Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Cara Instal Theme WordPress Dengan Beberapa Cara Mudah

2 min read

Belajar wordpress – Cara Instal Theme WordPress Dengan Beberapa Cara Mudah, Theme atau tema atau template merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki atau di instal di sebuah blog milik

Theme atau tema atau template merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki atau di instal di sebuah blog/website. Karena sebuah theme akan memberikan warna dan ciri khas tersendiri terhadap blog tersebut.

SEperti blog berita tentu saja tidak akan cocok menggunakan theme landing page satu halaman. Begitu pula sebaliknya. Karena di dalam sebuah website berita terdiri beberapa macam kategori yang berbeda – beda. Sedangkan landing page sendiri bisanya hanya ada dua atau tiga kategori sebagai penunjang.

Lalu bagaimana cara menentukan theme wordpress yang baik dan benar. Nah kalau ini nih gaes, tergantung dari blog yang akan kamu buat atau gunakan. DI triknesia.com ini saya menggunakan theme iconic one pro yang terkenal dengan kecepatan loadnya dan tampilannya yang simpel. So jika kamu punya website berita jangan bandingkan kecepatan loadnya dengan blog berita atau pun web corporate, karena isinya punu sudah jauh berbeda.

Baca juga : Ngeblog Di Android Dengan WordPress Apk Bonus Tool

ah kok jadi panjang gini penjelasannya. Padahal saya cuman mau bantu bantu kalian semua yang baru saja masuk ke dunia wordpress. Cara kali ini adalah bagaimana cara instal theme/tema wordpress.

Cara menginstal tema wordpress sendiri ada beberapa macam. dan ketiga cara ini punya kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Apa sajakah itu, yuk langsung saja simak dibawah ini.

Cara Instal Tema WordPress

1.Cara Instal Tema WordPress Dari Theme Directory WordPress

Kamu pemula dan baru saja migrasi dari blogger atau CMS lain, nampaknya menggunakan theme direcroty dari wordpress bisa jadi pilihan. Karena cara instalnya cukup mudah dan ada ribuan pilihan tema gratis didalamnya.

Bagaimana caranya :

  • Pertama masuk ke dashboard admin dan pilih appearance
cara instal tema wordpress
  • lalu kamu pilih theme dan pilih add new.
  • Setelah ngeklik tombol tersebut, kamu akan dibawa masuk ke dorectory tema milik wordpress. Semuanya gratis loh. Silahkan pilih sesuka hati kamu.
  • Kalau bingung milih kamu bisa pakek filter atau search theme biar mudah mau cari tema yang seperti gimana.
  • Udah ketemu theme pilihan hati, segera klik Install, tunggu sejenak. Maka tema akan berubah sesuai keinginanmu.
cara instal tema wordpress
  • Setelah selesai di instal jangan lupa di activate temanya.

2. Cara Instal Tema WordPress Manual

Cara ini adalah cara yang saya lakukan, dan bisa juga kamu lakukan, kalau kamu punya file mentahan tema udah terbeli atau download. Namun Saya sarankan jangan pernah download tema nulled nih ya. Karena bisa berbahaya untuk blog kamu kedepannya gaes.

Baca juga : Cara Membuat Postingan atau Artikel Baru Pada WordPress | Belajar WordPress Step by Step

Biasanya cara instal tema wordpress secara manual ini menggunakan file zip tema yang bisa diunggah langsung lewat dashboard WordPress. Bagaimana caranya ?, simak berikut ini :

  • Masuk ke Dashboard wordpress milikmu -> sorot appearance dan pilih tema.
cara instal tema wordpress
  • Kamu akan masuk ke halaman koleksi tema yang ada di blogmu -> pilih add New nanti kamu masuk di theme directory, tapi jangan pilih tema cari tombol “UPLOAD THEME”.
  • pilih Choose file (cari file theme berformat .zip)
  • klik instal now.
  • tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi bahwa tema terinstal dengan baik dan benar.
  • Kalau tema udah terinstal,setelah itu tinggal kamu pilih “ACTIVATE”
instal wordpress theme
  • Done kamu bisa menggunakan tema dengan sesuka hatimu mwehehehe.

3. Cara Instal Tema WordPress Via FTP

Kalian gak mau ribet masuk – masuk dashboard wordpress atau kamu pengen instal beberapa tema wordpress sekaligus. Hmmm nampaknya kamu bisa menggunakan cara ini deh gaes. yakni instal theme via FTP.

Untuk aplikasi FTPnya kamu terserah bisa menggunakan Filezilla, Winscp atau Bitvise SSH. Untuk saya sendiri menggunakan Bitvise SSH, karena udah jadi satu bisa dpake buat SSH juga hehe. Kalau kalian terserah sesuai kebutuhan. Yang simpel simpel sih bisa pake Filezilla atau WinSCP.

So instal salah satu aplikasi tersebut di komputer kamu, dan jangan lupa untuk mengisikan login data akses FTP kamu ya.

Setelah masuk cari directory domain milikmu.

  • Biasanya kalau pake cpanel ada di dalam public_html, kalau di VPS bisa beda lagi kadang di folder Public dll. Sesuaikan saja yah.
  • Masuk ke Folder Wp-content -> lalu ke fodler Theme
instal wordpress theme
  • Setelah di folder theme klik kanan di area kosong, dan pilih upload / add file.
  • Cari folder atau file .zip milikmu. Dan proses upload bakalan terjadi.

*(kalau kamu menggunakan metode upload file theme yang masih .zip maka kamu harus melakukan ekstraksi lagi sampai file theme tersebut menjadi folder tema yang kamu instal. Kalau lngsugn upload folder berisi file theme kamu tinggal meneruskan prosesnya.)

  • Udah kelar proses upload, kamu masuk lagi ke dashboard wordpress -> pilih theme -> Lihat apakah theme milikmu sudah terisntal atau belum, kalau sudah tinggal pilih dan klik instal.

Baca juga : 2 Cara Mudah Instal WordPress Untuk Pemula, Pro Dilarang Masuk

cara instal tema wordpress

SO selesai, mudah banget kan hehehe. Semoga Tutorial cara instal tema wordpress ini bisa membantu kamu dan mempermudah kamu belajar wordpress. Kalau ada yang kurang jelas segera tanyakan saja via kolom komen dibawh ya gaess.

Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *