Contoh Soal Fisika Tekanan Hidrostatis

Contoh Soal Fisika Tekanan Hidrostatis – Masalah No. 1. Seekor ikan berenang di akuarium. Ikan berjarak 50 cm dari permukaan akuarium. Berapa besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan? (massa jenis air = 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2)

Soal nº 2. Perhatikan gambar di bawah ini! Ada empat ikan di dalam air. Ikan apa yang memiliki tekanan hidrostatis tertinggi dan terendah?

Contoh Soal Fisika Tekanan Hidrostatis

Contoh Soal Fisika Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatik tergantung pada kedalaman benda. Semakin dalam benda, semakin besar tekanan hidrostatis yang dihasilkan. Begitu juga sebaliknya, semakin dekat suatu benda dengan permukaan air maka tekanan hidrostatisnya akan semakin rendah.

Modul Cetak Baru

Ikan yang terdalam dalam masalah ini adalah Z-fish, sehingga tekanan hidrostatis yang diberikan oleh Z-fish lebih besar.

Pertanyaan baru dalam fisika Sebuah kawat penghantar listrik sepanjang 2 meter tegak lurus terhadap medan magnet sebesar 20 Tesla. Jika arus listrik yang melewati kawat adalah 40 … 0 miliamp, tentukan besarnya gaya Lorentz, kubus diletakkan di atas balok yang ada di tanah pada t = 6M, hitung tekanan yang diperoleh dengan menekan balok es ke tanah . Dengan tekanan 572 N/m² pada dinding papan dan luas tekan 18 m², hitunglah gaya tekan anak yang menggali tanah dengan sekop. Alasan menggunakan sekop ujung runcing adalah. Anak = A1 = 30 cm² A2 = 900 cm² F1 = 200 N Dit = F2? F1= F2 A1= A2 5-600 4 A2 Kali ini kita akan membahas soal UTBK 2019 untuk topik fluida yang meliputi soal tekanan hidrostatis, soal hukum Bernoulli dan soal debit aliran fluida. Soal-soal fisika UTBK ini semuanya termasuk dalam karakteristik soal HOTS yang membutuhkan pemahaman konsep fisika untuk mengerjakannya. Soal 1, 2 dan 4 Model UTBK 2019 terkait dengan konsep fluida statis khususnya tekanan hidrostatis. Untuk masalah model, siswa harus dapat menentukan perubahan tekanan hidrostatis akibat efek perendaman suatu benda (yang jelas merupakan perubahan volume dan tinggi pada permukaan zat cair). Soal nomor 3 adalah konsep hukum Bernoulli dan persamaan kontinuitas. Juga diintegrasikan ke dalam masalah ini adalah konsep perubahan momentum yang terkait dengan pelepasan aliran fluida. Juga, untuk pertanyaan 5, ini unik karena merupakan kombinasi debit aliran, hukum Newton, dan momen gaya pada katup. Terakhir, kami bertanya tentang membandingkan torsi atau momen gaya dari kedua bentuk keran. Soal 6 dan 7 memiliki syarat yang sama, namun yang ditanyakan berbeda. Soal fisika UTBK ini memadukan konsep debit aliran fluida, kekekalan momentum dalam tumbukan, dan percepatan benda setelah tumbukan, just for fun.

Nah teman-teman, sekarang mari kita simak permasalahannya di bawah ini. Pembahasan soal fluida (tekanan hidrostatis, Bernoulli, debit aliran) pada soal UTBK TKA Fisika 2019 dapat dilihat pada file video dan pdf di bawah ini.

(Catatan: Jika ada hasil tes yang salah atau tidak akurat, beri tahu saya di kolom komentar di bawah…)

Tekanan Fluida (fisika Sma)

Berikut adalah model soal fluida (tekanan hidrostatis, Bernoulli, debit aliran) pada soal UTBK Fisika TKA 2019:

1. Sebuah gelas ukur diisi dengan cairan dengan massa jenis ρ. Sebuah bola Ping-Pong yang sangat ringan dengan volume berbentuk V seluruhnya terendam dalam cairan. Jika percepatan gravitasi lokal g dan perubahan gaya tekan di dasar gelas karena tenggelamnya bola pingpong adalah ∆F, massa jenis zat cair adalah…

2. Gelas ukur berisi cairan. Bola Ping-Pong yang sangat ringan benar-benar terendam dalam cairan. Perubahan tekanan hidrostatis di suatu titik dalam zat cair akibat pencelupan bola ping pong bergantung pada…

Contoh Soal Fisika Tekanan Hidrostatis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *