Pada larutan hipertonik, sel tumbuhan kehilangan tekanan turgor dan mengalami plasmolisis (pemisahan membran sel dari dinding sel), sedangkan sel hewan/sel darah merah pada larutan hipertonik menyebabkan sel hewan/sel darah merah mengalami krenasi sehingga menyebabkan sel menjadi keriput karena kehilangan air.

34 Kapilaritas adalah perembesan cairan melalui celah sempit atau saluran rambut, sering disebut kapiler. Fenomena ini disebabkan adanya gaya adhesi atau kohesif antara cairan dan dinding celah. Gaya kohesif adalah gaya tarik menarik antar molekul dalam zat cair, sedangkan gaya rekat adalah gaya tarik menarik antara molekul dengan molekul lain yang tidak sama.

Untuk pengoperasian situs web ini, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami Kusuma Ikuti seorang hamba Allah yang ingin menjadi orang yang berguna bagi umat Islam dan umat Islam di seluruh dunia. Dia suka bepergian dan perjalanan kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *