Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat

Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat – Pernahkah Anda melihat mobil diangkat dengan alat di tempat pencucian mobil? Mengapa kendaraan dapat diangkat dengan alat? Tahukah kamu mengapa balon udara naik ke langit? Bagaimana sistemnya bekerja? Pelajari ringkasan literatur di bawah ini

PELAJARAN SASTRA ILMU KELAS 8 TEKANAN MATERI DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI 1. Tekanan Padat

Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat

Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat

Tekanan disebabkan oleh gaya (F) dan luas (A). Semakin besar tekanan pada suatu benda, semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Semakin besar luas permukaan suatu benda, semakin sedikit tekanan yang dihasilkannya. Secara sistematis, tekanan dapat ditulis sebagai:

Tuliskan Rumus Tekanan Pada Zat Cair Dan Tekanan Pada Zat Padat Beserta Keterangannya!

Misalnya, saat berjalan di tanah berlumpur, lebih mudah menggunakan sepatu bot agar tidak terjebak di lumpur daripada menggunakan sepatu dengan sol sempit.

Tekanan hidrostatik adalah kedalaman cairan dan kerapatan cairan mempengaruhi tekanan yang diciptakan cairan. Semakin dalam cairan, semakin besar tekanannya. Semakin tinggi densitas cairan, semakin besar tekanannya.

Tekanan hidrostatik penting dalam desain struktur reservoir seperti bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air. Arsitek kapal selam memperhitungkan tekanan hidrostatik air laut, yang memungkinkan kapal selam tenggelam ratusan meter ke dasar laut tanpa menyebabkan kebocoran atau kerusakan akibat tekanan hidrostatik.

Hukum Archimedes : Jika suatu benda dicelupkan ke dalam zat cair, benda tersebut akan mengalami gaya ke atas sebesar berat zat cair yang dicelupkan benda tersebut.

Pembahasan Dan Contoh Soal Tekanan Zat Padat Kelas 8

Menurut Archimedes, benda yang diukur di air lebih ringan daripada benda yang diukur di udara, karena benda di air menerima gaya ke atas. Benda memiliki berat sebenarnya saat berada di udara. Karena berat fluida yang mendorong atau memindahkan suatu benda:

Hukum Archimedes digunakan sebagai dasar untuk kapal dan kapal selam. Gravitasi (w) dan gaya apung (F) dapat menyebabkan benda terapung atau tenggelam

Jika gaya apung maksimum lebih besar dari berat, benda akan mengapung. Jika gaya apung lebih kecil dari beratnya, benda akan tenggelam.

Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat

Jika gaya apung maksimum sama dengan gaya berat, maka benda terapung. Jika seluruh benda berada di bawah permukaan fluida, gaya maksimumnya adalah gaya apung.

Ayo Belajar Tentang Tekanan Zat Cair

Kapal dapat mengapung karena dapat memindahkan banyak air laut ketika berada di lautan, karena kapal mengalami gaya ke atas yang sama dengan berat kapal. Berikut adalah struktur kapal di dalam air:

Kapal selam dapat terapung, mengapung, dan tenggelam di lautan karena bobot kapal selam dapat bertambah dengan menambahkan air ke lambung dan berkurang dengan membuang air dari lambung. Air laut masuk ke reservoir lambung saat kapal selam akan tenggelam.

Berat kapal selam melebihi gaya ke atas, sehingga kapal selam tenggelam. Untuk menghindari tenggelam, air di lambung kapal dialirkan dari tempat penampungan, sehingga berat kapal selam sama dengan gaya ke atas dan kapal selam mengapung di air.

Saat kapal selam hendak mengapung, air di dalam kapal selam dikeluarkan sehingga volume kapal selam lebih kecil dari gaya ke atas dan kapal selam dapat mengapung. Berikut adalah mekanisme masuk dan keluarnya air dari badan air:

Latihan Soal Tekanan Zat Cair Dan Padat, Simak Caranya Di Video Ini

Hukum Pascal: Tekanan yang diberikan pada fluida dalam ruang tertutup akan disalurkan secara merata ke segala arah. Penerapan hukum Pascal adalah pada pompa hidrolik. Model pompa hidrolik berikut:

Ketika air Enlemeyer ditutup dengan balon karet kemudian dipanaskan, balon karet tersebut akan mengembang. Hal ini terjadi karena partikel gas di dalam enlemeyer mendapatkan panas karena dipanaskan, sehingga partikel gas di dalam enlemeyer bergerak lebih cepat dan mengembang sehingga menimbulkan tekanan yang lebih tinggi.

Tekanan enlemeyer bergerak searah dengan balon, sehingga tekanan di dalam balon lebih besar dari tekanan di luar gas menyebabkan balon mengembang. Berikut gambar balon dan air di Enlemeyer:

Contoh Soal Dan Pembahasan Tekanan Zat Padat

Karena massa jenis udara panas lebih kecil dari massa jenis udara di sekitarnya, balon dapat terbang. Kepadatan balon dikendalikan oleh pilot dengan mengubah suhu udara di dalam balon menggunakan pembakar di bawah ventilasi balon.

Tekanan Zat Padat Iv

Konsep tekanan material juga ada pada makhluk hidup, seperti pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan; Tekanan darah dalam sistem peredaran darah manusia; Tekanan gas dalam proses pernapasan manusia.

Pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan: Pengangkutan air pada tumbuhan disebabkan oleh adanya jaringan xilem. Air tanah diserap oleh rambut akar dan kemudian masuk ke sel epidermis melalui osmosis. Selanjutnya, air mengalir di korteks, endodermis, dan pericycle. Air kemudian bergerak ke xilem akar, xilem batang dan xilem daun.

Di bawah pengaruh gaya kohesi dan adhesi, aksi kapiler batang dapat mengangkut air ke daun dan mengedarkannya ke seluruh tubuh tumbuhan. Kohesi adalah kecenderungan molekul untuk berasosiasi dengan molekul sejenis lainnya. Adhesi adalah kecenderungan molekul untuk berikatan dengan molekul lain yang berbeda.

Air digunakan dalam fotosintesis. Air menguap di dalam daun. Pemberian air pada daun akan menarik daerah xilem sehingga air berpindah dari akar ke daun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *