Tips

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung Dan Tidak Berputar

Cara memperbaiki kipas angin berdengung – Hai sobat Triknesia, kali ini kita langsung saja mengajak kamu sekalian untuk bisa menyelesaikan masalah perkipasan yang sedang rusak. Ah, rusaknya yang bagaimana sih?

Gas aja langsung dalam pembahasan, yaitu kalau kamu sedang kesulitan memperbaiki kipas yang berdengung keras, dan mengganggu gendang telinga, serta kok jadi tidak berputar? Nah kamu ke tempat yang tepat.

Bearing Kipas Angin Adalah

Sebelum kamu mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi kipas angin yang rusak karena berdengung atau tidak berputar. Ada istilah bearing yang harus kamu kenali, yuk ketahui di sini terlebih dahulu.

Apa sih bearing kipas angin itu? Yaitu sebuah istilah yang digandengnkan dengan dynamo kipas angin. Lebih tepatnya jika kamu menemukan kipas angin yang tidak berputar dan bersuara bising, coba cari masalahnya di sini, apakah gejalanya sama persis?

Identitas kipas angin yang hadapi kehancuran pada bearing bisa diisyarati dari sebagian indikasi. Semacam putaran kipas yang tidak normal, kipas angin berbunyi agresif serta bergetar, ataupun kipas angin macet tidak dapat berbalik sama sekali.

Oleh karena itu, bila kipas angin yang kita miliki timbul kasus semacam itu, periksalah apakan bearing kipas angin masih bagus ataupun tidak. Apabila menciptakan bearing sudah rusak, segeralah ubah beraing kipas angin tersebut supaya bisa wajar kembali.

Tetapi, dalam penggantian bearing pada kipas angin, kita wajib mengerti metode melepas serta memasang bearing tersebut dari as kipas. Supaya tidak terjalin kesalahan yang menimbulkan timbulnya kasus yang lain. Oleh karena itu, pada peluang kali ini hendak membagikan data menimpa metode mengubah bearing pada kipas angin.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Masuk langsung ke langkah-langkahnya ya, daripada berlama-lama. Jadi gini guys, kalau kipasmu kok suaranya bikin telinga menjadi sakit, langsung saja ikuti cara di bawah ini:

1. Bongkar Kerangka Kipas Angin

Langkah ini dapat kalian jalani sendiri di rumah tanpa wajib memanggil teknisi buat membongkarnya. Kalian lumayan lepaskan baut- baut yang mengunci dinamo kipas angin serta yakinkan kipas angin dalam kondisi mati supaya tidak terjalin perihal yang tidak di idamkan.

2. Memandang Penutup Dinamo

Metode membetulkan kipas angin tidak berbalik kanan kiri merupakan memandang penutup dinamo. Tadinya, kalian wajib membuka penutup dinamo, buka bautnya, serta keluarkan stator.

Lakukanlah secara hati- hati, jangan hingga membuat gulungan putus yang membuat kipas anginmu tidak dapat menyala.

3. Temukan Bearing ataupun Bushing Kipas Angin

Metode yang awal merupakan memandang dengan memakai mata ataupun memasukkan as motor ke bearing/ bushing, setelah itu goyangkan ke arah kanan serta ke kiri.

Bila memanglah longgar, hingga bearing telah usang. Lepaskan bearing, setelah itu ubah dengan yang baru. Sehabis itu, pasangkan kembali secara hati- hati.

4. Mensterilkan Kipas Angin

Metode Membetulkan Kipas Angin Tidak Berbalik serta Berdengung( 2)

Langkah ini terkategori gampang serta kalian dapat menanggulangi pemicu kipas angin tidak berbalik, sebab terdapatnya debu ataupun kotoran yang menumpuk.

Triknya, bilas penutup baling- baling dengan air. Bila penutup baling- baling telah terlepas, saatnya buat membersihkannya. Biar lebih gampang, kalian dapat menyiram penutup baling- baling secara merata memakai keran air ataupun shower.

Tekan air pada keran ataupun shower buat membuat debu yang melekat dengan kilat. Tidak hanya itu, kalian dapat membersihkannya dengan spons serta sabun supaya lebih bersih serta higienis. Bila telah, diamkan penutup baling- baling sampai kering secara sempurna.

Sehabis mensterilkan penutup baling- baling, kalian dapat bergeser mensterilkan bagian baling- baling kipas angin. Tahapan ini sangat berarti, sebab debu- debu umumnya hendak menumpuk di bagian ini.

Bila kalian ragu melepas baling- baling kipas angin, lumayan bilas debunya dengan lap ataupun kain basah. Sehabis itu, diamkan sebagian dikala sampai kering sempurna.

Bila dapat mencopotnya, bilas debu dengan sapu kecil ataupun vacuum cleaner. Sehabis itu, siram dengan air serta mencuci memakai sabun pembersih. Saat sebelum dipasang kembali, keringkan baling- baling memakai lap sampai kering.

Sehabis kalian telah mensterilkan kipas angin dengan metode di atas, pasang kembali penutup baling- baling kipas angin dengan hati- hati serta metode membetulkan kipas angin tidak berbalik di atas dapat kalian praktikkan di rumah.

Cara Mengatasi Jika Bos Kipas Angin Milikmu Kekurangan Cairan

Info tambahan, selain cara mengatasi kipas angin yang tidak berputar, dan juga bersuara bising, kamu juga bisa mengetahui info tentang kipas angin yang kehausan, eh apa lagi istilah itu, yuk cekidot:

Pasti saja pertama- tama kita wajib membuka seluruh penutup kipas anginnya mulai dari pelindung baling- baling, cover depan( penutup dinamo depan) serta pula gearbox yang terdapat dibelakang dinamo.

Sehabis seluruh proses memecahkan ataupun membuka yang diatas telah berakhir, hingga lanjutkan dengan memisahkan bagian motor ataupun dinamo dari dudukannya( leher kipas angin). Setelah itu lepaskan keempat bautnya buat mengambil kedua rumah bosnya, serta bila dibutuhkan potong pula kabel yang menuju ke dinamonya, sebab terkadang terdapat sebagian merk yang tidak dapat dilepas langsung kabelnya sehingga wajib memotongnya.

Cek pada kedua bosnya tersebut, umumnya yang kerap rusak merupakan bos bagian depan, tetapi pula tidak menutup mungkin bos bagian balik hadapi kehancuran, akhirnya merupakan kamu wajib melaksanakan penggantian bos yang aus dengan yang baru walaupun wajib mengubah keduanya. Bos baru ini dapat kamu beli ditoko- toko elektronik terdekat di wilayah kamu.

Jangan kurang ingat buat mengecek asnya pula, umumnya hendak terasa terdapat garis- garis yang agresif bila diraba dengan tangan. namun bila tidak sangat parah, ini dapat diatasi dengan metode mengamplasnya dengan amplas luar biasa halus namun amplas sedikit saja sebab metode ini cuma bertujuan buat melenyapkan permukaan agresif ataupun keausan pada asnya, sebab rotor ataupun as yang aus tersebut bila dibiarkan hendak membuat bos yang baru kita ubah hendak turut aus ataupun rusak dikala kipas angin digunakan.

Oke bila kamu telah mengerti bagian bos mana yang butuh ditukar, hingga langsung saja kita jalani penggantiannya dengan membebaskan terlebih dahulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci semacam pada foto berikut.

Kamu wajib berjaga- jaga dikala melepas 3 pengunci ini, pakai obeng min buat membengkokannya sebab pengunci ini rawat patah, bengkokkan dengan berlahan hingga dapat dilepas.

Bila telah hingga lepaslah serta keluarkan bosnya, ingat baik- baik posisi ataupun urutan bagian- bagiannya.

1. Cangkang bos

2. Peredam bos bawah

3. Bos

4. Peredam bos atas

5. Rumah bos

Bilas tiap bagian- bagiannya semacam cangkang, peredam serta bagian yang lain.

Kemudian pasang bos barunya serta urutkan bagian- bagiannya semacam semula. Selaku bonus saja, kamu dapat berikan lem buat menguatkan 3 penguncinya, tetapi senantiasa jalani dengan hati- hati jangan hingga bosnya terserang lem.

Jangan kurang ingat buat berikan pelumas ataupun minyak pelicin pada bos barunya. Butuh diingat jangan memakai pelumas sembarangan misalnya oli sisa ataupun pelumas yang kotor ataupun lengket, sebab itu cuma hendak membuat bos kipas angin kamu jadi seret ataupun macet kembali. Pakai pelumas yang bagus misalnya semacam minyak mesin jahit singer yang aku pakai dibawah ini.

Sehabis bos telah ditukar hingga saat ini tinggal memasang kembali seluruh bagian- bagiannya semacam dinamo, as, gearbox serta sebagian bagian yang lain tercantum pula sambungan kabelnya bila belum terhubung.

Kembalikan seluruhnya semacam sediakala setelah itu colokan steker kipas angin ke sumber listrik serta wusss angin fresh juga bertiup serta menghempaskan seluruh prajurit nyamuk. haha..

Oke bisa jadi lumayan sekian, mudah- mudahan postingan ini dapat menolong serta berguna untuk kamu seluruh, selamat berupaya serta mudah- mudahan sukses. Bila terdapat sebagian persoalan yang mau di informasikan silahkan memakai kotak pendapat dibawah.

Kesimpulan

Jadi, teman-teman sudah tahu kan, apakah itu bearing kipas angin, dan bagaimana cara memperbaiki kipas angin berdengung yang rusak karena tidak mau berputar dan bersuara bising?

Semoga apa yang terangkum di sini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Rate this post

Baca Juga :  Hapus File Others, Penyebab Android Lemot

Nur Chafshoh

Seorang ibu rumah tangga, penulis freelance, dan juga blogger. Kesibukannya gila bareng dengan suami, nulis bareng, dan nangis bareng. Intip blog kami di Alfattah Parenting.com

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please Turn Off Youre Fucking Adblock bastard