Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android

Polres

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android – Tidak berlebihan untuk menobatkan Google sebagai raksasa internet dan teknologi. Perusahaan yang berkantor pusat di California, AS ini disebut-sebut memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Produk utama Google adalah mesin pencari (search engine) yang mengumpulkan berbagai informasi tentang dunia, oleh karena itu sering disebut “Mbah Google”.

Meskipun Google sudah menjadi pemimpin pasar, Google terus berinovasi dan melakukan diversifikasi untuk menciptakan lusinan layanan lain, termasuk layanan pesan elektronik (email) yang disebut Gmail dan layanan penyimpanan file dan folder yang disebut Google Drive.

Polres

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android

Keduanya tergolong layanan Google yang paling populer dan umum, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai pelajar, profesional, dan pebisnis.

Cara Menggunakan Google Drive (upload/file/berbagi)

Terkadang kita mungkin perlu memindahkan email, file, dan folder penting ke akun Google lain. Skenario yang paling umum adalah ketika seorang mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus dari universitas atau seorang karyawan yang ingin berganti pekerjaan,

Biasanya, organisasi tertentu seperti universitas dan perusahaan menawarkan akun Google premium gratis untuk pelajar dan karyawan. Akun Google ini biasanya memiliki kelebihan dibandingkan akun Google biasa, seperti:

Sayangnya, berbagai layanan akun Google premium tersebut tidak bisa digunakan seumur hidup. Batasannya adalah berapa lama kita bertahan di organisasi yang kita tempati saat ini. Kalau kuliah batasnya sampai lulus. Jika Anda berada di perusahaan, batasnya adalah sampai pengunduran diri.

Jangan khawatir, pada postingan kali ini saya akan membagikan cara mudah memindahkan email Gmail dan file Google Drive dari satu akun Google ke akun Google lainnya. Dengan cara yang akan saya jelaskan, Anda tidak perlu mengunduh semua file satu per satu. Hasilnya, Anda menghemat waktu, pikiran, dan tenaga!

Cara Berbagi File Di Google Drive

Nah, nama itu tiba-tiba muncul di benak saya, karena metode ini membutuhkan kuota yang relatif lebih banyak (tergantung ukuran file yang Anda miliki).

Metode pencadangan ini mencakup Google Takeout, layanan milik Google khusus untuk mengekspor atau memindahkan data yang terdapat dalam layanan Google lainnya, seperti:

1. Urutkan email, file, dan folder yang ingin Anda pindahkan ke dalam label (untuk Gmail) dan folder (untuk Google Drive).

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android

3. Di bawah tulisan “Buat ekspor baru” ada tabel yang berisi berbagai layanan Google yang bisa kita backup. Buka saja layanan yang diinginkan (dalam hal ini, buka saja Gmail dan Google Drive).

Cara Mentransfer File Dari Satu Akun Google Drive Ke Yang Lain

4. Klik “Semua data perangkat disertakan”. Centang folder yang berisi dokumen yang ingin Anda pindahkan (berdasarkan poin nomor 1). Lakukan hal yang sama dengan Gmal dengan terlebih dahulu mengklik “Semua data Gmail termasuk”. Jika Anda ingin memindahkan semua file tanpa kecuali, centang opsi “Sertakan semua file dan folder di Drive” dan “Sertakan semua pesan di Mail”.

6. Pilih metode pengiriman (melalui email, Google Drive, Dropbox, OneDrive dan Box), frekuensi (sekali ekspor atau enam kali) dan jenis file (zip, tgz) dan ukuran (1-50 GB). Saran saya pilih via email, satu export, format zip dan 1 GB.

8. Tunggu hingga proses ekspor selesai. Durasi tergantung pada ukuran data yang diekspor. Berdasarkan pengalaman saya, prosesnya cukup cepat untuk ukuran file 5-10 GB. Jika sudah selesai, akan ada notifikasi email masuk beserta link untuk mendownload file backup tersebut.

Keunggulan: kita dapat membackup data dari 47 layanan Google sekaligus. Kekurangan: Email hanya dapat diunduh kemudian diunggah ke Google Drive baru dan tidak dapat dipindahkan ke Gmail baru. Selain itu, cara ini membutuhkan kuota internet yang relatif besar.

Begini Cara Buat Google Drive Yang Cepat Di Smartphone

Masih menggunakan Google Takeout, tapi saya yakin versi ini akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah (terima kasih kembali, Anda bisa berterima kasih kepada saya nanti).

Sebelum itu, ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Meskipun judulnya adalah metode magis, metode ini juga memiliki kekurangan.

Google membatasi penggunaan fitur ini untuk memindahkan konten dari akun Google organisasi ke akun Google lain (bisa akun pribadi atau organisasi). Jika kasing mentransfer file dari akun pribadi, metode ini tidak dapat digunakan.

Cara Memindahkan File Google Drive Ke Akun Lain Di Android

1. Hapus semua email, file, dan folder yang tidak diinginkan. Ini sangat penting karena tidak ada fitur pemilihan folder atau label, sehingga semua file di akun akan terkirim secara otomatis.

Cara Memindahkan Folder Google Drive Ke Akun Lain

3. Masukkan alamat email tujuan yang akan digunakan untuk menerima email dan file yang ditransfer, kemudian klik tombol biru yang disebut “Kirim Kode”.

4. Cek kode verifikasi yang dikirimkan melalui email, lalu masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk mengklik tombol biru yang disebut “Periksa”.

5. Pastikan Gmail dan Google Drive dipilih (ditandai dengan tombol biru di sebelah kanan). Jangan lupa klik tombol “Mulai Transfer”.

Kelebihan: prosesnya sangat mudah, cepat dan hemat kuota Kekurangan: hanya bisa digunakan untuk mentransfer konten akun Google organisasi (bukan akun pribadi). Hanya Gmail dan Google Drive yang dapat dipindahkan juga. Tip: semua email yang berada di bawah semua label akan bermigrasi dengan sempurna seperti pada email lama. Jadi hapus email yang tidak ingin Anda transfer. Catatan: Pindah ke Google Drive hanya menyertakan file dan folder yang “dimiliki” dan “dibagikan” tetapi ditambahkan ke Drive (ditambahkan ke Drive). File bersama yang tidak ditambahkan ke Drive dan file di Google Foto dikecualikan. Hal-hal yang harus dicari saat memindahkan file Google Drive dan Gmail ke akun Google lain

Mengenal Google Drive Dan Kunggulannya

Sebelum Anda melakukan migrasi, pastikan terlebih dahulu bahwa email, file, dan folder yang ingin Anda pindahkan telah diurutkan dan diatur dengan baik dalam label atau folder khusus.

Kalaupun bisa, sebaiknya hapus file yang tidak diperlukan. Hal ini untuk mencegah apa yang terjadi pada saya ketika semua “sampah” diambil sehingga proses transfer memakan waktu lebih lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.