Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi

Polres

Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi – 2 Cara Bypass Whatsapp Tidak Bisa Pakai Wifi 2 Cara Sign Out atau Hapus Akun Gmail di Android OPPO 2 Cara Download lagu mp3 dari YouTube di Android 3 Langkah Cara keluar grup WA tanpa diketahui anggota lain Download delay di play store? Begini cara mengalahkannya

Setiap komputer atau laptop harus memiliki setidaknya dua port USB. Namun terkadang, meskipun kita sudah memiliki dua port USB, kita masih kekurangan cara yang tepat untuk menghubungkan perangkat eksternal ke laptop. Misalnya, pada saat yang sama kita ingin menghubungkan flash drive, hard disk eksternal, mouse, atau modem.

Polres

Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi

Akan kacau jika hal seperti itu terjadi. Apalagi terkadang meskipun port USB banyak, USB error sering terjadi. Terutama pada colokan atau port USB 3.0. Namun USB 3.0 merupakan port yang memiliki transfer data lebih cepat dibandingkan USB 2.0.

Port Usb Error? Ini Tips Mengatasinya!

Kecelakaan ini sering terjadi setelah kita mengupdate atau menginstal ulang sistem operasi pada laptop atau komputer. Keduanya ada di Windows 7, 8, 8.1 atau 10. Saat ingin mentransfer salinan file, tiba-tiba flashdisk atau hardisk eksternal tidak terbaca.

Saat pertama kali mengujinya, kita mungkin panik karena mengira yang rusak adalah flashdisk atau hardisk eksternal. Mengingat bahwa data yang disalin semua disimpan di hard disk.

Faktanya, masalah USB tidak berfungsi sangat umum setelah menginstal ulang sistem operasi. Hal ini dikarenakan ada beberapa driver yang tidak terinstall atau terdapat kesalahan driver pada sistem. Masalah USB unreadable seperti ini biasanya disertai dengan beberapa kesalahan driver seperti di bawah ini,

Jika akar masalahnya berasal dari driver perangkat, maka solusinya adalah menginstal driver yang dihapus, atau memperbarui driver yang salah. Jika Anda tidak memiliki file driver dari laptop atau komputer Anda, Anda dapat mengunduhnya dari bawah.

Sandisk Ultra Dual Drive M3.0 For Android Devices & Computers, Usb 3.0

Jika file tersebut sudah di download maka harus di extract agar menjadi file di folder biasa seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah masuk ke Control Panel dan pilih menu Hardware and Sound seperti ini,

Kemudian muncul menu Device Manager. Jika ada yang salah dengan port USB, dan biasanya ada masalah dengan port USB, perangkat ditandai dengan tanda seru seperti di bawah ini. Namun terkadang ada juga kasus ketika tidak ada kesalahan pengetikan.

Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi

Selanjutnya, klik kanan pada driver atau perangkat kesalahan, atau Anda dapat mengklik kanan pada perangkat apa pun. Kemudian pilih menu Pembaruan perangkat lunak perangkat.

Apa Fungsi Usb Type C Pada Sebuah Laptop?

Kemudian akan muncul pilih cara memperbarui perangkat. Pilih Browser Komputer Saya untuk daftar driver. Untuk opsi yang biasanya tidak dapat digunakan secara otomatis. Terutama untuk laptop lama.

Kemudian klik Browse untuk menemukan folder dari file yang telah diekstrak sebelumnya. Lokasi folder hanya di folder eksternal, jadi jika ada driver lain yang tidak diinstal, semuanya dapat diinstal. Kemudian klik OK.

Pastikan lokasi file yang ditentukan sudah benar. Kemudian klik Next untuk melanjutkan. Proses pembaruan sedang berlangsung.

Jika file driver cocok dengan laptop atau komputer Anda, driver tidak dikenal yang ditampilkan sebelumnya akan hilang. Dan juga driver USB yang sebelumnya tidak ada, kini terinstal secara otomatis.

Cara Mudah Mengatasi Port Usb Tidak Berfungsi (update)

Untuk memeriksa apakah soket atau port USB berfungsi, kita dapat mencoba memasang mouse atau flash drive di port ini. Jika driver terinstal dengan benar, hasilnya akan seperti berikut.

Ini adalah cara mengatasi masalah USB tidak terbaca di Windows. Terkadang walaupun sudah dicolokkan, ada kalanya USB masih tidak berfungsi. Jika ini terjadi, Anda bisa membawa laptop Anda untuk perawatan. Karena bisa jadi kerusakan tersebut bukan dari softwarenya, melainkan dari perangkat USB itu sendiri. Salah satu hal yang menurut saya penting di PC/Laptop Anda adalah USB post. Bagaimana jika email USB tiba-tiba mengalami masalah seperti tidak terbaca/diurai oleh komputer?

Untuk mengetahui penyebab dari pesan USB unreadable biasanya karena anda tidak menginstal driver saat menginstal ulang, juga driver yang anda gunakan bisa rusak/corrupt dan perlu di update (update driver secara manual).

Cara Memperbaiki Port Usb Laptop Tidak Berfungsi

Selain masalah driver komputer, masalah lain juga bisa terjadi karena kesalahan pada bios, pengaturan sistem operasi (windows) dan lebih buruk lagi, port USB pasti sudah rusak tidak dapat diperbaiki.

Cara Mengganti Kipas Cooling Pad Yang Rusak

Oh ya, alasan lain, bisa jadi karena perangkat yang Anda colokkan ke port USB adalah sumber masalahnya. Oleh karena itu, sebelum Anda menilai bahwa sumber masalahnya berasal dari USB mail, Anda harus memeriksanya terlebih dahulu, seperti mengujinya dengan menghubungkan mouse, keyboard, atau USB flash drive. Jika semuanya tidak dapat dibaca, port mungkin masalahnya.

Cara 1 coba restart dulu komputer anda, terkadang cara ini bisa menjadi solusinya. Namun jika masih belum teratasi, silahkan restart komputer anda lalu enter

Pastikan tidak ada icon yang aneh-aneh di device manager, jika menemukan icon seperti yang saya sebutkan diatas sebaiknya update driver dengan cara klik kanan pada bagian yang terdapat icon tersebut

Jika kedua cara diatas tidak berhasil, coba gunakan software DRPSU (DriverPack Solution), install dan jalankan software tersebut. Program akan secara otomatis mendeteksi driver yang tidak dapat dibaca, klik

Cara Memperbaiki Port Usb Yang Tidak Berfungsi

Jika semua cara diatas masih tidak berhasil, maka kemungkinan port USB komputer anda rusak dari segi hardware, jika hal ini terjadi maka solusinya harus mengganti motherboard, atau jika hanya satu port yang rusak maka abaikan saja. untuk harga Sebuah komputer/laptop masih tergolong mahal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.