8 Cara Belajar Menulis Artikel, Cara Gampang Bikin Artikel Online

Polres

Belajar menulis artikel –Kawan Triknesia, merangkai kata demi menyusun banyak kalimat supaya gampang dipahami pembaca, bagi pemula memang tidak mudah. Mangkanya, ada trik atau cara tersendiri agar menulis kalimat hingga menjadi sebuah artikel pun jadi gampang, gimana sih caranya?

Nah ceritanya, saya akan membawa Anda masuk dalam trik membuat artikel yang mudah, dan Anda pun jadi lebih cepat menjadikan artikel itu utuh dan enak dibaca, meski masih pemula. Kalau ngomongin cara terbaik bisa menulis, sebenarnya simpel sih, yaitu latihan terus.

Polres

Cuman, untuk lebih cepat mampu menulis artikel utuh, dan notabene masih pemula, langsung gas aja nulis dengan trik yang akan saya bagikan. Cekidot!

Belajar Menulis Artikel dengan Rangkaian Sub

Apa sih struktur artikel itu? Rangkaian artikel yang akan kita gunakan untuk menulis artikel tentunya.

Mungkin, orang menganggap hal yang pertama harus dipelajari adalah genre tulisan, tetapi itu semua kembali ke minat masing-masing penulis, kalian hobi apa, passion di bidang apa? koreksinya ada di diri masing-masing, namun di sini saya akan lebih fokus sama struktur atau sub artikelnya saja:

1. Pikirkan Tema yang Akan Anda Tulis

Tema, menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi Anda yang ingin menulis artikel. Tema ini bertujuan agar tulisan Anda bisa diarahkan, dan tidak terlalu membahas lebar hal-hal yang berhubungan dengan pembahasan artikel. Jadi, Anda harus cari temanya terlebih dahulu.

2. Cari Referensi Mentahan untuk Menunjang Gambaran Kepenulisan

Kedua, Anda bisa langsung seksekusi mencari referensi untuk artikel yang mau disusun. Referensi di sini, dalam bentuk mentahan atau sementara ya, biar Anda lebih mudah, ingin menulis apa, dan materinya pun sudah paham mau membahas ke arah mana.

Referensi masih bisa diseleksi, kira-kira yang nggak perlu masuk, boleh dong dihapus dari pembahasan.

3. Susun Struktur Artikel dari Judul, dan Sub Judul yang dibutuhkan

Ketiga, Anda juga harus bisa memikirkan struktur artikelnya seperti apa. Nah ceritanya, struktur ini sifatnya untuk mempermudah Anda dalam menulis artikel dengan cepat. Bahkan, kalau bisa langsung sat set bikin struktur terlebih dahulu, baru bisa menulis artikel dengan mengalir.

4. Lengkapi Materi dengan Materi yang diperlukan Sub judul dan Lain-lain

Langsung deh masuk ke pembahasan mengenai materi artikel yang akan Anda ulas, pada bagian ini, lengkapi saja materinya. Jadi cari referensi lagi yang bisa mendukung sub judul. Kalau perlu, Anda bisa membubuhkan beberapa keilmuan lain yang ingin Anda selipkan, jadi ada pembahasan yang masih segar.

Mengapa? Karena artikel untuk google itu, biasanya membutuhkan keunikan tersendiri. Eh kok bahas google ya, ini nih sesuai dengan judul artikel yang ingin menyampaikan kepada Anda semua bahwa menulis artikel online dan cetak itu beda abanget, ada triknya.

5. Rangkai Kalimat Demi Kalimat Hingga Jadi Artikel Utuh

Untuk khusus pembahasan belajar menulis artikel online, akan langsung ada penjelasan tersendiri di blog ini ya, nanti aku buatkan lagi artikel khususnya. Kalau Anda sudah bisa merangkai materi yang ingin Anda jabarkan dan sudah utuh, tinggal eksekusi saja merangkai kata-katanya agar bisa dipahami oleh pembaca.

6. Koreksi Tulisan dan Buat Artikel Mengalir Enak dibaca

Wah, sebenarnya langkah di atas sudah menunjukkan bahwa artikel Anda sudah hampir jadi. Hanya tinggal memolesnya saja agar lebih enak dibaca. Yups, pada tahap inilah Anda harus bisa koreksi kembali rangkaian artikel, dan baca tulisannya, kira-kira sudah enak dibaca belum?

Polres

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Bagian 2

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca – Tips menulis novel yang mudah dengan kerangka sederhana, artikel ini memang sengaja saya suguhkan untuk teman-teman...
Triknesia
3 min read

Cara Membuat Novel yang Menarik untuk dibaca Cara Gampang!

Cara membuat novel yang menarik untuk dibaca – Membuat novel, bercerita di dalam tulisan dengan penuh konsentrasi dan bisa membuat pembaca menjadi terpukau. Entah...
Triknesia
3 min read

7 Platform Menulis yang Dibayar, Jenis Novel!

Platform menulis yang dibayar – Sekarang ini lagi marak banget, novel-novel yang bisa menghasilkan cuan dengan biaya bayaran yang cukup fantastis jika Anda adalah...
Triknesia
2 min read