Contoh Soal Hukum Coulomb

Contoh Soal Hukum Coulomb – Hukum Coulomb menyatakan bahwa gaya tarik atau tolakan antara dua muatan listrik sebanding dengan muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut.

Dua muatan diatur seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Muatan A adalah +8 mikro Coulomb dan muatan B adalah -5 mikro Coulomb. Sedangkan besarnya gaya listrik yang bekerja pada kedua muatan tersebut adalah… (k = 9 x 10

Contoh Soal Hukum Coulomb

Contoh Soal Hukum Coulomb

Muatan listrik +Q1 = 10 micro Coulomb, +Q2 = 50 micro Coulomb dan Q3 dipisahkan seperti pada gambar. Jadi gaya listrik yang bekerja pada muatan Q2 = nol, maka muatannya adalah Q3?

Hukum Coulomb Dan Medan Listrik Pada Muatan Titik

Muatan listrik +Q1 = 10 micro Coulomb, +Q2 = 50 micro Coulomb dan Q3 dipisahkan seperti pada gambar. Jadi gaya listrik yang bekerja pada muatan Q2 = nol, maka muatan Q3 ?

Gaya listrik pada muatan 2 adalah resultan gaya listrik antara muatan 1 dan 2 dan gaya listrik antara muatan 2 dan 3. Gaya listrik antara muatan 1 dan 2:

Karena besarnya kedua muatan membuat arah F12 menuju muatan 3 (sebelah kanan). Gaya listrik antara muatan 2 dan 3:

Karena besar muatan 2 positif dan muatan 3 positif, arah F23 menuju muatan 1 (ke kiri). Mengenai resultan gaya listrik pada muatan 2 = 0: arah F12 ke kanan dan arah F23 ke kiri.

Nilai Gaya Listrik Atau Gaya Coulomb Tergantung Dari Apa Sebutkan?

Diketahui bahwa dua muatan listrik A = +15 microcoulomb dan sebuah muatan listrik B = +10 microcoulomb dipisahkan oleh jarak seperti gambar di bawah ini. Tentukan besarnya gaya columbus yang bekerja pada kedua muatan tersebut? (k =9 x109N m2/C2dan 1 mikro Coulomb =10−6C)

Dua muatan titik bermuatan listrik terpisah sejauh r dan saling menarik dengan gaya F. Jika masing-masing muatan dibuat 3 kali muatan semula sehingga besarnya gaya tetap F, maka jarak kedua muatan diubah menjadi. .. . .

Tiga muatan 4q, Q dan q masing-masing berada pada sumbu x di posisi 0, L/2 dan L, sehingga gaya Coulomb pada q menjadi nol, muatan pada Q harus ….

Contoh Soal Hukum Coulomb

Karena muatan yang mengalami gaya NUL berada paling kanan dan lebih dekat ke Q, muatan 4q dan Q harus memiliki tanda yang berbeda, dan nilai absolut Q kurang dari 4q. Biarkan Q q

Lks 1 Fisika

Dua kapasitor masing-masing berkapasitas 2µF dan 3µF dihubungkan secara seri, kemudian diberi beda potensial antara ujung 10 volt, maka besarnya muatan pada kapasitor 2µF tersebut… Fenomena elektrostatis atau listrik statis harus kita temukan pada kehidupan sehari-hari. Seperti fenomena potongan kertas yang menempel pada penggaris plastik setelah digosokkan pada rambut yang kering. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik antara kertas dan penggaris. Setelah menggosok rambut, penggaris menjadi bermuatan negatif karena elektron ditransfer dari rambut ke penggaris. Ini berarti penggaris lebih bermuatan negatif daripada selembar kertas, atau selembar kertas bermuatan lebih positif daripada penggaris (meskipun selembar kertas sebenarnya netral).

Pada materi fisika kelas 12 SMA akan dibahas fenomena elektrostatis (listrik statis) secara lebih mendalam. Pembahasan konsep listrik statis lebih menitik beratkan pada interaksi antar muatan listrik berdasarkan sifat kelistrikan masing-masing muatan. Beberapa topik yang dibahas dalam materi fisika kelas 12 SMA yang berkaitan dengan listrik statis adalah:

Ada 2 jenis muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik dapat berinteraksi satu sama lain. Interaksi antara muatan listrik dapat berupa saling mendorong atau menarik, yang disebut gaya Coulomb atau gaya elektrostatik. Gaya tolak dapat muncul di antara dua muatan serupa. Sementara itu, muatan dari jenis yang berbeda menghasilkan gaya tolak satu sama lain. Ilustrasinya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Gambar a, b, dan c masing-masing menunjukkan interaksi antara 2 beban. Pada gambar a, dua muatan positif menghasilkan gaya tolak masing-masing pada $_}$ dan $_}$. Muatan $_}$ memperoleh gaya tolak $_}$ ke kiri dengan berinteraksi dengan muatan $_}$. Sedangkan muatan $_}$ mendapat gaya tolak $_}$ ke kanan dengan berinteraksi dengan muatan $_}$. Demikian pula, pada gambar b, interaksi dua muatan negatif, terdapat gaya tolak pada masing-masing muatan $_}$ dan $_}$. Sedangkan pada gambar c terdapat interaksi antara dua muatan yang berbeda jenis, positif dan negatif, terjadi saling tarik-menarik. Muatan $_}$ ditarik oleh muatan $_}$ dengan gaya $_}$ ke kanan, sedangkan muatan $_}$ ditarik oleh muatan $_}$ dengan gaya $_}$ ke kiri ‘kiri diserahkan. Perlu dicatat bahwa konsep ini harus dipahami karena sangat penting untuk menggunakannya untuk menentukan interaksi lebih dari dua muatan.

Contoh Soal Gaya Coulomb Sma Kelas 12 Lengkap Dengan Kunci Jawaban

Gaya Coulomb merupakan besaran vektor, oleh karena itu untuk melakukan analisis kita harus menerapkan aturan besaran vektor. Gambar di bawah menunjukkan interaksi antara tiga muatan listrik. Setiap $_}$ memiliki muatan positif, $_}$ memiliki muatan negatif, dan $_}$ memiliki muatan positif yang menempati posisi membentuk segitiga sama sisi.

Jika kita diminta untuk menentukan gaya Coulomb yang bekerja pada muatan $_}$, maka perlu dilakukan analisis vektor gaya seperti pada gambar a. Muatan $_}$ menerima gaya muatan $_}$ dari $_}$. Muatan $_}$ juga mendapatkan gaya tolak dari $_}$ dari $_}$. Juga, gaya Coulomb pada muatan $_}$, yaitu $_}$, adalah resultan dari gaya $_}$ dan $_}$. Besarnya gaya Coulomb yang dihasilkan $_}$ dapat ditentukan dengan persamaan vektor yang dihasilkan seperti pada Persamaan 2 di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *