Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Bagian 2

Polres

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca – Tips menulis novel yang mudah dengan kerangka sederhana, artikel ini memang sengaja saya suguhkan untuk teman-teman Triknesia yang ingin bisa cepat menulis. Tetapi karena ini novel, memang harus mengikuti proses belajar yang agak rumit.

Namun bagi Anda yang pemula, yuk dicoba dengan belajar membuat gambaran Novel dengan bahan dasar yang akan saya suguhkan, semua pemula sebenarnya wajb bisa ini ya guys, biar tulisan Anda tidak melebar ke mana-mana.

Polres

Apa saja yang harus dikuasai? Trik kemarin di judul Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Bagian 1, harus Anda ublek-ublek dulu ya gengs. Kalau sudah, bisa langsung ke tahap ini, di mana Anda harus bikin premis, bulrb, sinopsis, dan karakter tokoh.

Langkah Langkah Membuat Novel Bagi Pemula? Apa Saja yang Perlu disiapkan?

Sudah saatnya kita mencoba melakukan yang terbaik, membuat karya apik yang enak dibaca dan dinikmati oleh pencinta literasi ataupun buku-buku yang sudah Anda ciptakan. Tetapi, masalahnya, bagaimana dengan para pemula yang ingin membuat karya, jika tidak punya pedoman cara bikinnya?

Nah ikuti langkah dasar apa saja yang harus dibikin sebelum membuat Novel:

1. Buatlah Premis Terlebih Dahulu

Hal yang pertama, yang harus Anda buat adalah tentang premis atau garis besar cerita di dalam novel Anda. Bagi pemula, pasti belum tahu kan, apa itu premis? Intinya, premis adalah inti dari yang ingin Anda ceritakan.

Biasanya premis isinya adalah tujuan dalam cerita, halangan, serta resolusi. Kalau saya yang bikin seperti itu, mengulas konflik, namun ada urutannya, jadi harus ada 3 unsur itu agar Anda bisa menunjukkan konflik dan penyelesaiannya.

Untuk penulisan premis, harus singkat, jelas dan padat. Tidak perlu bahasa yang bertele-tele guys.

2. Blurb untuk Menarik Minat Pembaca

Blurb ini sangat penting banget buat menarik minat pembaca. Apa sih blurb itu? Sebuah ulasan yang berada di belakang cover buku atau novel, denga tujuan agar pembaca minimal melirik, dan tentunya tertarik untuk membuka novel yang Anda bikin.

Anda pun harus bisa membius pembaca atau paling tidak, membuat pembaca penasaran dengan karya Anda. Jadi dibikinnya harus didahulukan, selain tujuannya menarik pembaca, kalau bikinnya setelah premis, nanti akan bermanfaat juga mencari sisi menariknya atau uniknya yang ada di novel Anda.

Untuk membuat blurb, bisa dengan cara mencari kutipan percakapan yang lucu, atau langsung saja menuliskan inti kisah dari cerita ini namun jangan keseluruhan ya, jadi hanya sekilas saja, tanpa harus Anda bocorkan solusi permasalahan dalam cerita novel tersebut.

Contoh membuat novel dengan blurb yang menarik, ada di karya novel-novel best seller guys. Langsung saja cari novel terkenal di google, lalu lihat belakang sampulnya, nah di situ ada blurbnya.

3. Sinopsis, atau Rangkuman Cerita yang Anda Ingin Buat

Polres

8 Cara Belajar Menulis Artikel, Cara Gampang Bikin Artikel…

Belajar menulis artikel –Kawan Triknesia, merangkai kata demi menyusun banyak kalimat supaya gampang dipahami pembaca, bagi pemula memang tidak mudah. Mangkanya, ada trik atau...
Triknesia
3 min read

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Cara Gampang!

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca – Membuat novel, bercerita di dalam tulisan dengan penuh konsentrasi dan bisa membuat pembaca menjadi terpukau. Entah...
Triknesia
3 min read

7 Platform Menulis yang Dibayar, Jenis Novel!

Platform menulis yang dibayar – Sekarang ini lagi marak banget, novel-novel yang bisa menghasilkan cuan dengan biaya bayaran yang cukup fantastis jika Anda adalah...
Triknesia
2 min read