Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari – Masa remaja adalah masa yang paling banyak dibicarakan. Berbicara tentang remaja tidak hanya tentang perilaku baik dan buruk, hubungan sosial, dll. Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, dimana pada fase ini banyak perubahan yang dialami oleh seseorang tidak hanya dari segi tingkah laku, emosi bahkan fisik saja perubahannya sangat terasa. Masa remaja selalu identik dengan sosial, moral atau kepemudaan, yang sering ditekankan oleh masyarakat, apalagi akibat kuatnya arus globalisasi, para pemuda lambat laun mengadopsi pengaruh budaya dan paham barat kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tanpa disaring jika memang demikian. . nama baik atau buruk. Mereka selalu melakukan sesuatu sesuai dengan trend lingkungan. Hal ini menyebabkan dekadensi moral para pemuda menurun.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dekadensi berarti kemunduran (moral), kemunduran (seni dan sastra). Sedangkan moralitas berarti budi pekerti, tingkah laku. Dalam bahasa Indonesia akhlak sering disebut “akhlak” dan “etika”, secara etimologi akhlak berasal dari kata arab “akhlaq”.

Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Lalu bagaimana membangun kembali moralitas remaja yang merosot? Memiliki akhlak mulia, perilaku terpuji, dan akhlak yang baik, bukankah semua orang menginginkannya? Tentunya setiap orang, bahkan remaja sekalipun, mengharapkan sikap tersebut muncul dalam dirinya. Berbicara tentang akhlak, kita bisa menengok ke belakang, yaitu kisah Nabi Muhammad. Beliau adalah pribadi yang sempurna, berakhlak mulia, sehingga setiap orang menghormati dan menghormati beliau. Bahkan kita sebagai umat dianjurkan untuk meneladaninya seperti dalam QS al-ahzab ayat 21 “Sesungguhnya bagimu pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik” dan akhlak yang mulia, setiap orang akan menemukan kehidupan yang mulia pada hakekatnya, karena akhlak yang mulia sangat mempengaruhi kesuksesan dalam hidup. Kesuksesan seseorang biasanya ditentukan oleh IQ dan EQ, ternyata 20% IQ mendukung kesuksesan dan 80% lainnya justru EQ yang menyangkut bagaimana karakter dan sikap seseorang akan menunjang kesuksesan dalam hidupnya dapat dipengaruhi.

Pdf) Storytelling Sebagai Metode Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Anak Usia Dini

Nah, tentunya setiap orang yang hidup di dunia ini pasti menginginkan kesuksesan, baik itu karir, sosial atau yang lainnya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun karakter mulia:

1. Bertemanlah dengan orang yang berakhlak mulia, karena dengan berteman berakhlak mulia, kita selalu dibimbing dan dinasihati untuk menjadi orang yang lebih baik.

2. Jangan marah ketika mendapat pendapat atau kritikan dari orang lain, untuk mengetahui sejauh mana tingkat moral kita, kita harus menerima kritikan orang lain dan berusaha memperbaikinya.

3. Selalu belajar, baik itu dalam pertemuan ilmiah, mencari nasehat dan orang lain yang bisa mengantarkan kita untuk berakhlak mulia.

Kami Hanya Ingin Menjadikan Anak “pinter & Apik”: Visi Dan Misi Smp Islam Prestasi Al Mubtadi Ien

4. Mempelajari Sirah Nabi, ketika kita mempelajari Sirah Nabi kita dapat membandingkan akhlak kita dengan akhlak Nabi dan juga sebagai pedoman bagi kita dalam berperilaku.

Yani Nuraeni lahir pada tanggal 1 Oktober 1998 di Bandung dan saat ini kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, semua agama mengajarkan yang namanya kebaikan, begitu juga dengan Islam. Yang mengajarkan orang untuk memiliki sopan santun. Tapi ada nih, tentu ada tipsnya, apa saja? Berikut lima akhlak mulia yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita sebagai manusia perlu berinteraksi dan menjaga sikap kita terhadap semua orang di sekitar kita. Jangan lupa untuk sombong dengan semua orang. Karena Allah SWT membenci fitur ini. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 206 yang berbunyi:

Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

“Tetapi jika dia berkata kepadanya, ada rasa takut kepada Allah. Bangkitkan kesombongannya dalam perbuatan dosa yang disebabkan, maka cukup (jawaban) neraka. Dan memang neraka adalah tempat tinggal yang paling buruk.”

Contoh Akhlak Terpuji Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa berbicara sesuai dengan apa yang diucapkan, lebih tepatnya mengutamakan kata-kata yang lembut. Berguna dan tidak banyak gaya yang harus dilakukan. Menjaga kata-kata Anda membuat Anda lebih dihormati orang, karena mereka lebih menghargainya.

Ketika kita bertemu sesama muslim atau orang yang kita kenal. Mari kita menyapa. Karena halo adalah doa. Mengucapkan salam termasuk sunnah, sedangkan salam adalah wajib. Allah SWT berfirman dalam surat An Nur ayat 27:

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan milikmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Ini lebih baik bagimu, agar kamu selalu ingat.”

Sebagai pemuda yang baik, bersikaplah sopan kepada semua orang. Termasuk lansia. Dalam menghormati mereka. Kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang ada dalam hidupnya. Baik di dewan atau dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak Terpuji: Optimis

Saat masih muda, alangkah baiknya mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Seperti, misalnya, masyarakat dan manusia, menyembah pencipta yang maha kuasa, melakukan hal-hal positif yang secara alami berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Dengan begitu waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.. Kehadiran agama Islam memberi rahmat dan menciptakan kedamaian bagi seluruh alam. Semua aspek kehidupan manusia diatur dalam Islam melalui Al-Et dan Sunnah. Pembahasan dimulai dari isu global hingga tahun mendatang

Risalah Islam dibagi menjadi empat bagian, yaitu iman, ibadah, muamalah dan akhlak. Dalam penerapan kartu terhubung. Moralitas adalah tujuan akhir, tidak menunjukkan bahwa moralitas tidak ada hubungannya dengan orang lain. Juga tidak berarti bahwa moralitas tidak menjadi prioritas dalam ajaran Islam.

Sedangkan secara terminologi, moralitas adalah kondisi yang melekat pada jiwa manusia, yang melahirkan tindakan begitu saja, tanpa melalui proses pemikiran, musyawarah atau penelitian. Jika suatu perbuatan dilakukan hanya sesekali atau jika dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu, maka itu tidak disebut moralitas.

Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *