Ciri Suami Yang Baik Secara Islam Maupun Umumnya

5 min read

suami baik

Islami – Ciri Suami Yang Baik Secara Islam Maupun Umumnya, Setiap lelaki pasti ingin menjadi suami, ya sama seperti saya dulu sebelum menikah. Bahkan pasti menjadi uatu impian saya waktu itu menjadi suami dan ayah yang baik bagi istri dan anak saya.

Namun seiring perjalanan rumah tangga pasti ada saja rintangan yang menghadang. Nah disinilah peran suami diperlukan. karena menurut beberapa riset nih gaes. Lelaki memang diciptakan lebih memiliki kebijaksanaan.

Namun kenyataannya hal tersebut banyak melencengnya. Nah pada artikel yang akan saya tulis kali ini, dan juga merupakan artikel awal dari pada kateogri Islami yang nantinya saya isi tips tips untuk menjadi seorang yang lebih baik, semoga , Amiiiin.

Yuk simak langsung dibawah ini

Menjadi Suami Yang Baik, Apa Saja yang harus dilakukan

Memposisikan Istri sebagai partner, teman bahkan sahabat

suami yang baik

Yap benar sekali istri bukanlah seorang yang ada dibawah posisi suami, namun kalian setara dalam martabat. Namun memang dalam islam Istri wajib lebih menghormati suami.

Namun bukan berarti kamu sebagi seorang suami harus melakukan hal semena – mena terhadap istri atau bahkan tidak menghormatinya. Jadikan istri teman dan partner sehidup semati. Ajak selalu istri untuk berunding tentang apapun itu.

Tahu sendirikan Hawa diciptakan Oleh Allah SWT dari Tulang Rusuk Nabi Adam AS, dimana posisi rusuk ada ditengah tidak di atas ataupun bawah.

Baca juga : 150+ Ucapan Ulang Tahun Untuk Suami Tercinta, Romantis Banget

Suami Jangan Bohongi Istri

Ketika sudah berumah tangga kebohongan adalah salah satu hal yang wajib kamu hindari, banyak data mengatakan bahwa lelaku lebih banyak berbohong dari pada wanita, namun wanita lah yang lebih pandai berbohong dari pada pria hehe. jadi mumet :v.

Intinya siapapun baik suami maupun istri jangan ada kebohongan bersikaplah terbuka, tau gak kalau kamu masih sering ngebohongi istri, itu berarti kamu masih belum bisa disebut suami yang baik loh.

Kepercayaan dalam rumah merupakan peranan penting, seprti sebuah pondasi ketika kepercayaan itu retak maka pondasi rumah juga akan ikut retak. Maka marilah lebih sering berkomunikasi dengan pasangan secara terbuka, hati itu lo merasa adem ayem. Beneran deh.

Tapi kalau bohong ngambil gaji rokok boleh gak yah wkwkwwkwkkw.

Suami Yang Baik Memberikan Nafkah Lahir Dan Batin

Menikah itu tidak hanya tentang menafkahi batinmu saja gaes.Pasti itu nih yang ada di benak kalian wkwkwkwkw. Apa itu nafkah batin, ah masa gak tau ?.

Selain nafkah batin kalian para suami baik wajib menjadi suami bertanggung jawab dengan memberikan nafkah secara lahir.

Yap kamu wajib memberikan istrimu rejeki berupa uang untuk belanja, shopping, dll.

Melakukan hubungan suami istri termasuk menafkahi batin, namun tidak itu saja, perhatianmu terhadap istri, kasih sayangmu juga merupakan nafkah batin ayng tak ternilai harganya.

Pastikan jadi good husband yah minimal bisa beli rumah mewah lah wkwkwkwkwk.

Suami yang Baik di Mata Allah Selalu mengajak Ibadah Anggota keluarga

Sebagai kepala keluarga yakni ayah atau suami, kamu wajib selalu mengingatkan anggota keluargamu yakni istri dan anak, untuk selalu rajin beribadah.

Ketika kalian taat beribadah suasana di dalam rumah tangga waya pastikan pasti adem, pikiran kamu juga pasti adem.

kalau anda sebagai suami belum bisa ngajak jamaah anggota keluarga ke masjid, minimal ajaklah mereka untuk sholat berjamaah dirumah.

Buat yang non muslim nih, pastikan untuk selalu mengingatkan istri dan anak agar rajin datang ke gereja buat yang nasrani, ke pura buat yang hindu, dan ke kuil buat yang Budha.

Hmmpph berarti saya ini masih kurang bagus jadi suami wkwkwkw, masih jarang ngajakin istri untuk berjamaah gaes, jangan ditiru lo ya.

Jangan membentak Istri

Dalam rumah tangga anda akan merasakan proses pembelajaran tanpa henti, baik itu suami ataupun istri, karena pasti akan selalu ada ujian yang datang silih berganti.

Buat kamu sang suami nih, si istri pasti pernah melakukan kesalahan, baik itu fatal atapun tidak. Bagaimana reaksimu sebagai seorang suami yang baik.

JANGAN PERNAH MEMBENTAK ISTRIMU, yah wanita pada intinya adalah mahluk yang lembut dan mudah rapuh, sekali kamu membentak atau memarahinya dia pasti takut atau bahkan melawan, hal ini tentu bisa merusak keharmonisan rumah tangga.

Imam Yang baik untuk istri harus bisa mengontrol emosi, bagaimana menggunakan kata yang tepat untuk menasehati si istri yang telah melakukan kesalahan. Bagaimana bersikap ketika istri bersalah, kamu harus belajar mendinginkan kepala.

Karena kekerasan tidak pernah memberikan solusi.

Pandai menyimpan rahasia rumah tangga

Pernah dengar ungkapan bahwa suami atau istri adalah pakaian dari masing – masing pasangan mereka. Ujaran ini bukan ujaran sebenarnya cuman ungkapan belaka.

Kurang lebih maksudnya itu seperti ini, bahwa Suami dan istri ini wajib saling melindungi, dari hal buruk. Termasuk melindungi rahasia masing – masing, rahasia Istri harus disimpan baik – baik oelh istri dan tidak boleh sampai bocor kepada siapapun sampai ajal datang.

Jangan pernah sekalipun kamu para suami yang baik menyebar aib istrimu meskipun ketika itu kamu sedang bentrok ataupun bersengketa dengan si istri. Ingatlah bahwa anda pasti punya aib yang selalu disimpan baik – baik oleh si istri.

Ajak Selalu istri untuk bermusywarah

Terkadang ada suami yang egois menentukan sesuatu hanya sesuai dengan keinginannya. Tahu gak kalau secara gak langsung kamu sudah menyakiti hati istrimu loh. Namun bisa saya pastikan istri yang punya suami model kaya gini pasti deh hanya bisa memendamnya didalam hati.

Jangan pernah lakukan hal itu. DI poin di atas pernah saya tulsi kan bahwa selalu ajak istri berunding/berdiskusi sekecil apapun masalah yang terjadi ataupun ide yang kamu punya sebagai seorang suami.

Dalam berkeluarga suami memang memiliki kewajiban mengambil keputusan, namun jangan menjadi otoriter jika ingin disebut suami yang baik.

Sering – sering bercanda dengan istri

Hmmmpph buat yang udah lama menikah nih, kapan terakhir kamu pernah bercanda dengan istrimu ?. SEminggu, dua minggu, sebulan yang lalu atau mungkin udah lupa. Haduh kasihan banget istrimu gengs.

Bercanda atau guyonan sangat penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, membuat rumah kelihatan selalu ceria dan cerah. Hal ini juga bisa membantu perkembangan yang bagus bagi pskilogi si kecil loh.

Ketika anda bercanda atau ngomong santai dengan si istri, termasuk memberikan nafkah batin kepadanya, dimana si istri akan merasakan ketenangan hati, karena si suami ternyata masih perhatian.

Simpel tapi powerfull ini, sudah saya buktikan sendiri loh :).

Sesekali berikan kejutan untuk si istri.

suami terbaik

Setelah punya anak, kapan terakhir kali kamu pernah memberikan kejutan kepada sang istri ?. Hmmpph lupa atau malah gak pernah. Seperti mengajak bercanda dengan istri tadi.

Memberikan kejutan yang tepat bagi si istri bakal membuat hatinya berbunga – bunga, meskipun kejutan tersebut hanya hal simpel, seperti memberikan coklat atau membelikan sepatu. Namun efeknya hmmppp bisa – bisa langsung diajak nganu nih hehehe.

Nah di atas adalah ciri – ciri suami yang baik, saya ambil dari beberapa sumber tentu dengan tambahan pengalaman saya sendiri. Jadi Insha Allah poin – poin di atas sudah saya praktekan dan lakukan. Alhamdulilah powerfull banget membuat rumah tangga di rumah jadi makin harmonis :).

Baca juga : 100 Kumpulan Gambar Dan Kata Hari Jumat Dan Malam Jumat Terlengkap

Dalil dan Hadist Untuk menjadi Suami Yang baik

{الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ}

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka” (QS an-Nisaa’: 34).

{وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ}

“Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang ma’ruf” (QS al-Baqarah: 233).

“Hendaknya dia memberi (nafkah untuk) makanan bagi istrinya sebagaimana yang dimakannya, memberi (nafkah untuk) pakaian baginya sebagaimana yang dipakainya, tidak memukul wajahnya, tidak mendokan keburukan baginya (mencelanya), dan tidak memboikotnya kecuali di dalam rumah (saja)” (HR Abu Dawud (no. 2142) dan dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani)

{وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا}

“Dan orang-orang yang berkata: “Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati (kami), dan jadikanlah kami imam (panutan) bagi orang-orang yang bertakwa” (QS al-Furqaan: 74).

Rasulullah juga bersabda, “…Dan tidak mendokan keburukan baginya” (HR Abu Dawud (no. 2142) dan dinyatakan shahih oleh Syaikh al-Albani)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Berwasiatlah untuk berbuat baik kepada kaum wanita, karena sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk (yang bengkok), dan bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atas, maka jika kamu meluruskannya (berarti) kamu mematahkannya, dan kalau kamu membiarkannya maka dia akan terus bemgkok, maka berwasiatlah (untuk berbuat baik) kepada kaum wanita” (HSR al-Bukhari (no. 3153) dan Muslim (no. 1468)

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ}

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu” (QS at-Tahriim:6).

{وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَامًا}

“Dan (hamba-hamba Allah yang beriman adalah) orang-orang yang apabila mereka membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan mereka) di tengah-tengah antara yang demikian” (QS al-Furqaan:67).

Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya (istrinya). Dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluargaku (istriku).”

Termasuk akhlak Nabi Shalallahu ‘alahi wassalam, beliau sangat baik hubungannya dengan para istrinya. Wajahnya senantiasa berseri-seri, suka bersenda gurau dan bercumbu rayu dengan istri, bersikap lembut dan melapangkan mereka dalam hal nafkah serta tertawa bersama istri-istrinya. Sampai-sampai, beliau pernah mengajak ‘Aisyah Ummul Mukminin berlomba, untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang beliau terhadapnya.” (Tafsir Ibnu Katsir, 1/477)

Kumpulan Kata – Kata Romantis Untuk Istri Dari Suami

Aku ingin menciummu dan menjebak kesedihanmu di bibirku, agar tangismu cukup aku yang memilikinya.

Adindaku sayang, biarlah berlian dan emas menjadi tidak ada artinya, dibandingkan keberadaanmu di hidupku. Hanya ucapan terima kasih yang paling mendalam untukmu, karena sudah menjadi seseorang yang berharga dalam hidupku.

Istriku sayang, rindu ini kadang tak bersahabat. Ada saja hal-hal yang buat rindu ini jadi berat.

Engkau ingin tahu dengan siapa aku selalu jatuh cinta? Silakan lihat kata pertama yang kau baca, itulah jawabannya.

Istriku yang cantik, aku menginginkanmu seutuhnya, selamanya, kamu dan aku, setiap hari.

Aku ingin menghabiskan sisa waktu hidupku hanya bersama dirimu, karena ku tahu ada di sampingmu adalah kebahagiaan yang besar untukku.

Bertemu denganmu adalah takdir, menjadi temanmu adalah sebuah pilihan, tetapi jatuh cinta padamu, aku tidak bisa mengendalikannya.

Ada 3 hal yang paling aku sukai di dunia ini, yaitu matahari, bulan dan kamu. Matahari untuk siang hari, Bulan untuk malam hari dan Kamu untuk selamanya di hatiku.

Setiap hari anniversary tiba, Papa selalu menengok ke 12 bulan yang lalu, dan aku tersadar bahwa aku memiliki 12 bulan yang indah yang dilewati denganmu, Mama.

Cinta memang sangat mempesona, mampu mengubah dunia ini dalam sekejap. Sayangku, berikanlah selalu pesonamu agar dapat mencerahkan kehidupan ini.

Istriku yang soleha, jika aku bisa menjadi apapun yang aku inginkan, maka aku hanya ingin menjadi seseorang yang kau cintai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *