Cara Root Xiaomi Redmi 8/8a Dan Instal TWRP Ada Gcam Serta Custom ROM

By | February 17, 2020
root Xiaomi REdmi 8/8a

Cara Root Xiaomi Redmi 8/8a Dan Instal TWRP Ada Gcam Serta Custom ROM – Root Xiaomi Redmi 8/8a hmmm sepertinya rooting adalah sebuah garam jika megang hape Xiaomi ini, karena you knowlah dev resmi dari Xiaomi sendiri sudah memberikan akses kemudahan buat usernya untuk melakukan unlock bootlaoder.

Lalu buat apa unlock bootloader ini kalau kagak buat ngeroot hape kalian semua gaesss. Karena para opreker android sendiri pasti juga pada tahu, karena Rooting merupakan jalan awal menuju surga atau kalah salah malah masuk neraka wwkwkkw.

Yup balik ke pembahasan gaes, kelemahan dari Xiaomi dan MIUI ini sendiri pasti udah pada tahu, yaitu pada sistem caching, baterai dan sistem manajemen yang cukup buruk menurut saya, bahkan sampai di MIUI 11 penyakit ini belum hilang sepenuhnya. Meskipun lebih bagus dari pada OS serupa pada Merk lain hehe.

Rooting Seri Terbaru seperti Redmi 8/8A bukanlah perkara yang cukup mudah karena menggunakan aplikasi seperti Kingroot ataua framaroot dan sejenisnya tidak akan memberikan hasil maksimal tentunya.

So letw We begin our journey to rooting this HP Xiaomi redmi 8/8a yang masih bergaransi, hehe. Namun perlu di ingat perjalanan kita gak akan pendek dancukup panjang, siapkan rokok, kopi dan cemilan secukupnya.

Namun sebelum masuk ke artikel aslinya ada baiknya kita berkenalan dulu lah dengan Si Xiaomi Redmi 8/8a ini, Biar artikel kelihatan panjang banget wkwwkwkw.

Spesifikasi XIaomi Redmi 8/8A

redmi 8 8a
  • Kamera

Duo Redmi 8 Series ini mengemas kamera yang berbeda. Pasalnya, Redmi 8 tampil dengan konfigurasi dual-camera, yakni 12MP dan 2MP. Adapun, ‘Adiknya’, Redmi 8A hanya dilengkapi dengan single camera sebesar 12MP.

Hal itu juga berpengaruh terhadap fitur pendukung fotografi. Dalam Redmi 8, pengguna bisa memotret objek dengan fitur ‘Bokeh’. Sedangkan, Redmi 8A tak menyediakan fitur itu karena tak memiliki lensa kedalaman sebesar 2MP.

  • Fingerprint

Kali ini, Redmi 8 juga lebih unggul di sisi akse keamanan yang lebih lengkap. Xiaomi menyematkan fingerprint pada panel belakang Redmi 8 di bawah dual-camera. Sayangnya, Redmi 8A belum memiliki pemindai sidik jari tersebut.

  • IR Blaster

Seperti ponsel Xiaomi lainnya, Redmi 8 juga didukung dengan teknologi IR Blaster. Fitur ini memungkinkan bagi pengguna untuk memakainya sebagai remote bagi perangkat elektronik lain. Namun, Xiaomi tak menyematkan IR Blaster di Redmi 8A, sehingga pengguna nantinya tak bisa menggunakannya sebagai remote.

  • RAM dan Penyimpanan Internal

Meski rilis secara bersamaan, serta berada dalam satu segmentasi yang sama, Xiaomi tetap menawarkan konfigurasi memori yang berbeda. Khusus Redmi 8, menawarkan 2 opsi, yakni RAM 3GB/32GB dan RAM 4GB/64GB. Sementara, Redmi 8A hanya tampil dengan 1 konfigurasi lebih rendah, yaitu 2GB/32GB.

Keduanya dilengkapi dengan slot Micro SD yang penyimpanannya bisa ditambah hingga 512GB.

  • Finishing

Keduanya menawarkan 3 opsi warna, namun finishing panel belakang layar berbeda. Redmi 8 dikemas dengan tampilan glossy, sedangkan 8A memiliki matte finish. Jadi, pantulan holografik layaknya tren saat ini hanya dimiliki oleh Redmi 8.

Adapun Redmi 8 Series sama-sama memiliki 3 opsi warna. Untuk Xiaomi Redmi 8 tampil dengan warna Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue. Sedangkan, Redmi 8 tiba dengan opsi warna Midnight Black, Sunset Red, Ocean Blue.

  • Bobot

Kedua ponsel memiliki dimensi sama yakni 156,48×75,41×9,4mm. Namun keduanya berbeda dalam hal berat.

Redmi 8A mempunyai bobot 188g ssmebtara Redmi 8 berbobot 190g.

  • Harga

Untuk harga, tentunya berbeda, berikut daftar harga Redmi 8:

RAM 3GB/32GB dibanderol Rp1.749.000
RAM 4GB/64GB dibanderol Rp1.849.000

Sedangkan, Redmi 8A dibanderol Rp1.449.000 untuk varian RAM 2GB/32GB.

Instal TWRP Redmi 8/8a

Yuk kita bahas bersama bagaimana cara root redmi 8 ini, namun sebelum ngeroot kalian wajib instal TWRP Dulu di perangkat kalian :

Syarat Instal :

Bahan Instal TWRP Redmi 8/8a

Proses Instal TWRP

  • Matikan hape lalu masuk ke fastboot mode. Caranya ketika ponsel mati Tekan tombol POWER + VOL Bawah barengan dan tahan, kalau udah keluar logo kelinci lepaskan.
  • Hubungkan Redmi 8 mu dengan pC menggunakan kabel USB
  • Sekarang pindah ke Komputer kita nih . Masuk ke folder Fastboot, lokasinya sesuai kamu instal tadi kalau default sih letaknya di C:\Program Files\minimal ADB and Fastboot.
  • Diliat apakah file twrp.img dan vbmeta.img sudah ada didalam sini apa blom kelo belom segera kopikan , okaei gaes.
  • Lanjut, Tekan dan tahan tombol shift di PC di area kosong folder tersebut + klik kanan lalu pilih “OPEN COMMAND WINDOW HERE”.
  • Udah keluar jendela CMD Kan, masukkan perintah ini di window cmd tersebut
  • tes koneksi ketik ini “fastboot Devices” enter
  • instal vbmeta.img ketik ini “fastboot flash vbmeta vbmeta.img” enter
  • instal TWRP Ketik perintah ini ” Fastboot flash recovery twrp.img” enter
  • Kalau udah beres semua biasanya ada notif done atau ok di cmd tersebut.
  • Lanjut masuk TWRP via CMD ketikkan perintah ini : “fastboot boot TWRP.img”
Root Xiaomi Redmi 8

Dari Tahapan ini kamu sudah sukses instal TWRP Redmi 8/8A. sekarang kita lanjutkan perjuangan untuk melakukan root Redmi 8/8a kita gaes, guampang kok.

Cara Root Redmi 8/8A via TWRP

Yup melanjutkan proses di atas, seharusnya kalian sudah masuk di TWRP. Kalau sudah silahkan dilanjut prosesna dibawah ini.

  • Pilih instal cari file DM-verity/no-verity yang udah di download tadi.
  • Kalau udah Langsung “SWIPE TO CONFIRM FLASH”
  • Done
  • klik back dan pilih lagi instal.
  • Cari File Magisk root.zip untuk emlakukan proses rootingnya.
  • Udah ketemu file nya “SWIPE TO CONFIRM FLASH”.
  • Setelah itu pilih Reboot to system.

Untuk pertama kali booting biasanya agak lamaan dikit gitu gaes. Jadi sedikit sabar asal gak bootloop pasti bisa booting lagi.

Setelah kalian sukses booting, silahkan instal Magisk_Manager yang udah di download ke ponsel Redmi 8 kalian. Dari sini proses rooting udah berjalan dengan sukses dan sehat wal afiat wkwkwkwk.

Namun Root Redmi 8/8a belum selesai sampai disini gaes, karena saya akan memberikan beberapa hal menarik buat kalian nih. Yakni Instal Gcam Redmi 8 serta Custom ROM redmi 8.. Hmmp gurih sekali kan kalau di web saya ini ini, Satu artikel lengkap dimana lagi.

Kumpulan Custom ROM Redmi 8/8a

Berikut beberapa kumpulan Custom Rom dari Redmi 8/8a , sebisa mungkin kalau ada yang baru akan asya update disini. Dan kalau man teman ada info Custom ROM Baru bisa di info dengan meninggalkan komentar dibawah yaaah.

LineageOS 16.0 Redmi 8

Versi Android : 9.xPie
Kernel : Linux 4.x

Yang berfungsi di ROM Ini :

EGL
Encryption
Camera
RIL (IMS, Calls, VoLTE, SMS, Data)
Wi-Fi
Bluetooth
Video Playback
Audio
Sensors
LED
GPS

Note : Masih ada beberapa bug minor, untuk report bug bisa menggunakan Logcat

Download LineageOS 16.0 Redmi 8 (Developer Sedang mengembangkan lebih lanjut bugnya parah, Update imedietly)

Google Camera Redmi 8/8a Root Dan No Root

root redmi 8 Gcam

Buat yang pengen kamera lebih bening kamu bisa nginstal aplikasi google kamera di perangakt kamu. Dengan beberapa cara dibawah ini.

Syarat : Redmi 8/8a sudah aktif Camera2 API nya, kalau belum silahkan baca Cara aktifkan Camera2 API Redmi 8/8a .

Kalau sudah aktif silahkan download dan instal google Camera APK MOD khusus Redmi 8.

Fitur : –

  • You Are Getting Front Portrait
  • Support For EIS (Electronic Image Stabilization)
  • You Will Get Night Sight Mode Support
  • Slow Motion Video Capturing

GCAM v7.2.014 FOr Redmi 8 No Root

sekian artikel tentang Root Redmi 8/8a beserta panduan instal TWRP serta Gcam , semoga artikelnya bisa membantu sobat semua, kalau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah, akan dijawab kalau saya sedang online ges. See you :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *