Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras – Jawaban Matematika Kelas 8 Kelas Master 2 Page 11 12 13 Ayo Berlatih 6.1 Teorema Pythagoras Bilangan 1-10

Gambar – Kunci Jawaban Matematika dan Cara Mengerjakannya untuk Kelas 8 SMP MTs Term 2 Page 11 12 13 : Ayo Latihan 6.1 Teorema Pythagoras dari 1 sampai 10. / Buku Siswa Matematika Kelas 8 Buku.kemdikbud.go. Tangkap layar

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

Berita DIY – Cek Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 SMP MTs Term 2 Halaman 11, 12 dan 13 Lengkap dengan Pembahasan dan Metodenya Mari Belajar Soal 6.1 Teorema Pythagoras 1 sampai 10.

Teorema Phytagoras: Materi, Rumus, Contoh Soal, Pembahasan

Langkah-langkah penyelesaian soal yang berkaitan dengan teorema Pythagoras akan dipaparkan di sini pada Bab 6. Pertanyaannya akan terkait dengan Tripel Pythagoras, segitiga khusus untuk menerapkan Teorema Pythagoras.

Siswa kelas 9 sederajat SMP atau MTs yang menggunakan Buku Paket IPA 2013 silabus terbitan Kemendikbud dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai referensi belajar.

6.1 Soal 1 s/d 10 disajikan beserta pembahasan dan cara menjawabnya secara lengkap. Saat Anda menulis jawaban, pastikan adik Anda juga membaca langkah-langkah penyelesaiannya.

Baca Juga: Jawaban Matematika Kelas VIII Sekolah Menengah Depan 22 23 24 Suku Kedua: Ayo Berlatih 6.2 Teorema Pythagoras

Rumus Pythagoras, Contoh Soal & Cara Penyelesaiannya

Soal kunci jawaban di bawah ini diambil dari Buku Paket Siswa Matematika MTs Kelas 8 Edisi Revisi Tahun 2017 terbitan Kemendikbud.

Berikut Kunci Soal dan Jawaban Soal Matematika Halaman 8 Halaman 11, 12 dan 13 Nomor 1-10, Dikutip BERITA DIY oleh Alumnus FKIP Universitas Jember, Arum Ariani, S.Pd.

Baca juga: Berbekal Metode! Bab 9 Kunci Jawaban IPA Page 36 Kelas 2: Mari kita selesaikan latihan transformator

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

2. Tujuan memasang kabel bubut ke tiang telepon adalah untuk menopangnya. Sebuah mesin bubut kawat dipasang pada tiang telepon yang tingginya 8 meter di atas tanah.

Lkpd Matematika Teorema Phytagoras Worksheet

Baca Juga : Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 226227228 Term 2 dan Cara Latihan 4.2 Kongruen Dua Segitiga

Bentuk kawat bubut dan tiang serta jarak antara kawat bubut dan tiang di tanah dapat dianggap sebagai segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku adalah segitiga yang memenuhi teorema Pythagoras.

Untuk mencari setiap sisinya, kamu bisa menggunakan rumus teorema Pythagoras, untuk menyederhanakannya, kamu harus mengetahui panjang kedua sisinya terlebih dahulu.

Pada soal, panjang kawat bubut dapat ditentukan setelah diketahui tinggi tiang dan jarak antara kawat dengan tiang pada tanah. Kemudian gantikan ke dalam teorema Pythagoras (sisi miring² = alas² + tegak lurus²).

Kunci Jawaban Metematika Kelas 8 Smp Halaman 22 23 24 Semester 2: Ayo Kita Berlatih 6.2 Teorema Phytagoras

Baca Juga: UAS PAS Kelas 8 Soal Praktikum Matematika Semester I Tahun 2013 Silabus dan Kunci Jawaban: SPLDV – Pola Bilangan

Baca Juga : Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 242243 Soal Esai Nomor 1-5 dan Metode Lengkapi Pasangan Deret Setiap Persamaan

4. Apakah sebuah segitiga yang masing-masing sisinya berukuran 9 cm, 12 cm, dan 18 cm merupakan segitiga siku-siku? Menjelaskan

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

Parameter segitiga dapat dinyatakan sebagai segitiga siku-siku, yang sesuai dengan teorema Pythagoras (sisi miring² = alas² + sisi vertikal²).

Soal & Kunci Jawaban Pelajaran Matematika Kelas 8 Halaman 22, Tentukan Luas Daerah Yang Diarsir

Baca Juga : MTK Bab 8 Kunci Jawaban Halaman 248 – 249 Tes Bakat Semester 1 #16-20 dan Metode, Persamaan Garis

Karena ketiga sisi segitiga tersebut tidak memenuhi kriteria teorema Pythagoras, maka segitiga yang dimaksud bukanlah segitiga siku-siku.

5. Jika panjang sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku adalah χ, 15, dan +5, tentukan nilai x.

Baca juga: Berbekal Metode! Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 245246 Bab 1 Tes Bakat #1-10: Tiga Kelas

Contoh Soal Teorema Pythagoras

Baca Juga: Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 244 Esai Nomor 6-10 dan Metode: Uang Uang Diana, Buat Matematika

7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P adalah dua titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah….

8. Seorang bernama Bhaskar menyusun sebuah persegi dan empat segitiga siku-siku yang sama panjang sisinya, yaitu a, b, c, menjadi persegi dengan panjang sisi c (lihat gambar di buku).

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Tentang Teorema Pythagoras

Tunjukkan bagaimana lima bentuk datar yang disusun di tengah bentuk dapat disusun untuk mengisi bentuk paling kanan.

Lkpd Pythagoras Worksheet

Seperti yang ditunjukkan pada gambar paling kiri, empat segitiga identik dapat membentuk persegi utuh dengan menambahkan persegi panjang oranye kecil.

Maka dapat membentuk empat segitiga kongruen dan persegi jingga paling kanan jika disusun seperti pada gambar di bawah ini:

Sisi c adalah sisi miring dari segitiga siku-siku, kemudian sisi a dan b adalah sisi alas dan tegak lurus segitiga tersebut. Maka sisi c juga merupakan sisi persegi di tengah.

Baca Juga : Kunci Jawaban MTK Kelas 8 Halaman 240 Tes Bakat 5 Numerologi 6-10, Metode, dan Persamaan Linier Dua Variabel

Lkpd Matematika Online Activity For Grade 8

9. Perhatikan dua gambar persegi di samping. Panjang sisi sebuah persegi besar adalah 15 cm. Luas persegi kecil adalah 25 cm². Carilah nilai χ.

10. Lihat gambar di samping. Diketahui ∆ABC siku-siku di B dengan AC = 40 cm dan BC = 24 cm. Titik D terletak di AB sehingga CD = 25 cm. cm AD = … cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *