Literasi

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Cara Gampang!

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Cara Gampang!
Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Cara Gampang! 1

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca – Membuat novel, bercerita di dalam tulisan dengan penuh konsentrasi dan bisa membuat pembaca menjadi terpukau. Entah itu karena ceritanya yang mengesankan, atau malah penulisannya yang membuat pembaca menjadi terbius.

Adapun langkah-langkah yang ada di bawah ini merupakan tulisan yang akan berpart part, nah trik di bawah masih bagian 1 guys, jadi jangan menyerah buat belajar menulis novel.

1.     Carilah Inspirasi Terlebih Dahulu, Bebaskan Pikiran Berimajinasi

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah memposisikan diri sebagai penulis atau pengarang novel yang andal. Penulis novel akan merasa dirinya bisa memikirkan sesuatu yang di luar nalar, ide-ide akan keluar dengan sendirinya, jika kita melepas pikiran dengan bebas, oh iya, ingat ya, idea tau ilham datangnya tiba-tiba.

Saat itu kamu bisa membekali diri dengan notes untuk mencatat apa yang keluar dari kepala. Hal ini biar apa yang mengalir dengan sendirinya, bisa tercatat, dan tidak sampai lupa. Karena apapun inspirasi, sangatlah berharga. Notes, bisa dengan catatan digital saja atau handphone.

Inspirasi bisa datang dari mana saja, tanpa ditunggu. Dari mana pun sumbernya, misalnya aktivitas sehari-hari, saat nemu ide, jangan lupa bawa catatan. Saat kamu sedang melihat banyak hal, bahkan menikmati novel atau sedang menonton tv, bisa sambil bawa catatan.

2.     Amati Catatan itu, Lalu Cari Genre yang Cocok

Saat hendak mengamati genre yang cocok, Anda harus meyakini bahwa tidak ada genre yang sama persis atau selaras dengan keinginan Anda. Karena terkadang kita mau nembak genre yang ini, ternyata ada kecenderungan ke yang lain, untuk penemuan perkembangan ini, silahkan dicatat.

Jadi tidak langsung menolak atau menerima, namun dipertimbangkan lagi dipikirkan lagi, sekiranya genre itu bagusan yang mana, tapi jangan lupa ya, tetap fokus ke tujuan awal, jika Anda sudah punya gambaran premis.

Bayangkan, premis yang ingin Anda tulis itu tentang apa. Btw, sebenarnya belum masuk ke tahapan premis sih. Apa sih itu premis? Nanti akan dibahas di bawah ini. Yang pasti, biasanya kalau mau nulis novel, sudah terpancing ingin nulis novel dengan tema dan premis yang bagaimana.

3.     Bayangkan Sasaran Pembaca Novel Kalian

Genre sudah ditentukan, Anda juga harus tahu, kira-kira kita mau sasar pembaca yang mana. misalnya anak muda, atau adult. Bisa juga pembaca dewasa, yang biasanya kisah romatika kehidupan. Atau malah pengin nulis dengan sasaran pembaca anak-anak.

Kalau anak-anak, saya sarankan tidak menulis dengan tulisan yang sulit dipahami. Dalam kata lain, bahasanya sederhana saja, begitu juga akan mempengaruhi tema yang mau kita ambil, jika mau sasaran anak-anak.

Bahkan dengan sasaran pembaca yang mau Anda ambil nantinya, juga akan mempengaruhi berapa halaman yang mau Anda tulis.

4.     Kemabangkan Latar secara Luas serta Memikat

Setelah tahu, kira-kira kita mau mengambil genre, sasaran pembaca, kita juga harus memikirkan tentang sebuah latar, baik itu latar tempat atau waktu. Di mana suasana akan bisa kita bangun dengan baik, kalau tahu banget dan menguasai latar yang akan diceritakan.

Apalagi, jika Anda punya pengalaman pernah tinggal atau hanya sekadar berkunjung ke luar negeri. Sebuah latar yang jarang diceritakan orang, karena di mana tidak semua orang punya kesempatan untuk datang ke luar negeri.

Jadi saatnya Anda beraksi dan menceritakan pengalaman Anda dengan balutan cerita yang keren, hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca, dan membuat penasaran orang lain.

Tidak hanya latar tempat sih, Anda juga bisa menunjukkan latar waktu yang membuat megap para pembaca. Misalnya latar waktu di malam hari, dan Anda ingin bercerita dengan genre horror, pasti kebayang kan, kita akan bercerita yang seram-seram.

Trik membuat novel yang ada di sini, juga merupakan kelanjutan artikel yang pernah saya tulis, yaitu mengenai Informasi 7 Platform Menulis yang dibayar, tentu trik ini bisa Anda aplikasikan di sana kan? Supaya Anda bisa menghasilkan cuan dengan cepat.

5.     Buat Diskusi Realistis

Sudah punya gambaran tentang latar, sasaran pembaca, bahkan sudah menemukan genrenya, Anda bisa menggali lagi pikiran pembaca dan apa yang ada di lingkungan sekitar Anda. Jadi apa yang akan Anda ceritakan tidak sampai terpeleset dan malah membuat pembaca menjadi asing.

Ini namanya menggali realita lingkungan yang ingin diceritakan, harus lakukan riset dan kroscek. Emang sih untuk membuat naskan novel yang sekadar saja, bisa cepat. Namun agar pembaca tidak kabur karena cerita yang Anda tulis hambar, harus melakukan riset yang lebih dalam.

Pekerjaan ini sebenarnya santai tapi pasti, apalagi jika Anda memang suka menulis, sudah pasti bisa menikmati proses menulis yang uwuw banget.

Lalu apa kabar penulis platform online? Jangan salah, penulis seperti mereka, bisa menulis cepat karena sebelumnya sudah punya konsepan yang matang. Mereka hanya mengikuti outline yang telah dibuatnya sendiri, dengan riset sendiri, maupun melakukan kegiatan diskusi.

6.     Jangan Abaikan Adegan Aksi

Sebuah aksi atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang tokoh maupun tokoh yang lain, juga harus menjadi catatan penting saat hendak ditulis menjadi sebuah novel. Karena aksi ini nanti yang akan bercerita sendiri tanpa harus ditulis secara langsung oleh penulis novelnya.

Bisa dikatakan, aksi adalah menulis atau bercerita melalui adegan yang sedang dilakukan oleh tokoh. Di mana aksi akan diselaraskan juga dengan watak serta sifat yang dimiliki tokoh. Nanti di aksi, akan ditulis rancangan melalui outline yang dibuat.

Oh iya, untuk aksi, biasanya ada tatacara penulisan tersendiri. Di mana saat ingin menampakkan aksi, harus ada alibi atau alasan tertentu, seorang tokoh melakukan itu. Jadi Anda harus jeli saat pembuatan outline ya nanti.

7.     Konsep Awal Novel

Pada part artikel kali ini, kita cukupkan pada penjelasan hingga ke 7 saja ya, biar Anda bisa membaca dan memahami cara membuat novel yang menarik untuk dibaca dengan cara mudah, namun prosesnya panjang sekali.

Yaitu kita akan membahas tentang konsep tulisan dini (di awal atau rancangan awal novel). Kita masih jauh belum membahas siapa saja yang ingin dijadikan tokoh. Nah di konsep ini, kita rangkum kembali apa saja yang didapat hasil dari mengamati atau melakukan langkah-langkah di atas.

Bisa dikatakan Anda sedang menulis hal-hal yang menarik apa sajakah yang ingin ditulis, lalu genre apa yang ingin ditulis, dan sudah memastikan kebenaran dari latar serta keinginan pembaca. Jadi masih rangkaian awal saja.

Nah baru setelah konsep awal selesai, akan ada tahap yang lebih menantang, baca terus di sesi kedua artikel ini. Itu dia beberapa cara membuat novel yang menarik untuk dibaca, semoga Anda bisa memahami tulisan sederhana ini, jangan lupa nyambung ke tulisan berikutnya.

Baca Juga :  Aplikasi Menulis Puisi Dibayar, Saatnya Kita Berkarya Tanpa Batas!

Nur Chafshoh

Seorang ibu rumah tangga, penulis freelance, dan juga blogger. Kesibukannya gila bareng dengan suami, nulis bareng, dan nangis bareng. Intip blog kami di Alfattah Parenting.com
Back to top button

Adblock Detected

Please Turn Off Youre Fucking Adblock bastard