Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Cara Membuat Postingan atau Artikel Baru Pada WordPress | Belajar WordPress Step by Step

2 min read

Belajar Cara Post Wordpress

Belajar WordPress – Cara Membuat Postingan atau Artikel Baru Pada WordPress, Setelah sekian lama tidka menulis soal masalah blogging nih, ada baiknya saya start dari awal tadi, Belajar blogger tentang apa nih ?. hmm karena ane pakek wordpress jadi ya belajar dari awal soal WordPress gaes. Saya anggap kalian sudah punya WordPress Gratis. Kalau belum punya lu bisa mampir di artikel Saya yang ini Cara membuat Blog WordPress Gratis.

Belajar WordPress segera dimulai, kamu masuk dulu ke dashboard. Nah setelah berhasil masuk gas deh klik aja kolom tambahkan Pos Baru. (Saya akan membahas baik menggunakan Classic Editor maupun Gutenberg) .

Cara Membuat Postingan Pada WordPress

Membuat Postingan Dengan Classic Editor dan gutenberg

Meskipun sejak wordpress seri 5.0 ke atas, wordpress merekomendasikan penggunaan gutenberg karena lebih luwes dan keren. Namun beberapa orang masih memilih untuk menggunakan Classic Editor, dimana biasanya kamu harus mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu gaes. Kalau Sudah ane lanjut nih.

Baca juga : 2 Cara Mudah Instal WordPress Untuk Pemula, Pro Dilarang Masuk

Membuat Judul Pos

Setelah kamu klik tambahkan post baru tadi, kamu isi judul yang ingin kamu gunakan pada artikel. Buatlah judul yang singkat, padat dan menarik untuk google maupun manusia.

Membuat Isi Konten

Setelah selesai membuat judul kamu bisa lanjut untuk menuliskan artikel. DIbawah kolom judul disana ada kolom cukup lebar yang merupakan lokasi menulis teks. SElain teks kamu juga bisa menyisipkan gambar, internal / eksternal link, bahkan embed video.

belajar wordpress

Menghubungkan / Menambahkan Kategori

Jika sebelumnya kamu sudah pernah mengelola bagian kategori di menu post set. Maka pada kolom kategori sudah ada beberapa kategori yang siap kamu pilih. Seperti artikel saya ini masuk pada kategori “Belajar WordPress”.

Namun jika kamu belum pernah mengelola bagian kategori, lu juga bisa nambahin lewat sini, caranya lihat gambar dibawah ini :

Cara Membuat Postingan

Fungsi kategori ini untuk mengelompokkan artikel atau postingan yang sama. misal nih kategori adventure nanti membahas tentang petualangan, kategori traveling nanti didalam kategori tersebut isinya ngebahas soal traveling doank. jadi kedepannya kamu gak perlu bikin kategori baru lagi cukup ceklist kategori yang sudah kamu gunakan sebelumnya.

Menambahkan Pos Tag Pada WordPress

Nah kalau fungsi kategori ini adalah mengelompokka artikel dengan topik yang sama, kalau tag fungsinya hampir sama nih, namun bisa lebih luas. Kamu bisa menghubungkan/mengelompokkan artikel beda kategori lewat tag ini.

Cara menambahkan Tag pada WordPress cukup mudah, kamu tinggal mengisikan tag yang kamu inginkan dan terorganisir di kolom tag, ingat satu atau dua kata saja dan jika ada beberapa tag dipisahkan dengan tanda “koma”.

Menambahkan Gambar Unggulan / Featured Images.

Featured Images atau gambar unggulan ini fungsinya untuk memunculkan gambar di di paling atas sendiri, dan biasanya bakalan muncul sebagai thumbnail. Gambar ini sangat penting fungsinya karena bisa memancing para calon pengunjung untuk ngeklik link post mu ketika ngeshare di media sosial.

So selain judul yang keren kamu juga harus bisa membuat gambar unggulan sekeren dan sebagus mungkin.

Menambahkan Gambar di Tengah Artikel

Setelah bisa menambahkan gambar unggulan, di tengah artikel juga diperlukan gambar penunjang, biar para pembaca tidak bosan atau terlalu monoton membacanya. Bahkan untuk artikel tutorial seperti ini gambar penunjang sangat diperlukan, agar lebih jelas dan mudah dimengerti.

Menambahkan gambar ini cukup mudah kok, pas kan kursor pada paragraf atau area yang ingin kamu selipin gambar, lihat gambar dibawah :

Nah setelah itu klik Tambahkan media di atas kolom ketik teks ini ya gaes. Pilih tab unggah berkas, nah kamu sekarang pilih sendiri gambar mana yang mau kamu gunakan.

Iya selesai gitu doank kok hehe. Mudah banget kan.

Baca juga :

Cara Membuat Postingan atau artikel baru di WordPress ini semoga bisa membantu kamu belajar wordpress. Untuk artikel kedepannya akan saya bahas yang lainnya lagi tentu saja soal wordpress. SO tunggu saja, kalau ada pertanyaan dan tambahan mungkin nih, bisa komen aja dibawah. terima kasih sudah membaca, jangan lupa share ya gaesss. Sampai jumpa lagi.

Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *