Biografi Dan Profil Glenn Fredly Penyanyi Dengan Suara Khas

0

Triknesia.com Profil – Biografi Dan Profil Glenn Fredly Penyanyi Dengan Suara Khas, Glenn Fredly salah satu penyanyi papan atas Indonesia dengan suara khasnya dan lagu yang dibuat olehnya pun tak pernah lekang oleh jaman. Namun sayang ketika saya menuliskan artikel ini Glenn Sudah Meninggal Dunia meninggalkan banyak kenangan kepada siapapun yang pernah mendengarkan lagunnya.

Siapa Glenn Fredly ini :

Pria kelahiran Jakarta, 30 September 1975 ini adalah putra daerah asal Maluku. Ia anak dari Hengky Latuihamallo dan Linda Latuihamallo. Sejak kecil, ia sudah mencintai dunia tarik suara.

Berbagai perlombaan menyanyi ia sabetnya dengan juara. Mulai menjuarai lomba menyanyi yang diadakan oleh Yayasan Musik Indonesia pada 1984, Vini Vidi Vici, hingga Cipta Pesona Bintang RCTI 1992.

Namun, Glenn mengawali karier sebagai penyanyi profesional pada tahun 1995 setelah dia lulus SMA. Saat itu dia menjadi vokalis Funk Section. Setelah bergabung tiga tahun bersama Funk Section, Glenn kemudian mencoba peruntungan dengan menjadi penyanyi solo.

Penyanyi berkulit sawo matang ini kemudian membuat album solonya dengan judul Glenn. Album itu berisi delapan 8 buah lagu. Salah satu lagunya adalah lagu Cukup Sudah yang dibuat juga video klipnya.

profil glenn fredly

Baca juga : 5 Tips Chat Dan Ngobrol Menarik Dengan Wanita, Cowok Pemalu Wajib Coba

Selain lagu yang dikenal sebagai lagu pertama Glenn masuk dunia music itu, juga ada lagu lain seperti Kau dan Mobil Mama yang menjadi hits di Malaysia.

Produktivitas Glenn dalam mencipta lagu kembali dilanjutkan dengan munculnya album kedua diluncurkan pada tahun 2000 dengan tajuk Kembali.

Profil glenn fredly Biografi

  • Nama lengkap : Glenn Fredly
  • Profesi : seniman
  • Lahir : Jakarta, 30 September 1975

Dalam album ini terdapat beberapa hits seperti Salam Bagi Sahabat dan Kasih Putih. Seperti album perdananya, album ini masih bernaung di bawah Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto Kosin.

Kedua album Glenn ini dinilai belum memenuhi keinginan major label baik itu dari segi popularitas maupun penjualan. Meski demikian Glenn terus berkarya dan meluncurkan album ketiganya bertajuk Selamat Pagi, Dunia! (2003) dengan keraguan dari pihak produser.

Tak disangka album ini laris manis dan dan banyak lagu yang menjadi hits. Lagu yang paling digemar dan sering diputar baik di televisi maupun radio adalah Januari.

Lagu-lagu dalam album itu memang terlihat banyak bertema kesedihan dan patah hati. Banyak pihak menilai inspirasi lagu itu dari kisah cinta Glenn yang kandas bersama Lucy AB Tree.

Antusiasme pada album ini begitu besar dan laris di pasaran. Hal ini sampai membuat pihak Sony Music Indonesia membuat album repackage tahun 2004, dikemas dengan bonus VCD karaoke dan Unplugged Live Performance.

Album itu juga yang kemudian menjadikan Glenn dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu romantis. Maka kemudian dia mendapat banyak tawaran membuat lagu pihak lain, misalnya tahun 2005 Glenn ditawari untuk membuat satu buah album sebagai soundtrack dari film baru Cinta Silver.

Satu tahun kemudian Glenn mengeluarkan album lagi sebagai penghargaan dan rasa hormatnya kepada musisi-musisi terdahulu, bertajuk Aku & Wanita. Pada tahun yang sama Glenn meluncurkan album ketujuh dengan judul Terang.

Kemasan suguhan terbaru dari Glenn ini adalah album yang bernuansa Natal dikarenakan berbarengan dengan Natal 2006. Tahun 2007 Glenn kembali mengeluarkan album tergressnya, bertajuk Happy Sunday.

Album ini diklaim sebagai wahana dalam memancarkan spirit baru memandang kehidupan secara global melalui media musik. Pada Anugerah Musik Indonesia 2001, Glenn meraih penghargaan dalam kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik kategori musik R&B.

Pada tahun 2004, Glenn ikut serta dalam album milik Erwin Gutawa bertajuk Salute to Koes Plus/Bersaudara. Dia menyanyikan dua lagu dalam album tersebut.
Glenn menjadi pembimbing bagi grup vokal Pasto dalam sebuah acara pencarian bakat di Trans TV. Pasto memenangi kontes tersebut. profil glenn fredly

Pada awal tahun 2005, Glenn menciptakan lagu Kita untuk Mereka, yang didedikasikan untuk korban Tsunami di Aceh. Lagu tersebut dinyanyikan oleh kelompok bernama Indonesian Voices, terdiri dari penyanyi-penyanyi Indonesia, termasuk almarhum Gito Rollies, Harvey Malaiholo, Rio Febrian, Duta Sheila on 7, Fadly Padi, Kikan Cokelat, Ahhmad Albar, Vina Panduwinata, Baim, Delon, Tia AFI, Ruth Sahanaya, Syahrani, Ubiet, dan lain-lain.

Bersama dengan Indonesian Voices, Glenn ikut menyanyikan lagu Rumah Kita dalam album Tribute untuk Ian Antono. Glenn juga berkolaborasi dengan Tohpati, menyanyikan lagu Jejak Langkah.

Pada 3 April 2006, Glenn menikah dengan penyanyi Dewi Sandra yang merupakan mantan istri aktor Surya Saputra. Pernikahan mereka sempat menjadi sorotan media sampai berhari-hari karena berlangsung secara tertutup.

Pernikahan yang dihelat di Uluwatu, Bali, beberapa saat setelah Dewi bercerai ini memang menimbulkan kontroversi. Selain karena tertutup mereka juga beda agama (Glenn beragama Protestan sedangkan Dewi Sandra beragama Islam). Dewi yang merupakan seorang mu’allaf menyatakan dirinya tetap Islam walaupun bersama Glenn.

Namun, pernikahan itu tak langgeng. Glenn mengajukan gugatan cerai terhadap istrinya, melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 12 Maret 2009.

Setelah bercerai dengan Dewi Sandra, Glenn meluncurkan album terakhirnya yang bertajuk Lovelution, dia memutuskan mundur dari musik, Glenn juga berencana pindah dari Jakarta.

Rencana kepindahan Glenn tersebut dipicu oleh keinginannya untuk mengembangkan bisnisnya. Glenn mengatakan ada rumah di Maluku dan ingin kembali ke kampung asalnya. Meski lahir dan besar di Jakarta, tapi asalnya dari sana.

Kabar ini kemudian memicu gosip tak sedap. Rencana mundurnya Glenn digosipkan karena dia sedang mengidap AIDS. Namun, kabar itu segera dibantahnya. Glenn mengaku tidak terkena penyakit AIDS, tetapi menderita penyakit pencernaan akut hingga pernah pingsan.

biografi glenn fredly

Untuk membuktikan bahwa dia masih sehat, pelantun Cuma Kamu ini mengadakan konser pada Sabtu, 6 Februari 2010 di Esplanade Theatre, Singapura. Ada 14 lagu yang disiapkannya untuk menghibur para penggemarnya di negara tetangga itu. Namun, Glenn Fredly mengakui akan mundur di dunia musik yang telah membesarkan namanya itu pada tahun 2011.

Di akhir tahun 2011 Glenn kembali dengan berkolaborasi bersama Ras Muhammad membawakan lagu bertajuk Tanah Perjanjian yang mengangkat skandal di Papua.

Lagu ini dibagikan secara gratis lewat situs resmi RollingStone.
Album Luka, Cinta, dan Merdeka rilis di tahun berikutnya bersama band pengiring tetapnya, Bakuucakar.

Ada 12 trak pada album inidengan 11 lagu buatan Glenn sendiri dan 1 lagu karya Dewi Lestari berjudul Malaikat Juga Tahu. Beberapa lagu di album ini mengangkat isu yang terjadi salah satunya seperti lagu bertajuk Jakarta yang mengangkat angkuhnya ibukota.

Glenn juga merilis buku karyanya sendiri untuk merayakan 20 tahun berkarya di belantika musik Indonesia.

Profil glenn fredly Pada tahun 2016, tepat di hari ulang tahun Glenn dan 30 tahun Ruth Sahanaya berkarya di belantika music Indonesia, Glenn membuat konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya di Balai Sarbini.

Sebagai musisi papan atas, Glenn sudah memiliki label sendiri bernama Musik Bagus yang sudah menggawangi musisi baru seperti Yura Yunita, Gilbert Pohan, dan Tiara Degrasia.

Di sisi lain, Glenn ternyata sudah mendalami profesi baru sebagai produser film. Ia pernah meng-handle film Cahaya dari Timur (2014), Filosofi Kopi (2015), dan Surat dari Praha (2016). Meski begitu dunia tarik suara tetap di hatinya.

Keluarga Glenn Fredly :

Orang tua : Hengky Latuihamallo ( ayah) & Linda Latuihamallo (ibu)
Istri : Dewi Sandra (cerai)

Pendidikan Glenn Fredly

SD Tirtamartha
SMP YPK Wijaya
SMA YPK Wijaya
Universita Moestopo Fakultas Komunikasi

Karir Dan Discografi Glenn Fredly

Glenn (1998)
Kembali (2000)
Selamat Pagi, Dunia! (2003)
Ost. Cinta Silver (2005)
Aku & Wanita (2006)
Terang (2006)
Happy Sunday (2007)
Glenn Fredly Private Collection (2008)
Lovelution (2010)
Luka, Cinta, dan Merdeka (2012)

Album Kompilasi
Terbaik Bersamamu (2005)

Filmografi
? (2011) sebagai Aktor
Cahaya dari Timur (2014) sebagai Produser
Filosofi Kopi (2015) sebagai Produser
Surat dari Praha (2016) sebagai Produser

Buku
Glenn Fredly 20 (2015)

PENGHARGAAN
Juara 1 Lomba Menyanyi (Yayasan Musik Indonesia) 1984
Juara 1 Lomba Menyanyi (Vini Vidi Vici) 1984
Juara 1 Cipta Pesona Bintang RCTI 1992
Finalis Asian Songs Festival 1996
3rd Prize International Song Festival \’Asia Dauzy\’cdi Rusia.
Best of The Best Singer Festival \’Asia Dauzy\’ di Rusia
Anugerah Industri Music, Malaysia, kategori Album Indonesia Terbaik 2000
Lagu Terbaik Pilihan Pendengar di Planet Musik Award di Singapura, 2000
Anugerah Musik Indonesia, 2 kategori, Lagu dan Penyanyi R&B Pria Terbaik 2001
Penghargaan Clear Top 10, kategori The Funniest Male Singer 2001
Lagu Pop Terbaik, AMI Awards (2004)

Nah Itu tadi profil glenn fredly yang bisa saya bagikan kepada kalian semua .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More