Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

0

Triknesia.com – Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya, Pernikahan adalah sebuah momen yang paling ditunggu para pasangan, baik itu pasangan mudah ataupun pasangan yang sudah cukup umur.

Momen seumur hidup sekali ini jangan sampai prosesinya terganggu, karena akan memberikan kenangan yang kurang baik kedepannya. So usahakan pernikahan ini mendapatkan dukungan dan persetujuan dari kedua belah pihak.

namun bagaimana jika ada gangguan atau godaan ketika kita akan melakukan prosesi pernikahan, seperti ketika saya sedang menuliskan artikel ini. Indonesia dan dunia sedang melawan wabah Virus Corona atau covid-19.

Itulah hidup penuh dengan misteri, kita juga gak mau kan ada virus ini datang, tapi mendadak penyakit ini datang ke negara kita.

Semenjak ada virus ini berbagai kantor negara tutup termasuk Kantor Urusan Agama, dimana kantor ini merupakan kantor yang digunakan untuk mendaftar nikah, bagi umat muslim. Peraturan PSBB menjadi salah satu alasan ditutup atau dibatasinya akses.

Baca juga : Cara Dapat Token Listrik Gratis PLN Bisa Menggunakan Whatsapp Juga Loh

Namun Pendaftaran Akad Nikah DI KUA Selama Wabah Coroan dan PSBB ternyata masih bisa dilakukan dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah menggunakan layanan online yang dimiliki Kemenag, Seperti yang sudah mereka kabarkan di akun resmi instagram @kemenag.ri.

Prosedur tata Cara Menikah Ketika Wabah Corona atau COvid-19

Cara Daftar Nikah Online

Selama Wabah Covid-19 masih menyebar di Indonesia Kemenag memberlakukan kebijakan baru pada layanan nikah di KUA, dan in iberlaku bagi calon pengantin yang melakukan pendaftaran sebelum 1 April 2020.

Sedangkan untuk layanan akad nikah diluar KUA, sementara KUA tidak melayani.

Tata Cara Akad Nikah di KUA :

  • Jumlah orang yang mengikuti prosesi akad Nikah di KUA tidak lebih dari 10. Jikapun lebih harus menunggu diluar.
  • Calon pengantin dan para keluarga serta pengiring diharapkan cuci tangan sebelum masuk ke kantor KUA, serta menggunakan masker.
  • Wali Nikah, Petugas KUA serta kedua mempelai wajib menggunakan masker dan sarung tangan karet, ketika prosesi ijab Kabul.

Tata Cara Daftar Nikah Online

Daftar Nikah Online akhirnya menjadi solusi kepada para calon pengantin yang tetap ingin melangsungkan pernikahan. Layanan Pendaftaran nikah di KUA juga sudah sangat terbatas, karena adanya anjuran WOrk From Home dan #dirumahsaja.

perlu digaris bawahi nih, meskipun kalian nantinya sudah mendaftar secara online, namun apabila Kemenag Dan KUA merasa wabah Covid-19 belum stabil, maka prosesi akad nikah tidak bisa dilayani penghulu atau menunda prosesi serta menjadwal ulang tanggal akad nikah bersama pasangan

Kenapa peraturan akad nikah ini begitu ketat, ya karena ini seusai dengan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 pada pelayanan Kebimasislaman, edaran ini diedarkan mulai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi sampai dengan penghulu setempat.

“Kami telah menerbitkan edaran baru per 2 April 2020. Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat Covid-19 untuk pendaftaran baru tidak dilayani. Kami meminta masyarakat untuk menunda pelaksanaannya,” terang Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya.

Baca juga :

Cara Daftar Nikah Online Di Situs Kemenag

Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

Tata Cara Pendaftaran Nikah Via Online

Total Time: 15 minutes

Daftar Di Situs simkah.kemenag.go.id

Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

Silahkan mengunjungi Situs : https://simkah.kemenag.go.id
Lalu lanjutkan dengan menu daftar nikah dan klik.

Masukkan Lokasi KUA Akad Nikah

Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

Di posisi ini kalian masukkan lokasi dimana akad nikah akan berlangsung, jangan lupa tanggal serta jam, dan nikah di KUA atau Di luar KUA.

Cek Jadwal Ada Atau Tidak

Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

Jika Muncul gambar seperti ini berarti, jadwal nikah di KUA bisa dilakukan , namun apabila pilihan tanggal tidak ada, berarti Jadwal Nikah sudah penuh atau tidak bisa dilakukan pihak KUA setempat.

Isi Form calon Pengantin

Cara Daftar Nikah Online Gratis Tidak Dipungut Biaya

Setelah klik tombol lanjut jika ada jadwal nikah di KUA tempatmu, selanjutnya kami harus mengisi secara lengkap form ini. Baik Calon suami ataupun istrimu.
Jangan lupa upload fotomu, dan nomor hp yang bisa dihubungi, lalu cetak /print lembaran ini. Setelah itu bisa diserahkan ke KUA lokasi akad nikah yang sudah didaftarkan tadi.

Perlu di Ingat Bahawa pendaftaran secara online mulai tanggal 1 Mei – 29 Mei 2020 Jadwalnya tidak bisa di akses alias memang tidak/belum diperbolehkan untuk melakukan prosesi akad nikah. Jadi ada baiknya anda bersabar terlebih dahulu dan menunggu sampai wabah ini hilang dan usai.

Apakah sudah tahu tata cara akad nikah di KUA Serta dokumen – dokumen yang dibutuhkan, silahkan diklik itu yang warna ijo, lengkap saya bahas disana.

Mungkin saja penundaan pernikahan ini adalah sebuah ujian dengan masing – masing pasangan.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Daftar nikah online, semoga artikel ini banyak membantu kalian semua. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More