Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Polres

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia – Linux adalah sistem operasi gratis yang cukup berguna, Anda tidak perlu membandingkannya dengan Windows karena Windows jelas lebih baik daripada Linux dalam banyak hal. Sekarang kita akan membahas bagaimana jika linux digunakan pada laptop dengan dua vga atau kartu grafis yang bisa seperti windows yang dapat menggunakan dua kartu vga/grafik secara bersamaan.

Jawabannya iya, tapi sebelum bisa digunakan, kita akan mengurus menginstall berbagai driver pendukung yang ukurannya cukup besar, dan semuanya akan lebih mudah jika kita memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.

Polres

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Laptop yang saya gunakan dalam tutorial ini untuk menginstal driver VGA adalah Acer E5-476G dengan spesifikasi singkat sebagai berikut:

Cara Upgrade Vga Laptop Tanpa Bongkar Motherboard, Gampang!

Biasanya kartu grafis intel terdeteksi oleh sistem secara default karena driver grafis intel sudah disediakan oleh linux secara default, untuk kartu grafis lain seperti nvidia linux sebenarnya juga menyediakan driver tetapi karena perangkat lunak open source dan bukan vendor resmi dan tidak diperbarui sehingga hanya dapat mendukung kartu grafis lama.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Sedangkan dalam hal ini saya menggunakan laptop dengan graphics card yang masih tergolong baru yaitu Nvidia Geforce MX150 yang tidak bisa di-boot menggunakan driver bawaan open source untuk Linux.

Ternyata solusi tersebut berasal dari Nvidia sendiri dengan tersedianya driver resmi Nvidia dan merupakan driver universal yang mirip dengan driver Nvidia untuk Windows.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Prosesor Lawas Untuk Gaming, Mampu Menopang Vga Menengah

Sekarang saatnya kita mulai menginstal driver resmi Nvidia, di sini saya menggunakan sistem operasi Linux Mint 18, tetapi karena Linux Mint adalah turunan dari Ubuntu, saya pikir prosedurnya sama jika Anda menginstalnya di Ubuntu dan turunannya. distribusi.

Di Terminal lalu klik Enter, ini akan memperbarui daftar driver grafis terbaru yang dapat diunduh ke server.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Kemudian cari dan buka aplikasi yang bernama driver manager dan pilih salah satu driver Nvidia terbaru berlabel nama yang memiliki angka tertinggi, anda juga bisa menginstall driver Intel terbaru walaupun sepertinya tidak berpengaruh, lalu klik Apply changes.

Bongkar Laptop Tipis Acer Swift 3 (sf314 57), Upgrade Hdd/ssd M.2, Ram? Dan Ganti Baterai

Gambar terminal linux di sebelah kiri (intel) adalah ketika komputer saya menggunakan grafis vga intel hd dan gambar terminal linux di sebelah kanan adalah ketika saya menggunakan vga nvidia mx150. Dalam arti jika penginstalan selesai maka secara otomatis akan beralih ke VGA Nvidia setelah reboot dan ini merupakan tanda bahwa penginstalan driver telah selesai dengan sukses.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Beralih dari kartu grafis Nvidia ke Intel HD sangat mudah karena Nvidia sudah menyediakan perangkat lunak untuk Linux yang disebut Nvidia X Server.

Buka aplikasi lalu pilih menu PRIME Profiles dan ada 2 opsi untuk kartu grafis Anda, Nvidia untuk mode kinerja dan Intel untuk mode penghemat baterai, setelah Anda menentukan pilihan, reboot komputer Anda.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Cara Menambah Vram Pada Pc Dengan Mudah

Jika ada switching otomatis dan manual di windows, entah kenapa di linux tidak bisa, mungkin linux akan memakan waktu lebih lama.

Dan anehnya lagi nvidia sepertinya setengah jalan dalam mengembangkan aplikasi nvidia x server untuk linux karena hanya bekerja dengan nvidia vga dan tidak bisa dibuka kembali dengan intel hd graphics vga jadi kita hanya bisa merubah vga dari nvidia ke intel sedangkan dari Intel di NVIDIA Nvidia X Server tidak dapat melakukannya.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Kira-kira hasil menjalankan kodenya akan seperti gambar di bawah ini, di sebelah kiri adalah peralihan dari driver nvidia ke intel dan di sebelah kanan adalah peralihan dari driver nvidia ke nvidia.

Laptop Gaming Aspire E5 475g, Maksimalkan Pengalaman Gaming Mu

Kalau menurut sobat cara ini terlalu rumit dan memakan waktu lama, saya juga merasakan hal yang sama, tetapi karena Linux gratis dan masih ada vendor yang masih mendukung Linux (Nvidia misalnya), kita harus bersyukur asalkan lebih banyak software. pengembangan di luar sana yang dapat memudahkan kita, bahkan jika itu tidak mungkin, kemungkinan besar akan selalu tertinggal dari sistem operasi Windows.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Untuk membuktikan bahwa kami benar-benar menggunakan VGA Nvidia dan tidak hanya menulis ke terminal, saya akan menggunakan mixer aplikasi 3D open source super lengkap untuk pengujian.

Setelah menggunakan nvidia vga, pilihan perangkat muncul di pengaturan blender untuk perhitungan rumit yang akan dilakukan selama rendering (sekarang kita dapat memilih prosesor atau VGA yang didukung oleh Nvidia CUDA).

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Rtx 3070 Dan 3080 Tak Bisa Lagi Buat Tambang Ethereum

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi animator yang sering melakukan render terutama yang menggunakan mixer di linux, karena dari pengalaman saya sendiri dan review youtube, menggunakan Nvidia CUDA untuk merender akan membuat waktu render lebih cepat dari pada menggunakan CPU, ini benar jika spek VGA sobat mampu mengalahkan prosesor.

Dari hasil yang saya coba di PC saya, perbedaan performa rendering antara Intel Core i5 8250U dan Nvidia MX150 hanya sekitar 10% yang dimenangkan oleh MX150, masih cukup membantu walaupun tidak banyak.

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Itu saja informasi yang bisa saya bagikan, semoga saya tidak bosan berbagi informasi dengan teman-teman semua, jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk berkomentar, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. ternyata banyak pengguna laptop yang belum mengetahui cara mengecek VGA card yang terpasang di laptop.

Cara Mengganti (switch) Vga Di Laptop Dengan Mudah

Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara cek VGA laptop yang sebenarnya sangat mudah :

Cara Ubah Vga Intel Ke Nvidia

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.