Literasi

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Bagian 2

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca – Tips menulis novel yang mudah dengan kerangka sederhana, artikel ini memang sengaja saya suguhkan untuk teman-teman Triknesia yang ingin bisa cepat menulis. Tetapi karena ini novel, memang harus mengikuti proses belajar yang agak rumit.

Namun bagi Anda yang pemula, yuk dicoba dengan belajar membuat gambaran Novel dengan bahan dasar yang akan saya suguhkan, semua pemula sebenarnya wajb bisa ini ya guys, biar tulisan Anda tidak melebar ke mana-mana.

Apa saja yang harus dikuasai? Trik kemarin di judul Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Bagian 1, harus Anda ublek-ublek dulu ya gengs. Kalau sudah, bisa langsung ke tahap ini, di mana Anda harus bikin premis, bulrb, sinopsis, dan karakter tokoh.

Langkah Langkah Membuat Novel Bagi Pemula? Apa Saja yang Perlu disiapkan?

Sudah saatnya kita mencoba melakukan yang terbaik, membuat karya apik yang enak dibaca dan dinikmati oleh pencinta literasi ataupun buku-buku yang sudah Anda ciptakan. Tetapi, masalahnya, bagaimana dengan para pemula yang ingin membuat karya, jika tidak punya pedoman cara bikinnya?

Nah ikuti langkah dasar apa saja yang harus dibikin sebelum membuat Novel:

1. Buatlah Premis Terlebih Dahulu

Hal yang pertama, yang harus Anda buat adalah tentang premis atau garis besar cerita di dalam novel Anda. Bagi pemula, pasti belum tahu kan, apa itu premis? Intinya, premis adalah inti dari yang ingin Anda ceritakan.

Biasanya premis isinya adalah tujuan dalam cerita, halangan, serta resolusi. Kalau saya yang bikin seperti itu, mengulas konflik, namun ada urutannya, jadi harus ada 3 unsur itu agar Anda bisa menunjukkan konflik dan penyelesaiannya.

Untuk penulisan premis, harus singkat, jelas dan padat. Tidak perlu bahasa yang bertele-tele guys.

2. Blurb untuk Menarik Minat Pembaca

Blurb ini sangat penting banget buat menarik minat pembaca. Apa sih blurb itu? Sebuah ulasan yang berada di belakang cover buku atau novel, denga tujuan agar pembaca minimal melirik, dan tentunya tertarik untuk membuka novel yang Anda bikin.

Anda pun harus bisa membius pembaca atau paling tidak, membuat pembaca penasaran dengan karya Anda. Jadi dibikinnya harus didahulukan, selain tujuannya menarik pembaca, kalau bikinnya setelah premis, nanti akan bermanfaat juga mencari sisi menariknya atau uniknya yang ada di novel Anda.

Untuk membuat blurb, bisa dengan cara mencari kutipan percakapan yang lucu, atau langsung saja menuliskan inti kisah dari cerita ini namun jangan keseluruhan ya, jadi hanya sekilas saja, tanpa harus Anda bocorkan solusi permasalahan dalam cerita novel tersebut.

Contoh membuat novel dengan blurb yang menarik, ada di karya novel-novel best seller guys. Langsung saja cari novel terkenal di google, lalu lihat belakang sampulnya, nah di situ ada blurbnya.

3. Sinopsis, atau Rangkuman Cerita yang Anda Ingin Buat

Setelah blurb selesai, langsung saja ke sinopsis. Kalau blurb tadi, Anda hanya menuliskan sisi unik atau inti novel tanpa membeberkan solusi atau andingnya, sinopsis kebalikannya. Ia merupakan rangkuman yang harus Anda tulis, semua isi novel ya, baik dari permasalahan awal, hingga resolusinya.

Seperti yang diketahui banyak orang, bahwa novel itu terdiri dari banyak halaman. Namun Anda harus tahu permintaan pembuatan novel ya guys, berapa kata dalam 1 bab novel? Itu tergantung permintaan atau tujuan pembuatan novel.

Misalnya, Anda ingin menulis novel untuk keperluan novel pribadi, ya, itu sih bebas berapa kata. Cuman kalau untuk keperluan platform online, sesuaikan dengan permintaan atau aturan platform. Misalnya saja, untuk Fizzo yang paket eksklusif, di sana akan dituntut dalam 1 novel minimal 150 ribu kata guys.

Maka jika dijumlah, paling enggak 1 babnya itu minimal 1000 kata, bahkan lebih baik dilebihkan, karena antisipasi bab-bab berikutnya, biasanya menulis itu tergantung mood soalnya.

Lah itu kalau per bab, atau keseluruhan novel kan ya? Nah kalau untuk sinopsis sendiri bagaimana? Sinopsis ini hanya rangkuman, paling enggak 1 lembar lah guys, semuanya harus terangkum ya, tapi singkat-singkat saja.

4. Harus Nyiapin Karakter Tokoh

Apa yang membuat sebuah novel menarik untuk dibaca? Biasanya karena banyak hal termasuk keunikan karakter tokoh. Misalnya saja Anda ingin membuat karya novel yang bergenre horror namun lucu, nah Anda bisa bebas untuk mengolah kelucuannya, dengan cara menghadirkan tokoh yang berkarakter lucu.

Tema dalam novel apa saja? Kalau saya beberkan satu per satu mah kayaknya banyak banget bahas tema. Yang penting Anda tahu, apa tema besar yang ingin Anda angkat saat ini. Tema juga akan sangat berpengaruh terhadap penyiapan karakter tokoh loh.

Coba dibayangkan, tema yang ingin Anda ambil tentang kesedihan seseorang yang telah ditinggal oleh kekasihnya, eh malah mau memunculkan karkater tokoh yang cengengesan, jadinya kan nggak sedih, haha.

Sudah ah, kayaknya cukup deh penjelasannya. Lumayan panjang.

Kesimpulan, Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca

Habis nulis cara membuat novel yang menarik untuk dibaca pada bagian 1, sekarang berlanjut menuliskan bagian 2 nya. Kesimpulannya pun ada di sini, bagi teman-teman yang ingin membuat karya novel yang tidak biasa, harus memunculkan ide yang tidak biasa juga.

Perlu digaris bawahi, ide yang tidak biasa itu bukan berarti ia merupakan karya yang keluar dari hal logis ya, lah bagaimana dengan karya novel fantasi, seperti tokoh kartun? Anda tetap perlu masuk ke dunia anak-anak dan mencari hal yang anak-anak anggap itu logis haha.

Maksudnya di sini, tetap harus ada riset langsung ke dunia yang mau Anda sasar. Misalnya ingin mengangkat tema percintaan dengan sasaran anak muda, ya silahkan riset dahulu, bahkan ada yang sampai bikin wawancara dengan sebagian anak muda, atau bisa sambil membayangkan saat Anda muda dulu, wah asyik nih jadi kembali muda, haha.

Ya itu catatan yang kemarin kan ya, riset dulu pokoknya, nah yang di bagian ini, langsung eksekusi, langsung sat set bikin premis, blurb, sinopsis, dan karakter tokoh. Empat langkah itu sebenarnya cukup. Namun jika Anda langsung ingin eksekusi dan cepet garapnya, harus bikin outline.

Nanti deh saya tuliskan lagi, cara bikin outline nya bagaimana, biar Anda nggak kelebihan pikiran, bakal puyeng dong kalau keluar dari jatah kepala.

Bikin santai aja, untuk pembuatan novel, bisa langusng dari hp atau laptop. Sudah ya, semoga artikel tentang cara membuat novel yang menarik untuk dibaca bisa bermanfaat bagi Anda, dan nanti akan saya kasih trik atau cara membuat novel dari hp. Makin gampang kan sekarang ini kalau kerja nulis?

Baca Juga :  8 Cara Belajar Menulis Artikel, Cara Gampang Bikin Artikel Online

Nur Chafshoh

Seorang ibu rumah tangga, penulis freelance, dan juga blogger. Kesibukannya gila bareng dengan suami, nulis bareng, dan nangis bareng. Intip blog kami di Alfattah Parenting.com
Back to top button

Adblock Detected

Please Turn Off Youre Fucking Adblock bastard