Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Cara Mengembalikan IMEI Oppo yang Hilang atau Rusak

cara kembalikan imei oppo

Cara Mengembalikan IMEI Oppo yang Hilang atau Rusak

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler. IMEI sangat penting karena digunakan untuk melacak perangkat yang hilang atau dicuri, serta untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat terhubung ke jaringan seluler. IMEI juga digunakan untuk memblokir perangkat yang dilaporkan hilang atau dicuri, sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Namun, ada beberapa kasus di mana IMEI perangkat Oppo hilang atau rusak. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan sistem, kerusakan perangkat keras, atau bahkan kesalahan pengguna. Jika IMEI perangkat Oppo Anda hilang atau rusak, maka perangkat Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan seluler dan Anda tidak akan dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan teks, atau mengakses internet.

Jika Anda mengalami masalah ini, maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo Anda. Cara-cara tersebut akan dijelaskan secara detail pada bagian selanjutnya.

cara kembalikan imei oppo

Berikut adalah 6 poin penting tentang cara mengembalikan IMEI Oppo:

  • Gunakan Kode Rahasia
  • Flash Ulang Perangkat
  • Perbaiki Kerusakan Perangkat Keras
  • Hubungi Layanan Resmi Oppo
  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
  • Ganti Papan Logika Perangkat

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak dan membuatnya dapat digunakan kembali.

Gunakan Kode Rahasia

Salah satu cara untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak adalah dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia ini dapat digunakan untuk mengubah IMEI perangkat Oppo Anda secara manual.

  • *#06#

    Kode ini digunakan untuk menampilkan IMEI perangkat Oppo Anda. Jika IMEI perangkat Anda hilang atau rusak, maka kode ini akan menampilkan pesan “IMEI null” atau “IMEI tidak valid”.

  • *#*#3646633#*#*

    Kode ini digunakan untuk masuk ke menu pengujian perangkat Oppo. Dari menu ini, Anda dapat mengubah IMEI perangkat Anda secara manual.

  • *#*#7780#*#*

    Kode ini digunakan untuk masuk ke menu pengaturan pabrik perangkat Oppo. Dari menu ini, Anda dapat mereset perangkat Anda ke pengaturan awal pabrik, yang dapat memperbaiki masalah IMEI yang hilang atau rusak.

  • *#*#3663#*#*

    Kode ini digunakan untuk masuk ke menu informasi perangkat Oppo. Dari menu ini, Anda dapat melihat informasi tentang perangkat Anda, termasuk IMEI.

Perlu dicatat bahwa menggunakan kode rahasia untuk mengubah IMEI perangkat Oppo dapat berisiko. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, sebaiknya jangan menggunakan metode ini. Selain itu, mengubah IMEI perangkat Oppo secara ilegal dapat dikenakan sanksi hukum.

Flash Ulang Perangkat

Cara lain untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak adalah dengan melakukan flash ulang perangkat. Flash ulang perangkat berarti menginstal ulang sistem operasi perangkat Anda. Hal ini dapat memperbaiki masalah IMEI yang hilang atau rusak, serta masalah perangkat lunak lainnya.

  • Cadangkan data Anda. Sebelum melakukan flash ulang perangkat, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting Anda, seperti kontak, pesan, foto, dan video. Flash ulang perangkat akan menghapus semua data Anda, jadi sangat penting untuk mencadangkan data Anda terlebih dahulu.
  • Unduh firmware resmi Oppo. Anda dapat mengunduh firmware resmi Oppo dari situs web resmi Oppo. Pastikan Anda mengunduh firmware yang sesuai dengan model perangkat Oppo Anda.
  • Instal firmware resmi Oppo. Setelah Anda mengunduh firmware resmi Oppo, Anda dapat menginstalnya menggunakan alat flash resmi Oppo. Petunjuk tentang cara menginstal firmware resmi Oppo dapat ditemukan di situs web resmi Oppo.
  • Periksa IMEI perangkat Anda. Setelah Anda menginstal firmware resmi Oppo, periksa IMEI perangkat Anda untuk memastikan bahwa IMEI telah kembali. Anda dapat memeriksa IMEI perangkat Anda dengan menekan *#06# pada papan tombol telepon.

Flash ulang perangkat dapat menjadi proses yang rumit dan berisiko. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, sebaiknya jangan mencoba melakukan flash ulang perangkat sendiri. Anda dapat membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo untuk melakukan flash ulang perangkat.

Perbaiki Kerusakan Perangkat Keras

Jika IMEI perangkat Oppo Anda hilang atau rusak karena kerusakan perangkat keras, maka Anda perlu memperbaiki kerusakan perangkat keras tersebut. Kerusakan perangkat keras yang dapat menyebabkan IMEI hilang atau rusak antara lain:

  • Kerusakan pada papan logika perangkat. Papan logika perangkat adalah komponen utama yang mengontrol semua fungsi perangkat. Kerusakan pada papan logika perangkat dapat menyebabkan IMEI hilang atau rusak.
  • Kerusakan pada modul modem perangkat. Modul modem perangkat adalah komponen yang bertanggung jawab untuk komunikasi seluler. Kerusakan pada modul modem perangkat dapat menyebabkan IMEI hilang atau rusak.
  • Kerusakan pada antena perangkat. Antena perangkat adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengirim sinyal seluler. Kerusakan pada antena perangkat dapat menyebabkan IMEI hilang atau rusak.
  • Kerusakan pada perangkat lunak perangkat. Perangkat lunak perangkat juga dapat menyebabkan IMEI hilang atau rusak. Namun, kerusakan perangkat lunak biasanya dapat diperbaiki dengan melakukan flash ulang perangkat.

Jika Anda mengalami masalah IMEI yang hilang atau rusak karena kerusakan perangkat keras, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo untuk diperbaiki. Teknisi di pusat layanan resmi Oppo akan mendiagnosis kerusakan perangkat keras dan memperbaikinya.

Hubungi Layanan Resmi Oppo

Jika Anda telah mencoba semua cara di atas tetapi IMEI perangkat Oppo Anda masih hilang atau rusak, maka Anda dapat menghubungi layanan resmi Oppo untuk meminta bantuan.

Layanan resmi Oppo dapat memperbaiki kerusakan perangkat keras yang menyebabkan IMEI hilang atau rusak. Selain itu, layanan resmi Oppo juga dapat mengembalikan IMEI perangkat Oppo Anda yang hilang atau rusak menggunakan alat khusus.

Untuk menghubungi layanan resmi Oppo, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Oppo atau menghubungi pusat layanan resmi Oppo terdekat.

Ketika Anda menghubungi layanan resmi Oppo, pastikan Anda memiliki informasi berikut:

  • Model perangkat Oppo Anda
  • IMEI perangkat Oppo Anda (jika masih ada)
  • Gejala masalah IMEI yang Anda alami

Teknisi di layanan resmi Oppo akan mendiagnosis masalah IMEI perangkat Anda dan memberikan solusi terbaik untuk memperbaikinya.

Perlu dicatat bahwa biaya perbaikan IMEI perangkat Oppo di layanan resmi Oppo dapat bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan perangkat Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghubungi layanan resmi Oppo terlebih dahulu untuk menanyakan biaya perbaikan sebelum membawa perangkat Anda ke layanan resmi Oppo.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan metode-metode di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak. Namun, perlu dicatat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo dapat berisiko. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

  • IMEI Changer. IMEI Changer adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Oppo yang sudah di-rooting. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka aplikasi IMEI Changer.
  2. Pilih model perangkat Oppo Anda.
  3. Masukkan IMEI baru yang ingin Anda gunakan.
  4. Klik tombol “Ubah IMEI”.

Xposed IMEI Changer. Xposed IMEI Changer adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak. Aplikasi ini juga tersedia untuk perangkat Oppo yang sudah di-rooting. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal Xposed Framework di perangkat Oppo Anda.
  2. Instal aplikasi Xposed IMEI Changer dari Google Play Store.
  3. Aktifkan modul Xposed IMEI Changer di Xposed Framework.
  4. Buka aplikasi Xposed IMEI Changer.
  5. Pilih model perangkat Oppo Anda.
  6. Masukkan IMEI baru yang ingin Anda gunakan.
  7. Klik tombol “Ubah IMEI”.

IMEI Repair. IMEI Repair adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Oppo yang sudah di-rooting. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasi IMEI Repair dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi IMEI Repair.
  3. Pilih model perangkat Oppo Anda.
  4. Masukkan IMEI baru yang ingin Anda gunakan.
  5. Klik tombol “Ubah IMEI”.

Perlu dicatat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo dapat berisiko. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan hati-hati untuk menghindari kesalahan.

Ganti Papan Logika Perangkat

Jika IMEI perangkat Oppo Anda hilang atau rusak karena kerusakan pada papan logika perangkat, maka Anda perlu mengganti papan logika perangkat tersebut.

Papan logika perangkat adalah komponen utama yang mengontrol semua fungsi perangkat. Kerusakan pada papan logika perangkat dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk masalah IMEI yang hilang atau rusak.

Untuk mengganti papan logika perangkat, Anda perlu membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo. Teknisi di pusat layanan resmi Oppo akan mendiagnosis kerusakan pada papan logika perangkat dan menggantinya dengan papan logika perangkat yang baru.

Perlu dicatat bahwa biaya penggantian papan logika perangkat dapat bervariasi tergantung pada model perangkat Oppo Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghubungi pusat layanan resmi Oppo terlebih dahulu untuk menanyakan biaya penggantian papan logika perangkat sebelum membawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi Oppo.

Setelah papan logika perangkat diganti, IMEI perangkat Oppo Anda akan kembali normal. Anda dapat memeriksa IMEI perangkat Oppo Anda dengan menekan *#06# pada papan tombol telepon.

FAQ

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak:

Question 1: Apa yang harus saya lakukan jika IMEI perangkat Oppo saya hilang atau rusak?
Answer 1: Jika IMEI perangkat Oppo Anda hilang atau rusak, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengembalikannya. Beberapa cara tersebut antara lain menggunakan kode rahasia, melakukan flash ulang perangkat, memperbaiki kerusakan perangkat keras, menghubungi layanan resmi Oppo, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan mengganti papan logika perangkat.

Question 2: Apakah saya dapat mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak sendiri?
Answer 2: Anda dapat mencoba mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak sendiri menggunakan kode rahasia, melakukan flash ulang perangkat, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, perlu dicatat bahwa metode-metode tersebut dapat berisiko. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan metode-metode tersebut jika Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan.

Question 3: Berapa biaya untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak?
Answer 3: Biaya untuk mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak dapat bervariasi tergantung pada metode yang digunakan. Jika Anda menggunakan kode rahasia atau melakukan flash ulang perangkat sendiri, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga atau membawa perangkat Anda ke layanan resmi Oppo, maka Anda perlu mengeluarkan biaya.

Question 4: Apakah mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak legal?
Answer 4: Mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak secara legal atau tidak tergantung pada metode yang digunakan. Jika Anda menggunakan kode rahasia atau melakukan flash ulang perangkat sendiri, maka hal tersebut legal. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga atau membawa perangkat Anda ke layanan resmi Oppo, maka hal tersebut dapat dianggap ilegal di beberapa negara.

Question 5: Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami masalah saat mengembalikan IMEI perangkat Oppo?
Answer 5: Jika Anda mengalami masalah saat mengembalikan IMEI perangkat Oppo, Anda dapat menghubungi layanan resmi Oppo atau mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Question 6: Apakah ada cara untuk mencegah IMEI perangkat Oppo hilang atau rusak?
Answer 6: Ada beberapa cara untuk mencegah IMEI perangkat Oppo hilang atau rusak, antara lain:

  1. Gunakan casing pelindung untuk melindungi perangkat Anda dari benturan dan jatuh.
  2. Hindari membiarkan perangkat Anda terkena air atau cairan lainnya.
  3. Jangan mencoba membuka atau membongkar perangkat Anda sendiri.

Demikian beberapa tips untuk membantu Anda mengembalikan IMEI perangkat Oppo yang hilang atau rusak. Jika Anda mengalami masalah saat mengembalikan IMEI perangkat Oppo Anda, sebaiknya Anda menghubungi layanan resmi Oppo atau mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda menjaga IMEI perangkat Oppo Anda:

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga IMEI perangkat Oppo Anda:

Tip 1: Gunakan casing pelindung.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi IMEI perangkat Oppo Anda adalah dengan menggunakan casing pelindung. Casing pelindung dapat membantu melindungi perangkat Anda dari benturan dan jatuh, yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat keras perangkat dan hilangnya IMEI.

Tip 2: Hindari membiarkan perangkat Anda terkena air atau cairan lainnya.

Air dan cairan lainnya dapat merusak perangkat keras perangkat dan menyebabkan hilangnya IMEI. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari membiarkan perangkat Anda terkena air atau cairan lainnya. Jika perangkat Anda terkena air atau cairan lainnya, segera keringkan perangkat Anda dengan kain lembut dan bersih.

Tip 3: Jangan mencoba membuka atau membongkar perangkat Anda sendiri.

Membuka atau membongkar perangkat Anda sendiri dapat merusak perangkat keras perangkat dan menyebabkan hilangnya IMEI. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mencoba membuka atau membongkar perangkat Anda sendiri. Jika Anda perlu membuka atau membongkar perangkat Anda, sebaiknya Anda membawanya ke pusat layanan resmi Oppo.

Tip 4: Perbarui perangkat Anda secara berkala.

Pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah perangkat lunak yang dapat menyebabkan hilangnya IMEI. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperbarui perangkat Anda secara berkala. Untuk memperbarui perangkat Anda, Anda dapat membuka aplikasi Pengaturan dan kemudian ketuk “Pembaruan Perangkat Lunak”.

Demikian beberapa tips untuk membantu Anda menjaga IMEI perangkat Oppo Anda. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan IMEI perangkat Oppo Anda.

Jika Anda mengalami masalah dengan IMEI perangkat Oppo Anda, sebaiknya Anda menghubungi layanan resmi Oppo atau mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Conclusion

IMEI merupakan nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler. IMEI sangat penting karena digunakan untuk melacak perangkat yang hilang atau dicuri, serta untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat terhubung ke jaringan seluler. Namun, ada beberapa kasus di mana IMEI perangkat Oppo hilang atau rusak. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan sistem, kerusakan perangkat keras, atau bahkan kesalahan pengguna.

Jika IMEI perangkat Oppo Anda hilang atau rusak, maka Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengembalikannya. Beberapa cara tersebut antara lain menggunakan kode rahasia, melakukan flash ulang perangkat, memperbaiki kerusakan perangkat keras, menghubungi layanan resmi Oppo, menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan mengganti papan logika perangkat.

Namun, sebelum mencoba mengembalikan IMEI perangkat Oppo Anda, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips untuk menjaga IMEI perangkat Oppo Anda. Tips-tips tersebut antara lain menggunakan casing pelindung, menghindari membiarkan perangkat terkena air atau cairan lainnya, tidak mencoba membuka atau membongkar perangkat sendiri, dan memperbarui perangkat secara berkala.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan IMEI perangkat Oppo Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan IMEI perangkat Oppo Anda, sebaiknya Anda menghubungi layanan resmi Oppo atau mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman.


Images References :

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *