Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Polres

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7 – Di sini kembali saya akan membahas masalah masalah atau kerusakan pada laptop yang sering dihadapi oleh pengguna laptop Acer, ketika langsung masuk ke BIOS saat power-on dan muncul notifikasi Optimized Load Default.

Dalam keadaan ini, meskipun laptop dimatikan dan dihidupkan ulang, itu akan tetap masuk ke jendela BIOS. Ada 3 opsi di mana laptop Acer diaktifkan di BIOS:

Polres

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Disini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengalahkan laptop Acer seperti Acer One 14 Z1402-38GR yang langsung masuk ke BIOS saat dihidupkan.

Permasalahan Baterai Cmos Acer One 14 Selalu Masuk Bios Dan Waktu/tanggal Ngaco

Untuk mengetahui penyebabnya, saya menggunakan flash drive Master Bootable Repair Windows Tools. Apakah BIOS sistem dapat membaca flash drive boot master atau masih dapat masuk ke BIOS saat dihidupkan meskipun prioritas perangkat boot diatur oleh flash drive boot master.

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Setelah saya coba Alhamdulillah, sistem laptop bisa membaca flashdisk bootable utama yang artinya corrupt itu bukan karena kesalahan sistem BIOS (crash).

Saya kemudian mencoba memeriksa status hard drive internal laptop untuk melihat apakah masih terdeteksi atau tidak. Akibatnya hardisk internal laptop masih terlihat dengan sebaran partisi yang umum, yang menandakan bahwa kerusakan atau masalah untuk masuk ke BIOS pada laptop Acer disebabkan oleh kesalahan sistem Windows (corruption or failure).

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang

Jika hardisk internal tidak terdeteksi dan terbaca oleh Mini Windows Tool, berarti hardisk internal laptop tidak berfungsi dan perlu diganti.

Sebelum melakukan install ulang, seperti biasa penting untuk membackup data pengguna laptop di drive sistem, pengguna laptop biasanya menyimpan data di folder My Documents, My Music, My Videos dan Downloads.

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Dengan hanya menginstal ulang Windows, masalah laptop Acer One 14 Z1402-38GR yang langsung masuk ke dalam BIOS dapat dengan mudah diselesaikan, dan dapat hidup normal kembali.

Ibm Spss Statistics V23 + Serial Number

Ini adalah tutorial cara bekerja dengan laptop Acer tipe Acer One 14 Z1402-38GR yang langsung masuk ke BIOS setelah dihidupkan. Tutorial ini bisa kamu praktekkan untuk mengatasi laptop merk dan tipe lain dengan gejala kerusakan yang sama.

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Apakah Anda ingin diberi tahu tentang pembaruan terbaru? Ikuti Pengetahuan Blogger di Google Berita. Ayo… Berlangganan Channel Youtube Bagikan Tutorial Online Bagi Yang Suka Video Tutorial. Baterai CMOS pada motherboard merupakan baterai yang bertanggung jawab untuk menjaga daya/power chip BIOS karena chip mampu mempertahankan perubahan konfigurasi dan logika waktu untuk menyimpannya dan tidak kembali ke konfigurasi default dari BIOS/UEFI.

Kemarin di tengah postingan saya mendapat keluhan dari seorang teman pengguna laptop Acer One 14 yang mengeluh tidak bisa booting ke Windows tanpa setting BIOS terlebih dahulu. Jadi setiap kali dinyalakan akan selalu masuk ke menu BIOS bukan langsung menekan Windows. Dikatakan Anda harus mengubah pengaturan BIOS terlebih dahulu sebelum dapat boot, pemilihan OS harus menjadi OS lama. Mengetahui hal ini, saya membuat diagnosis positif: baterai CMOS sudah mati dan perlu diganti. Setelah percakapan yang panjang, akhirnya pada tanggal 8 Mei 2020, saya datang untuk mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Sebenarnya percakapan itu sudah berlangsung sejak 13 April lalu, namun baru bisa bertemu saat puasa. Keputusan mengenai pilihan OS. Solusi yang akan saya ambil adalah mengubah skema hard disk menjadi GPT agar mendukung UEFI dan saya juga menyiapkan bootable flash drive untuk segera disambungkan setelah proses konversi selesai. Tapi takdir berkata lain, dia menyimpan banyak file di partisi C:, sehingga butuh waktu lama untuk memindahkannya ke partisi lain (hanya prosesor Celeron). Saya akhirnya memutuskan untuk membawanya pulang dan menghabisinya di rumah karena sudah hampir mendekati waktu istirahat. Malam itu ketika saya punya waktu saya mencoba untuk menyelesaikan mengubah skema ke GPT dan berhasil dan alhamdulillah Windows dapat segera memulai tanpa harus menginstal ulang yang melegakan karena saya tidak perlu khawatir tentang menginstal ulang. Untuk mengetahui cara melakukannya, Anda dapat membaca Bagaimana mengubah/memindahkan skema partisi tanpa mencadangkan topik terkait CMOS Keesokan harinya saya mencoba membongkarnya karena saya diberitahu kemarin untuk memeriksa ke dalam jika ada waktu. Menurutnya, saat diservis (penggantian LCD), teknisi servis mengatakan kepadanya bahwa bagian-bagian di dalam laptopnya sudah sangat tua, seperti laptop bekas, banyak yang jelek. Petugas servis mengatakan dia tahu karena dia membantu membersihkan bagian dalam juga. Jadi teman saya mengira penyedia layanan sebelumnya curang (dia dua kali pindah kompleks perumahan). Selain itu, dia juga mencoba mengganti baterai CMOS agar pengaturan BIOS tidak selalu kembali ke default, terutama waktu/tanggal, sehingga tidak mati.

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Tools Manajemen Icon Desktop By Tril21

Setelah saya berhasil memisahkannya, saya mencoba memeriksa semua bagian dan itu baik-baik saja. Masih utuh, segel kabel, konektor, masih utuh, bahkan sepertinya belum menyentuh tangan (debunya lumayan tebal terutama di bagian kipas dan heatsink). Setelah memeriksa semuanya, saya terkejut bahwa saya tidak dapat menemukan baterai CMOS. Saya pikir mungkin di belakang papan kanan di bawah keyboard, tetapi ternyata saya salah karena saya juga tidak menemukan baterai CMOS di sana. Setelah ditelusuri secara menyeluruh, ternyata motherboard Acer One 14 Z1402 (Celeron) sebenarnya tidak memiliki baterai CMOS. Saya sampai pada kesimpulan, setelah menemukan tempat di motherboard yang seharusnya menjadi dudukan baterai CMOS yang sebenarnya kosong. Saya terkejut “kok bisa???” Biasanya, baterai ini harus dipasang ke motherboard. Acer sepertinya sangat mengandalkan modal manufaktur hahaha.

Entah apa yang ada di kepala Acer yang berani mengeluarkan perangkat seperti itu, tidak dilengkapi dengan baterai CMOS, seperti pada motherboard pada umumnya. Menurut saya sangat mengganggu untuk menjaga konfigurasi dan waktu, pengguna dipaksa untuk memastikan bahwa keadaan baterai yang asli masih dapat menyimpan/mensuplai daya. Dengan kata lain, kita tidak diperbolehkan untuk menunda penggantian baterai jika turun hingga 0%, kecuali jika kita ingin mencari konfigurasi BIOS, dan waktu sistem akan selalu kembali ke standar.

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Demikian artikel saya tentang masalah baterai Acer One 14 CMOS. BIOS konstan dan entri waktu/tanggal gila. Semoga bermanfaat dan membantu mengatasi masalah/kebingungan Anda Dapatkan Penawaran Hubungi 0852-6308-4424 Lihat WhatsApp 0852-6308-4424 SMS ke 0852-6308-4424 Hubungi Kami Pesan meja Pesan janji temu Lihat menu

Laptop Acer Z 1402 Selalu Masuk Bios

Acer One Z1402 mati total, sudah kembali. Mohon terus bimbingan skripsi, semoga semuanya berjalan lancar dan cepat. Terima kasih kepada adik saya dari Almamater (UNAND) yang menyimpan laptop di sini. 🙂

Cara Instal Ulang Laptop Acer One 14 Z1402 Windows 7

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.