5 CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik

0

Triknesia.com – CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik, Halo lama gak ngisi di kategori ini yah gaes, hehehe, gimana lagi malas aja :v. Insha Allah deh nanti walaupun gak terlalu sering saya akan menyempatkan untuk sharing disini. Ya Sebisa Saya aja 🙂 nanti apa yang akan saya share.

Bicara soal CDN untuk para pengguna WordPress khususnya yang selfhosted nih, Cloudflare adalah salah satu cek list yang harus digunakan. Karena layanan cloudflare yang gratis serta fitur yang bejibun membuat kita tergiur untuk menggunakannya.

Salah satu fitur yang menjadi andalan adalah SSL, anti ddos, serta CDN untuk menyimpan file statis di server CF, sehingga memberikan boosting speed loading speed website kamu, dimana google sendiri memang memasukkan loading speed sebagai salah satu cek list untuk masuk blog terbaik di halaman satunya.

Namun masalahnya di Indonesia Cloudflare sering mengalami bentrok dengan salah satu provider plat merah yakni Telkomsel dengan anak perusahaan Indihome serta Kartu internet Telkomsel, kartu As, By.u dll.

Beberapa waktu lalu masalah terulang kembali, para pengguna jaringan internet milik Telkomsel mengalami kesulitan untuk mengakses situs yang menggunakan proxy Cloudflare. TIdak hanya kesulitan bahkan beberapa tidak bisa mengakses sama sekali situs mereka.

Hal ini tentu bikin pusing, tidak hanya para pengguna website, owner website bahkan penyedia hosting semuanya bingung. Baiklah biar gak pada bingung, disini saya akan membagikan alternatif cloudflare yang bisa kalian gunakan, kekurangan dan kelebihannya juga bakal saya jelasin nantinya.

CDN Alternatif Cloudflare Gratis dan Terbaik

PHOTON JETPACK

CDN Alternatif Cloudflare

Siapa yang gak kenal dengan plugin satu ini, salah satu rekomendasi dari pihak wordpress biar dipasang diblognya. Fungsi dari jetpack sendiri cukup banyak, mulai dari share otomatis ke medsos, web statistik, CDN dan juga file minify.

Namun sayangnya jetpack mulai banyak ditinggalkan para publisher atau blogger, karena sudah terlalu bloated atau berat sekali. Karena hanya satu dua fungsi didalamnya yang akan digunakan.

Namun buat kalian yang ingin cari alternatic cloudflare, saya rasa Jetpack masih bisa diandalkan, selain untuk men-CDN kan gambar dengan photon. Fitur yang cukup baru adalah adanya minify file yang katanya juga sudah di simpan di server photon, bagaiman mau coba ?

Kelebihan jetpack : memiliki banyak fitur basic yang dibuthkan para blogger, jadi kamu gak perlu pasang plugin tambahan.
Kekurangan jetpack : berat, belum termasuk DNS.

Baca juga :

Optimole

5 CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik

Optimole ini salah satu anak perusahaan dari Amazon Cloudfront, tahu sendiri kan Amazon perusahaan gede dari US itu. Optimole sendiri bisa kalian gunakan secara gratis. Namun ada sedikit kekurangan yakni optimole hanya menyimpan data gambar, untuk CSS dan JS mereka tidak memberikan layanannya disini.

So Optimole ini khusus untuk CDN Image. Bagaimana performanya ? Dulu saya pernah pakai optimole dan performanya cukup bagus menurut saya. Saya gak trace server mana aja yang dipakai, pokoknya cepet gitu deh hehehe.

Fitur unggulan Optimole :

  • Mengecilkan ukuran gambar secara otomatis ataupun custom, dengan kualitas terbaik untuk websitemu.
  • Compress file gambar
  • Memberikan Watermark di image
  • Convert WEbp
  • Lazyload images

INCAPSULA

5 CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik

Salah satu perusahaan yang udah lama berkecimpung di dunia network bahkan sebelum ada Cloudflare, so incapsula sendiri sudah bisa saya rekomendasikan.

Fitur yang diberikan hampir mirip dengan cloudflare, DNS, Global CDN, DDos protection, load balancing.

Namun untuk pengguna gratis ada batasan atau limited service nya ntah saya lupa berapa GB bandwidht yang mereka berikan selama satu bulan itu.

Statically

5 CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik

Statically alternatif Cloudflare untuk CDN atau penyimpanan data statis. Statically merupakan CDN yang cukup baru berkecimpung. Namun performanya cukup keren, mengingat mereka juga memberikan layanan gratis.

Layanan Gratis Statically meliputi CDN images, JS, CSS. Bahkan JS dan CSS ini sudah include minify. Jadi gak perlu lagi pakai setingan yang rumit untuk minify di autoptimize atau plugin litespeed cache milikmu.

Statically bisa di instal menggunakan plugin resmi mereka atau menambahkan path URL CDN di plugin cache yang kamu gunakan.

Performa Statically cukup bagus ya, karena saya juga menggunakannya di situs ini. Kalian nilai sendiri deh. Namun statically tidak memberikan layanan DNS, kalau ini mah gampang free dns bisa pakai punya CF, namecheap dan beberap perusahaan yang memberikan DNS gratis lainnya diluaran sana banyak kok.

Nanti mungkin setelah saya pindah server dari litespeed ke nginx akan saya coba deh performa plugin dari statically. karena statically yang saya gunakan sekarang masih saya include kan dalam setingan litespeed cache.

Datapath

5 CDN Alternatif Cloudflare Gratis Dan Terbaik

Datapath Seperti Optimole nih namun datapath bukanlah anak perusahaan dari Amazon AWS, namun mereka menggunakan infrastruktur milik AWS. Dengan kontrol network yang bukan kaleng – kaleng, dan latency yang minim serta bandwidht yang stabil.

Datapath bisa menjadi alternatif dari CDN cloudflare. Datapath sendiri sudah mengcustom traffic line yang digunakan AWS yang namanya In Line Shortest past jadi katanya ini lebih kenceng dari AWS.

Kalian bisa menggunakan layanan datapath untuk situs yang trafficnya belum terlalu gede karena untuk gratisannya kalian dikasih 500gb bandwidht perbulannya. Cukup besar menurut saya.

Mau coba ? , mungkin nanti saya akan coba juga ini deh hehehe.

Kesimpulan

Untuk CDN Alternatif Cloudflare yang memiliki fitur sama persis memang incapsula namun sekarang performa incapsula menurut saya kurang bagus. Sedangkan buat kamu yang hanya butuh untuk CDN images bisa menggunakan Photon jetpack, kalau gak mau instal jetpack bisa menambahkan url path jetpack kedalam plugin seperti WP rocket, LScache dll.

Yang mau performa CDN Images + JS + CSS tanpa DNS bisa jajal statically, yang sudah saya coba sendiri. Kalau tau cara setting Statically nanti saya coba deh bikin artikelnya buat kalian. Sekalin untuk DNS free alternatif Cloudflarenya.

Sekian artikel saya kali ini tentang CDN Alternatif Cloudflare , semoga bisa membantu kalian semua yang membutuhkan, terima kasih sudah mampir dan membaca, kalau ada pertanyaan silahkan komen dibawah.

Jangan lupa juga untuk Share artikel ini jika kalian suka, see yaa gaees.

FAQ

Apa Alternatif Cloudflare

Ada banyak namun yang pure gratis tanpa limit sudaha saya sebutkan diatas

Apakah CDN Alternatif Ini Aman

Selama yang saya tahu CDN yang saya sebutkan di atas aman digunakan, karena memang perusahaan besar.

Apakah ada CDN Buatan Indonesia

Ada , Statically adalah CDN yang digarap Putra Indonesia

Kenapa Beberapa CDN nya kok gak include DNS

Karena memang mereka fokus ke layanan CDN, yang butuh DNS bisa menggunakan pihak lain seperti Namecheap, Incapsula dll

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More