Contoh Soal Nilai Mutlak

Contoh Soal Nilai Mutlak – Bentuk umum: Sebelum membahas pertidaksamaan nilai mutlak, mari kita bahas pengertian dan sifat-sifat nilai mutlak.

Nilai absolut x adalah nilai non-negatif dari bilangan real x. Nilai absolut dari x dilambangkan dengan Contoh: Pengertian nilai absolut dapat juga ditulis sebagai berikut:

Contoh Soal Nilai Mutlak

Contoh Soal Nilai Mutlak

5 Nah… Untuk menentukan HP pertidaksamaan nilai mutlak dapat dicari dengan menggunakan sifat-sifat nilai mutlak. Untuk memperjelasnya, mari kita pertimbangkan beberapa pertanyaan kecil.

Nilai Mutlak |x 3|+|2x 8|=5

6 Contoh 1: Tentukan solusi dari pertidaksamaan berikut: Perhatikan sifat nilai absolut yang dapat diterapkan pada soal (dalam soal ini adalah klasifikasi 2).

8 Contoh 2: Tentukan solusi dari pertidaksamaan berikut: Perhatikan sifat nilai absolut yang dapat diterapkan pada soal (dalam soal ini adalah klasifikasi 5). Pertidaksamaan Akar pertidaksamaan kuadrat Ingat suku-suku di akar harus  0

Contoh 3: Tentukan solusi dari pertidaksamaan berikut: Nah, ini adalah contoh soal yang membutuhkan keterampilan dan kreativitas, karena tidak ada properti nilai absolut yang dapat diterapkan pada soal ini. Sama dan kreativitas misalnya I x-3 I menjadi variabel baru Pertidaksamaan kuadrat

Agar situs web ini berfungsi, kami mengakses data pengguna dan membagikannya dengan instruksi. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami. Kali ini kita akan mempelajari pelajaran nilai mutlak pada matematika ke-10. Apa yang akan kita pelajari selanjutnya? yaitu tentang bagaimana menyelesaikan soal-soal tentang pengertian nilai mutlak. Jadi mari kita lihat detailnya!

Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, nilai absolut adalah angka yang selalu positif. Nilai mutlak suatu bilangan positif atau nol adalah bilangan itu sendiri, sedangkan nilai mutlak suatu bilangan negatif adalah kebalikan dari bilangan negatif tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk meminjam jumlah yang tepat. Ada tiga langkah, yaitu yang pertama adalah mentabulasikan nilai kinerja dari berbagai titik bantu. Kedua, lengkapi tabel fungsi nilai mutlak sesuai dengan definisi nilai mutlak. Ketiga, titik-titik yang diperoleh pada tabel kemudian direpresentasikan dalam sistem koordinat kartesius. Untuk memahami ini dengan lebih baik, pertimbangkan beberapa contoh di bawah ini.

Soal pertama adalah menentukan nilai x yang memenuhi |x + 5|. Ingat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua kemungkinan, yaitu x + 5 jika x lebih besar atau sama dengan -5 dan -x-5 jika x lebih kecil dari -5. Ini tidak mudah, lupiners! Mari beralih ke pertanyaan kedua.

Contoh Soal Nilai Mutlak

Masalah kedua adalah kita akan menentukan nilai absolut dari fungsi pengurangan pecahan. Pertama, kami menghitung pengurangannya. Kedua, ingat, jika hasilnya positif, maka nilai mutlaknya adalah hasil itu sendiri. Sedangkan jika hasilnya negatif, maka hasilnya kebalikan dari bilangan negatif itu sendiri. Untuk nilai mutlak pertama hasilnya 1/24, jadi nilai mutlaknya tetap 1/24. Sedangkan nilai awal kedua adalah -1/28, jadi nilai mutlaknya adalah 1/28. Mari kita bahas pertanyaan berikutnya.

Soal Dan Pembahasan

Pertanyaan terakhir sama dengan yang pertama, lupiners. Kami menggunakan definisi nilai absolut. Jadi kita mendapatkan nilai x yang memenuhi x lebih besar atau sama dengan 8/3 dan x lebih kecil dari 8/3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *