Tips

Cara Setting Video Masuk FYP Tiktok Dengan Mudah Dan Runut

Triknesia, Tips – Salah satu media sosial yang tengah naik daun diseluruh dunia, menyaingin Facebook, Instagram dan juga Twitter. Medsos ini berbasis video pendek, adalah tiktok yang mampu merebut hati banyak orang termask di negara kita tercinta Indonesia.

Demam tiktok sudah merajalela mulai muda sampai tua. Karena hiburan di tiktok memiliki berbagai macam kategori, mulai untuk anak islam sampai yang sedikit Museum hahaha.

Para pengguna tiktok ini memang terkenal kreatif didukung dengan berbagai macam filter yang sudah disediakan oleh pihak tiktok. Video di tiktok ini memiliki durasi 15 detik sampai dengan 3 menit.

Kalau kalian sudah sering sekali bermain tiktok atau malahan kalian ini sudah rutin upload video di tiktok, tentunya sudah tak asing dengan yang namanya istilah FYP. Apa sih arti FYP Itu

Apa itu FYP ?

FYP adalah kependekan dari ‘For You Page’, yaitu halaman rekomendasi pada aplikasi TikTok yang akan muncul pertama kali setiap kita membuka aplikasi TikTok.

Pada halaman muka FYP ada banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk ditonton. Melalui halaman ini pula, pengguna bisa menjadi viral di TikTok. Itu sebabnya banyak pengguna yang ingin masuk FYP di TikTok.

Tapi halaman For You di aplikasi TikTok ini berbeda dengan halaman Following ya. Pada halaman Following, ketika seseorang mengikuti akun TikTok orang lain maka video terbaru yang diupload akan muncul pada halaman Following.

Nah kalau halaman FYP, munculnya berdasarkan kepopuleran dan algoritma tertentu, sehingga video apa saja bisa muncul di FYP tidak selalu sesuatu yang menjadi minat kamu.

Cara supaya FYP di TikTok sebenarnya tidak sulit. Namun, kamu tetap perlu melakukan beberapa trik khusus agar video bisa masuk FYP. Nah, berikut ini beberapa cara masuk FYP yang bisa kamu coba.

Cara Supaya FYP Di Tiktok

Untuk bisa muncul pada halaman FYP bisa dibilang tidak mudah, sebab ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dan menjadi kunci sukses sebuah video bisa masuk di halaman FYP dan dilihat oleh lebih banyak orang.

Tapi, ketika suatu video muncul pada halaman tersebut, secara tidak langsung dapat membantu pemilik akun untuk meningkatkan engagement dan interaksi antara sesama pengguna TikTok.

Nah, Pricebook punya kunci sukses yang bisa dicoba agar video kamu masuk FYP. Berikut ini cara masuk FYP TikTok yang bisa kamu jadikan panduan.

  • Upload Video Di jam Ramai Tiktok

Ketika akan membuat dan mengupload konten video TikTok, pastikan untuk memilih jam-jam yang paling ramai, dimana para pengguna TikTok paling aktif. Kamu bisa mulai mengunggah video sesuai dengan jadwal ramai TikTok.

Menurut situs Influencer Marketing Hub, jam ramai TikTok, atau biasa disebut TikTok prime time adalah pada siang hari pukul 12.00 – 13.00 WIB, sore hari pada pukul 16.00 – 17.00 WIB, dan malam hari pada pukul 19.00 – 23.00 WIB. Agar bisa muncul di jam-jam tersebut, kamu harus menjadwalkan waktu upload.

Untuk lebih lengkapnya, berikut Jadwal yang tepat untuk upload video agar muncul di FYP di TikTok saat prime time, yang juga berlaku di Indonesia:

Jam Ramai Tiktok Di Indonesia

Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
Rabu: 11.00 WIB, 19:00 WIB, 20.00 WIB,
Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
Jum’at: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

  • Tulis Caption Menarik
FYP tiktok ok

Caption pada bagian bawah sebuah video harus dibuat menarik. Sebisa mungkin isi dari caption benar-benar mewakili isi video TikTok yang kamu upload.

Sejak bulan November 2021, TikTok meningkatkan jumlah karakter pada caption dari 100 karakter menjadi 300. Ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat caption semenarik mungkin.

Selain itu, untuk memancing interaksi atau komentar dari pengguna lainnya, caption ini bisa berupa pertanyaan. Ini merupakan cara masuk FYP TikTok yang terbilang paling mudah.

Hal ini dilakukan untuk membantu dan memperbesar peluang terjadinya interaksi pada video yang kamu upload tersebut. Dengan banyaknya interaksi, maka otomatis video akan muncul pada halaman For You.

  • Membuat KOnten Yang meningkatkan Interaksi

Cara supaya FYP di TikTok bisa juga dilakukan dengan mencoba untuk membuat sebuah konten yang mampu meningkatkan enggagement antara pembuat content dengan follower. Perhatikan juga kualitas video kamu.

Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan konten yang unik, lucu dan pastinya original. Pastikan kamu membuat para follower merasa puas sekaligus bahagia dan berkenan untuk memberikan komentar yang akan sangat membantu untuk meningkatkan ranking.

  • Melakukan Kolaborasi

Agar akun TokTok kamu semakin dikenal, buatlah konten kolaborasi dengan kreator TikTok lainnnya, bisa berupa video duet, atau melakukan challenge bersama.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan exposure dari video konten yang kamu buat. Bila hasil duetnya menarik, maka akan mendatangkan banyak komentar, apalagi kalau video duet kamu direspon oleh sang kreator yang kamu ajak duet.

  • Mengikuti Tren atau Challenge (tantangan Tiktok)

Selain itu, cara masuk FYP TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu yang sedang tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge TikTok yang dibuat oleh para penggunanya.

Ketika tantangan tersebut menjadi viral, kini saatnya kamu mencoba versi kamu sendiri dan menguploadnya pada akun TikTok. Dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian, kamu bisa meningkatkan traffic sekaligus follower.

  • Gunakan Lagu Yang Sedang Populer
Sound FYP tiktok

Ketika kamu membuat sebuah video, maka cara mudah untuk viral di TikTok bisa dilakukan dengan menggunakan lagu yang sedang hits. Cobalah lakukan editing pada video tersebut sebaik mungkin dengan memasukkan potongan lagu tersebut.

Cara ini bisa sangat efektif untuk membuat video kamu muncul pada halaman For You. Tapi perhatikan juga isi konten video kamu ya, jangan asal saja pakai lagu yang populer.

Karena kalau isi dan lagi tidak sesuai, maka kesempatan video kamu dilihat orang sampai selesai akan kecil sekali.

  • Gunakan Hastag FYP

Cara lain yang bisa dilakukan agar video bisa muncul pada halaman For You adalah dengan menggunakan berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan dengan video milik kamu.

Penggunaan hashtag juga akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage.

Beberapa hashtag ini dipercaya mampu meningkatkan popularitas dari sebuah video.

  • Berinteraksi Dengan Pengguna Tiktok Lain

Sangat disarankan untuk melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa memulainya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang masuk dalam halaman FYP.

Dengan melakukan cara ini, nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru kamu.

  • Gunakan Durasi Video Pendek

Kebanyakan penggunan TikTok lebih menyukai video-video yang durasinya lebih pendek, sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk swipe video lainnya.

Durasi video yang terlalu panjang bisa membuat pengguna TikTok bosan dan langsung swipe video sebelum videonya selesai, sehingga tingkat engagement video kamu berkurang.

Manfaatkan durasi video terpendek yang ada di TikTok untuk memaksimalkan konten video kamu. Gampangnya, singkat, padat, dan jelas.

  • Jangan Gunakan Caption Panjang

Berbeda dengan Instagram atau Facebook, TikTok tidak didesain untuk berbagi esai. Jadi unggahan kalian usahakan captionnya pendek aja. Pendek dan bisa dikolaborasikan dengan tagar yang relavan.

Ada tips membuat caption di TikTok nih. Pertama, buatlah kata atau kalimat yang mengandung pertanyaan atau humor. Bisa juga kata yang membuat orang penasaran untuk menunggu dan mencari unggahan kalian lainnya. Misalnya cukup dengan kata “Part 1”. Dengan kata seperti itu orang pasti penasaran kalian sebenarnya sedang melakukan aktivitas berulang seperti apa.

  • Memahami Follower

Seperti halnya Facebook dan Instagram, TikTok punya menu analytics yang dahsyat. Di sana kalian bisa mendapatkan data apa saja terkait unggahanmu. Nah, pelajari jam-jam di mana unggahanmu banyak dilihat para followersmu.

  • Lokasi

Penggunaan tag lokasi ini konon termasuk salah satu perhitungan algoritma TikTok. TikTok akan merekomendasikan video di menu “For You” kalian lewat video yang dibuat orang-orang yang tak jauh dari posisi kalian saat ini. Istilahnya nih, TikTok menggunakan algoritma berdasarkan proximity atau kedekatan. Jadi jangan lupa tiap posting tag lokasi kalian.

  • Hindari Posting Video yang Terlalu Panjang

Beberapa pengamat menduga salah satu algoritma TikTok juga memperhatikan waktu melihat video. Video yang lihat secara utuh sampai habis, akan lebih berpeluang masuk ke kurasi TikTok agar ditampilkan di menu “For You”. Jadi jangan bikin video terlalu panjang ya. Durasi 15 detik dianggap paling pas di TikTok. Kecuali kalian yakin konten kalian bagus banget, ya maksimal boleh lah 20 detik sampai 30 detik.

Itulah 7 tips agar unggahan kita bisa “menembus” algoritma TikTok. Tapi di samping tujuh hal itu, kunci yang tak kalah penting adalah konsistensi. Percuma kalian menerapkan tujuh hal itu kalau kalian tidak konsisten mengunggah konten-konten berkualitas. Selain itu cobalah membuat konten dengan duet bersama pengguna lain atau temanmu sendiri. Selamat mencoba ya.

Memahami Algoritma FYP Tiktok

Setelah banyaknya spekulasi tentang algoritma FYP TikTok, akhirnya TikTok merilis pernyataan lewat situs resminya. Pernyataan tersebut menjelaskan bagaimana TikTok merekomendasikan video ke dalam For Your Page (FYP) setiap penggunanya.

Halaman FYP TikTok mencerminkan preferensi yang unik untuk setiap pengguna. Sistem akan merekomendasikan konten dengan memberikan ranking video berdasarkan kombinasi berbagai faktor yang mendukung.

Dilansir dari TikTok, rekomendasi video yang masuk dalam FYP dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk hal-hal berikut:

  1. Interaksi pengguna
    Faktor pertama yang mendukung FYP TikTok adalah user interaction atau interaksi pengguna dalam aplikasi. Akun yang kamu ikuti, video-video yang kamu sukai, komentari, dan bagikan akan mempengaruhi konten-konten yang disajikan dalam FYP-mu.
  2. Informasi video
    Hashtag, latar musik, dan caption adalah bentuk informasi video di TikTok yang dapat membantu sebuah konten masuk ke halaman FYP. Menggunakan hashtag atau latar musik yang sedang tren dapat memicu perhatian algoritma TikTok.
  3. Pengaturan akun
    Pengaturan akun juga mempengaruhi algoritma TikTok untuk menampilkan video yang masuk FYP. Pengaturan seperti lokasi, negara, pemilihan bahasa, dan jenis perangkat berperan dalam mengkurasi video-video yang ditampilkan.
Rate this post

Baca Juga :  Istri Gampang Lacak HP Android Suami Lewat Google Maps

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please Turn Off Youre Fucking Adblock bastard