Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Mengatur Ruang Penyimpanan Samsung J2 Prime

Cara Mengatur Ruang Penyimpanan Samsung J2 Prime

Cara Mengatur Ruang Penyimpanan Samsung J2 Prime

Samsung J2 Prime adalah salah satu smartphone Android populer di Indonesia. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna Samsung J2 Prime adalah ruang penyimpanannya yang terbatas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime agar tidak cepat penuh.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Salah satunya adalah dengan menghapus file-file yang tidak perlu. File-file yang tidak perlu ini dapat berupa foto, video, musik, atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk menghapus file-file tersebut, pengguna dapat menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

Selain menghapus file-file yang tidak perlu, pengguna juga dapat mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan memindahkan file-file ke kartu memori eksternal. Kartu memori eksternal dapat dibeli secara terpisah dan dipasang pada slot kartu memori yang tersedia di Samsung J2 Prime. Setelah kartu memori eksternal terpasang, pengguna dapat memindahkan file-file dari memori internal ke kartu memori eksternal menggunakan aplikasi pengelola file.

Cara Mengatur Ruang Penyimpanan Samsung J2 Prime

Berikut ini adalah 9 poin penting tentang cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime:

  • Hapus file tidak perlu
  • Pindahkan file ke kartu memori
  • Gunakan aplikasi pengelola file
  • Aktifkan fitur penyimpanan cerdas
  • Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan
  • Hapus data aplikasi yang tidak perlu
  • Gunakan aplikasi penyimpanan cloud
  • Reset pabrik Samsung J2 Prime
  • Gunakan aplikasi pihak ketiga

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime agar tidak cepat penuh dan tetap lancar digunakan.

Hapus File Tidak Perlu

Salah satu cara termudah untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime adalah dengan menghapus file-file yang tidak perlu. File-file yang tidak perlu ini dapat berupa foto, video, musik, atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

  • Foto dan video

    Foto dan video merupakan file yang paling banyak memakan ruang penyimpanan. Untuk menghapus foto dan video yang tidak perlu, Anda dapat menggunakan aplikasi galeri bawaan Samsung J2 Prime. Pilih foto atau video yang ingin dihapus, lalu ketuk tombol “Hapus”.

  • Musik

    Jika Anda memiliki banyak file musik yang tersimpan di Samsung J2 Prime, Anda dapat menghapus file-file musik yang sudah tidak didengarkan lagi. Untuk menghapus file musik, Anda dapat menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan Samsung J2 Prime. Pilih file musik yang ingin dihapus, lalu ketuk tombol “Hapus”.

  • Aplikasi

    Aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi juga dapat memakan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Untuk menghapus aplikasi yang tidak perlu, Anda dapat membuka menu “Pengaturan” > “Aplikasi”. Pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu ketuk tombol “Copot pemasangan”.

  • File lainnya

    Selain foto, video, musik, dan aplikasi, masih banyak file lainnya yang dapat memakan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. File-file tersebut dapat berupa dokumen, arsip, atau file-file lainnya yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Untuk menghapus file-file tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

Dengan menghapus file-file yang tidak perlu, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Pindahkan File ke Kartu Memori

Kartu memori eksternal dapat digunakan untuk memperluas ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Kartu memori eksternal dapat dibeli secara terpisah dan dipasang pada slot kartu memori yang tersedia di Samsung J2 Prime. Setelah kartu memori eksternal terpasang, Anda dapat memindahkan file-file dari memori internal ke kartu memori eksternal menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan file ke kartu memori eksternal:

  1. Buka aplikasi pengelola file.
  2. Pilih file atau folder yang ingin dipindahkan.
  3. Ketuk tombol “Pindahkan” atau “Salin”.
  4. Pilih kartu memori eksternal sebagai tujuan pemindahan atau penyalinan.
  5. Ketuk tombol “Pindahkan” atau “Salin” untuk memulai proses pemindahan atau penyalinan file.

Setelah file-file dipindahkan ke kartu memori eksternal, Anda dapat menghapus file-file tersebut dari memori internal Samsung J2 Prime untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memindahkan file ke kartu memori eksternal:

  • Pindahkan file-file yang besar dan jarang digunakan, seperti foto dan video, ke kartu memori eksternal.
  • Jangan memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal, karena aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik.
  • Pastikan kartu memori eksternal memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menampung file-file yang akan dipindahkan.
  • Cadangkan file-file penting yang tersimpan di kartu memori eksternal secara berkala.

Dengan memindahkan file-file ke kartu memori eksternal, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Gunakan Aplikasi Pengelola File

Aplikasi pengelola file dapat membantu Anda mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan lebih mudah. Aplikasi pengelola file memungkinkan Anda untuk melihat semua file yang tersimpan di Samsung J2 Prime, termasuk file-file yang tersembunyi. Selain itu, aplikasi pengelola file juga memungkinkan Anda untuk menyalin, memindahkan, menghapus, dan mengganti nama file.

  • Jelajahi file

    Aplikasi pengelola file memungkinkan Anda untuk menjelajahi semua file yang tersimpan di Samsung J2 Prime, termasuk file-file yang tersembunyi. Anda dapat mencari file berdasarkan nama, tanggal, atau jenis file.

  • Salin dan pindahkan file

    Aplikasi pengelola file memungkinkan Anda untuk menyalin dan memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain. Anda dapat menyalin atau memindahkan file dari memori internal ke kartu memori eksternal, atau sebaliknya.

  • Hapus file

    Aplikasi pengelola file memungkinkan Anda untuk menghapus file yang tidak perlu dari Samsung J2 Prime. Anda dapat menghapus file satu per satu atau menghapus beberapa file sekaligus.

  • Ganti nama file

    Aplikasi pengelola file memungkinkan Anda untuk mengganti nama file. Anda dapat mengganti nama file agar lebih mudah dikenali atau agar lebih sesuai dengan isi file.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola file, Anda dapat mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan lebih mudah dan efektif.

Aktifkan Fitur Penyimpanan Cerdas

Samsung J2 Prime dilengkapi dengan fitur penyimpanan cerdas yang dapat membantu Anda mengosongkan ruang penyimpanan secara otomatis. Fitur penyimpanan cerdas akan secara otomatis menghapus file-file yang tidak perlu, seperti file-file sementara, file-file log, dan file-file cache.

  • Aktifkan fitur penyimpanan cerdas

    Untuk mengaktifkan fitur penyimpanan cerdas, buka menu “Pengaturan” > “Perawatan perangkat” > “Penyimpanan”. Kemudian, ketuk tombol “Aktifkan penyimpanan cerdas”.

  • Pilih file yang akan dihapus

    Setelah fitur penyimpanan cerdas diaktifkan, Anda dapat memilih jenis file yang akan dihapus secara otomatis. Untuk memilih jenis file yang akan dihapus, ketuk tombol “Pilih file yang akan dihapus”.

  • Hapus file secara otomatis

    Fitur penyimpanan cerdas akan secara otomatis menghapus file-file yang dipilih pada interval waktu tertentu. Anda dapat mengatur interval waktu penghapusan file secara otomatis di menu “Pengaturan penyimpanan cerdas”.

  • Nonaktifkan fitur penyimpanan cerdas

    Jika Anda tidak ingin menggunakan fitur penyimpanan cerdas, Anda dapat menonaktifkannya kapan saja. Untuk menonaktifkan fitur penyimpanan cerdas, buka menu “Pengaturan” > “Perawatan perangkat” > “Penyimpanan”. Kemudian, ketuk tombol “Nonaktifkan penyimpanan cerdas”.

Dengan mengaktifkan fitur penyimpanan cerdas, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime secara otomatis dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat memakan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lambat. Oleh karena itu, penting untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan.

  • Buka menu “Pengaturan”

    Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, buka menu “Pengaturan” di Samsung J2 Prime.

  • Pilih menu “Aplikasi”

    Setelah menu “Pengaturan” terbuka, pilih menu “Aplikasi”.

  • Pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan

    Pada menu “Aplikasi”, pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Ketuk nama aplikasi untuk membuka halaman informasi aplikasi.

  • Ketuk tombol “Nonaktifkan”

    Pada halaman informasi aplikasi, ketuk tombol “Nonaktifkan”. Aplikasi yang dipilih akan dinonaktifkan dan tidak akan memakan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime.

Anda dapat mengaktifkan kembali aplikasi yang telah dinonaktifkan kapan saja. Untuk mengaktifkan kembali aplikasi yang telah dinonaktifkan, buka menu “Pengaturan” > “Aplikasi”. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali dan ketuk tombol “Aktifkan”.

Hapus Data Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi yang terinstal di Samsung J2 Prime dapat menyimpan data sementara, seperti file cache dan data pengguna. Data sementara ini dapat memakan ruang penyimpanan dan membuat Samsung J2 Prime lebih lambat. Oleh karena itu, penting untuk menghapus data aplikasi yang tidak perlu.

  • Buka menu “Pengaturan”

    Untuk menghapus data aplikasi yang tidak perlu, buka menu “Pengaturan” di Samsung J2 Prime.

  • Pilih menu “Aplikasi”

    Setelah menu “Pengaturan” terbuka, pilih menu “Aplikasi”.

  • Pilih aplikasi yang akan dihapus datanya

    Pada menu “Aplikasi”, pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya. Ketuk nama aplikasi untuk membuka halaman informasi aplikasi.

  • Ketuk tombol “Hapus data”

    Pada halaman informasi aplikasi, ketuk tombol “Hapus data”. Data aplikasi yang dipilih akan dihapus dan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime akan bertambah.

Anda dapat menghapus data aplikasi kapan saja. Namun, perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi dapat menyebabkan aplikasi tersebut kehilangan pengaturan dan data pengguna. Oleh karena itu, sebelum menghapus data aplikasi, pastikan Anda telah mencadangkan data aplikasi tersebut.

Gunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Aplikasi penyimpanan cloud memungkinkan Anda untuk menyimpan file-file secara online. Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan mengakses file-file Anda dari mana saja dan kapan saja.

Berikut adalah beberapa aplikasi penyimpanan cloud yang populer:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • Microsoft OneDrive
  • iCloud Drive
  • Mega

Untuk menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah membuat akun, Anda dapat mengunggah file-file Anda ke aplikasi penyimpanan cloud. File-file yang Anda unggah ke aplikasi penyimpanan cloud akan disimpan secara online dan dapat diakses dari perangkat apa pun yang terhubung dengan internet.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan mengakses file-file Anda dari mana saja dan kapan saja. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud menawarkan ruang penyimpanan gratis terbatas. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda dapat membeli ruang penyimpanan tambahan dengan biaya tertentu.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, Anda dapat mengelola ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan lebih mudah dan efektif.

Reset Pabrik Samsung J2 Prime

Reset pabrik adalah salah satu cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan pada Samsung J2 Prime, termasuk file-file, aplikasi, dan akun pengguna. Oleh karena itu, sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Anda telah mencadangkan data-data penting Anda.

  • Matikan Samsung J2 Prime

    Untuk melakukan reset pabrik, pertama-tama matikan Samsung J2 Prime Anda.

  • Tekan tombol Volume Atas, tombol Home, dan tombol Daya secara bersamaan

    Setelah Samsung J2 Prime mati, tekan tombol Volume Atas, tombol Home, dan tombol Daya secara bersamaan. Tahan ketiga tombol tersebut hingga logo Samsung muncul di layar.

  • Pilih menu “Wipe data/factory reset”

    Setelah logo Samsung muncul, gunakan tombol Volume Turun untuk menavigasi ke menu “Wipe data/factory reset”. Kemudian, tekan tombol Daya untuk memilih menu tersebut.

  • Konfirmasi reset pabrik

    Pada layar berikutnya, pilih opsi “Yes — delete all user data”. Kemudian, tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi reset pabrik.

Proses reset pabrik akan memakan waktu beberapa menit. Setelah reset pabrik selesai, Samsung J2 Prime akan secara otomatis restart. Setelah restart, Samsung J2 Prime akan kembali ke pengaturan awal pabrik.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur-fitur bawaan Samsung J2 Prime, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengelola ruang penyimpanan Samsung J2 Prime, seperti:

  • Files by Google
  • CCleaner
  • DiskUsage
  • Storage Analyzer & Cleaner
  • AppMgr III (App 2 SD)

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu Anda menganalisis ruang penyimpanan Samsung J2 Prime, menemukan file-file yang tidak perlu, menghapus file-file yang tidak perlu, dan memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Files by Google untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime:

  1. Instal aplikasi Files by Google dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Files by Google.
  3. Ketuk tombol “Bersihkan” di bagian bawah layar.
  4. Pilih file-file yang ingin dihapus.
  5. Ketuk tombol “Hapus” untuk menghapus file-file yang dipilih.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan lebih mudah dan efektif.

Demikianlah beberapa cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghapus file-file yang tidak perlu di Samsung J2 Prime?
Jawaban: Anda dapat menghapus file-file yang tidak perlu di Samsung J2 Prime menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memindahkan file ke kartu memori eksternal?
Jawaban: Anda dapat memindahkan file ke kartu memori eksternal menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengaktifkan fitur penyimpanan cerdas?
Jawaban: Untuk mengaktifkan fitur penyimpanan cerdas, buka menu “Pengaturan” > “Perawatan perangkat” > “Penyimpanan”. Kemudian, ketuk tombol “Aktifkan penyimpanan cerdas”.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan?
Jawaban: Untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan, buka menu “Pengaturan” > “Aplikasi”. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan ketuk tombol “Nonaktifkan”.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menghapus data aplikasi yang tidak perlu?
Jawaban: Untuk menghapus data aplikasi yang tidak perlu, buka menu “Pengaturan” > “Aplikasi”. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya dan ketuk tombol “Hapus data”.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menggunakan aplikasi penyimpanan cloud?
Jawaban: Untuk menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah membuat akun, Anda dapat mengunggah file-file Anda ke aplikasi penyimpanan cloud. File-file yang Anda unggah ke aplikasi penyimpanan cloud akan disimpan secara online dan dapat diakses dari perangkat apa pun yang terhubung dengan internet.

Pertanyaan 7: Bagaimana cara melakukan reset pabrik Samsung J2 Prime?
Jawaban: Untuk melakukan reset pabrik Samsung J2 Prime, matikan Samsung J2 Prime Anda. Kemudian, tekan tombol Volume Atas, tombol Home, dan tombol Daya secara bersamaan. Tahan ketiga tombol tersebut hingga logo Samsung muncul di layar. Setelah logo Samsung muncul, gunakan tombol Volume Turun untuk menavigasi ke menu “Wipe data/factory reset”. Kemudian, tekan tombol Daya untuk memilih menu tersebut. Pada layar berikutnya, pilih opsi “Yes — delete all user data”. Kemudian, tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi reset pabrik.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Selain mengikuti tips-tips di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengelola ruang penyimpanan Samsung J2 Prime, seperti Files by Google, CCleaner, DiskUsage, Storage Analyzer & Cleaner, dan AppMgr III (App 2 SD).

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime:

1. Gunakan kartu memori eksternal

Kartu memori eksternal dapat digunakan untuk memperluas ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Kartu memori eksternal dapat dibeli secara terpisah dan dipasang pada slot kartu memori yang tersedia di Samsung J2 Prime. Setelah kartu memori eksternal terpasang, Anda dapat memindahkan file-file dari memori internal ke kartu memori eksternal menggunakan aplikasi pengelola file seperti File Manager atau ES File Explorer.

2. Aktifkan fitur penyimpanan cerdas

Fitur penyimpanan cerdas dapat membantu Anda mengosongkan ruang penyimpanan secara otomatis. Fitur penyimpanan cerdas akan secara otomatis menghapus file-file yang tidak perlu, seperti file-file sementara, file-file log, dan file-file cache.

3. Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan dapat memakan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lambat. Oleh karena itu, penting untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan.

4. Hapus data aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang terinstal di Samsung J2 Prime dapat menyimpan data sementara, seperti file cache dan data pengguna. Data sementara ini dapat memakan ruang penyimpanan dan membuat Samsung J2 Prime lebih lambat. Oleh karena itu, penting untuk menghapus data aplikasi yang tidak perlu.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dan membuatnya lebih lancar digunakan.

Conclusion

Dengan mengikuti tips-tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime dengan lebih mudah dan efektif. Beberapa poin penting yang perlu diingat adalah:

  • Gunakan kartu memori eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan Samsung J2 Prime.
  • Aktifkan fitur penyimpanan cerdas untuk mengosongkan ruang penyimpanan secara otomatis.
  • Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan membuat Samsung J2 Prime lebih lancar digunakan.
  • Hapus data aplikasi yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang penyimpanan dan membuat Samsung J2 Prime lebih lancar digunakan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membuat Samsung J2 Prime Anda lebih lancar digunakan dan terhindar dari masalah ruang penyimpanan yang penuh.

Demikianlah artikel tentang cara mengatur ruang penyimpanan Samsung J2 Prime. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Images References :

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *